Hubungan Kadar Hemoglobin, Eating Behaviour, dan Tingkat Kebugaran terhadap Hasil Asesmen Sumatif Pjok Siswa Unggulan

Ika Emirulliah Hidayati, Endang Sri Wahjuni, Junaidi Budi Prihanto

Abstract

Hasil belajar siswa merupakan salah satu tolak ukur fundamental dari keberhasilan proses belajar mengajar. Hasil belajar siswa di Kurikulum Merdeka diukur melalui asesmen setiap akhir capaian pembelajaran dan akhir tujuan pembelajaran. Selain proses belajar mengajar, terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa. Faktor-faktor tersebut diantaranya status zat besi siswa yang baik, konsumsi nutrisi dalam tubuh siswa yang seimbang, dan tubuh siswa yang bugar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui adanya seberapa besar kontribusi kadar hemoglobin, eating behaviour, dan tingkat kebugaran terhadap hasil asesmen sumatif PJOK siswa unggulan di Madrasah. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis korelasional. Sampel penelitian berjumlah 58 siswa dengan rentang usia 13-15 tahun. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik purposive sampling dengan 4 parameter. Analisis data yang digunakan adalah uji korelasi Spearman dikarenakan jenis data pada dua variabel berbeda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan secara parsial antara kadar hemoglobin (p= 0.0036), eating behaviour (p=0.013), dan tingkat kebugaran (p=0.008) terhadap hasil asesmen sumatif PJOK siswa unggulan (p<0.05).

Keywords

eating behaviour, kadar hemoglobin, PJOK, sumatif, tingkat kebugaran

References

Aderita, N. I., & Ningsih, S. (2024). Hubungan antara Kadar Hemoglobin dan Kesehatan Mental dengan Prestasi Belajar Siswa Sekolah Menengah Atas. JURNAL PENELITIAN KEPERAWATAN, 10(1), 97–104. https://doi.org/10.32660/jpk.v10i1.728

Anzalman, Thaheransyah, Hakim, R., Dahlan, D., & Lahmi, A. (2025). The Brain Development and Nutrition. TOFEDU: The Future of Education Journal, 4(1), 20–29. https://doi.org/10.61445/tofedu.v4i1.370

Arifin, N. A. S., Handayani, R., & Handayani, Y. (2024). Hubungan Anemia dan Prestasi Belajar Pada Remaja Putri. Jurnal Kebidanan Malakbi, 5(2), 78. https://doi.org/10.33490/b.v5i2.1366

Ariguntar, T., Hapsari, Y., Labib, M., Althaf, S. H., & Zidane, Z. (2021). Anemia pada Santri di Pondok Pesantren Baitul Qurroâ€TM Jakarta dan Pengaruhnya dalam Prestasi Belajar. Misykat Al-Anwar Jurnal Kajian Islam Dan Masyarakat, 4(2), 145–152. https://doi.org/10.24853/ma.4.2.145-152

Cecep, Permana, R., & Nurfitriani, M. (2020). Korelasi Tingkat Kebugaran Jasmani dengan Kecerdasan Linguistik Siswa Kelas Tinggi. STAND : Journal Sports Teaching and Development, 1(2), 71–77. https://doi.org/10.36456/j-stand.v1i2.2526

Mahyuddin, R., Darwis, S., & Musfira, N. (2023). Hubungan Tingkat Kebugaran Jasmani dan Kemampuan Atensi pada Siswa Sma Negeri 3 Enrekang Kabupaten Enrekang. SEMINAR NASIONAL DIES NATALIS 62, 1, 1–6. https://doi.org/10.59562/semnasdies.v1i1.371

Risma, R., Hadju, V., Zulkifli, A., Hidayanti, H., Russeng, S. S., Indarty, A., Salam, A., Sudargo, T., Fandir, A., & Masrif, M. (2024). Intercorrelations among Hemoglobin Level, Physical Fitness, and Cognitive Score in Adolescent Girls: A Cross Sectional Study in Banggai District, Indonesia. Pharmacognosy Journal, 16(2), 405–409. https://doi.org/10.5530/pj.2024.16.63

Said, A. M., Latersia, Y., & Muniroh, L. (2024). Relationship between Breakfast Habits and Nutritional Status with Learning Achievement in Strada Nawar Bekasi Junior High School Students. Media Gizi Indonesia, 19(2), 148–157. https://doi.org/10.20473/mgi.v19i2.148-157

Solis‐Urra, P., Sanchez‐Martinez, J., Olivares‐Arancibia, J., Castro Piñero, J., Sadarangani, K. P., Ferrari, G., Rodríguez‐Rodríguez, F., Gaya, A., Fochesatto, C. F., & Cristi‐Montero, C. (2021). Physical Fitness and Its Association with Cognitive Performance in Chilean Schoolchildren: The Cogni‐Action Project. Scandinavian Journal of Medicine & Science in Sports, 31(6), 1352–1362. https://doi.org/10.1111/sms.13945

Refbacks

  • There are currently no refbacks.