Hubungan Gaya Kepemimpinan dengan Stres Atlet Sepak Bola Grassroot

Avecenna Ulupi Assami, Nina Sutresna, Ivan Rivan Firdaus

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara gaya kepemimpinan pelatih dengan tingkat stres atlet sepak bola grassroot. Variabel gaya kepemimpinan yang diteliti meliputi otoriter, demokratis, people centered, dan task oriented. Penelitian menggunakan metode kuantitatif deskriptif dengan pendekatan korelasional. Sampel terdiri dari 15 atlet berusia 12 tahun di Three F Academy, yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Instrumen penelitian berupa angket gaya kepemimpinan dan skala stres (Perceived Stress Scale) yang telah dimodifikasi dalam bahasa Indonesia. Hasil analisis menunjukkan bahwa gaya kepemimpinan otoriter memiliki hubungan yang signifikan dan korelasi negatif kuat terhadap stres atlet (r = -0,617; p = 0,014). Sementara itu, gaya demokratis, people centered, dan task oriented tidak menunjukkan hubungan yang signifikan (p > 0,05). Temuan ini menunjukkan bahwa gaya kepemimpinan otoriter dapat menurunkan stres pada atlet usia dini dalam konteks tertentu. Penelitian ini merekomendasikan pelatih agar mempertimbangkan pendekatan kepemimpinan yang adaptif terhadap karakteristik atlet usia dini untuk menciptakan lingkungan latihan yang kondusif secara psikologis.  

Keywords

Gaya Kepemimpinan Pelatih, Stres, Grassroot, Psikologi Kepelatihan

Full Text:

PDF

References

Akbar, A., & Kurniawan, R. (2021). Peran Servant Leadership Pelatih terhadap Kecemasan Bertanding Atlit Student. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 2701–2706.

Beno, J., Silen, A. ., & Yanti, M. (2022). PROFIL GAYA KEPEMIMPUNAN PELATIH IPSI KOTA KEDIRI. Braz Dent J., 33(1), 1–12.

Enjis Argi Prayugi Prisswigstya, & Rakhmaditya Dewi Noorizki. (2023). Hubungan Komunikasi Interpersonal Pelatih dengan Motivasi Pemain. Flourishing Journal, 3(12), 536–543. https://doi.org/10.17977/um070v3i122023p536-543

Iancheva, T., & Prodanov, G. (2019). Coaching Efficacy and Leadership Style Among Bulgarian Football Coaches. Proceeding Book 1, 242–248. https://doi.org/10.37393/icass2019/46

Jiménez, M., Fernández-Navas, M., Alvero-Cruz, J. R., García-Romero, J., García-Coll, V., Rivilla, I., & Clemente-Suárez, V. J. (2019). Differences in psychoneuroendocrine stress responses of high-level swimmers depending on autocratic and democratic coaching style. International Journal of Environmental Research and Public Health, 16(24), 1–8. https://doi.org/10.3390/ijerph16245089

Maghviroh, N. Y., & Purnomo, M. (2021). Analisis Gaya Kepemimpinan Pelatih Softball Putri Di Kota Surabaya. Jurnal Prestasi Olahraga. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-prestasi-olahraga/article/view/42069%0Ahttps://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-prestasi-olahraga/article/view/42069/36179

Mu’ah, Indrayani, T. I., Masram, & Muhammad Sulton. (2015). Kepemimpinan (Prajna Vita (ed.); 1st ed.).

Novian, G., & Noors, I. P. M. (2020). Hubungan Gaya Kepemimpinan Pelatih Dengan Prestasi Atlet Taekwondo. 11(02), 151–164.

Oktaviasari, T. (2013). Pola Komunikasi Interpesonal Di National Paralympic Committee Surakarta. https://digilib.uns.ac.id/dokumen/detail/30180/Pola-Komunikasi-Interpersonal-Di-National-Paralympic-Committee-Surakarta-Studi-Deskriptif-Kualitatif-Pola-Komunikasi-Interpersonal-Antara-Pelatih-Dan-Atlet-Difabel-Di-Organisasi-National-Paralympic-Committee-

Sari, D. P. (2013). KONTRIBUSI GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN MOTIVASI BERPRESTASI GURU TERHADAP MUTU PENDIDIKAN DI GUGUS RAMA 2 UPT DISDIKPORA KECAMATAN KEMBANG KABUPATEN JEPARA. 2(April), 33–43.

Sucipto, A., Kes, M., Cholik Mutohir, A.-P. T., Muhyi, M., & Pd, M. (2022). Kompetensi Pelatih Olahraga Di Era Digital. www.akademiapustaka.com

Refbacks

  • There are currently no refbacks.