Durasi Penggunaan Gadget dan Dampaknya Terhadap Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa

Vanesa Gerdian Ramania, Mochamad Ridwan

Abstract

Perkembangan teknologi digital yang pesat di era globalisasi telah memberikan pengaruh yang signifikan terhadap gaya hidup remaja, terutama melalui meningkatnya durasi penggunaan gawai, yang cenderung menurunkan tingkat kebugaran jasmani. Penelitian ini bertujuan untuk menguji korelasi antara durasi penggunaan gawai (screen time) dengan tingkat kebugaran jasmani siswa di MTs Surabaya. Metode deskriptif kuantitatif dengan rancangan korelasional diterapkan. Populasi terdiri dari seluruh siswa kelas IX, dengan total 93 peserta yang dipilih menggunakan cluster sampling. Data dikumpulkan melalui Questionnaire for Screen-Time (QueST) untuk mengukur durasi penggunaan gawai dan Multistage Fitness Test (MFT) untuk menilai kebugaran jasmani berdasarkan skor VO₂Max. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji korelasi Spearman Rank dengan IBM SPSS Statistics 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar siswa memiliki durasi penggunaan gawai tinggi (43,0%) dan tingkat kebugaran jasmani sedang (35,5%). Uji korelasi menunjukkan hubungan negatif yang signifikan antara durasi penggunaan gawai dan kebugaran jasmani (r = -0,264; p = 0,010). Hasil ini menekankan pentingnya kolaborasi antara guru Pendidikan Jasmani dan orang tua dalam mengatur penggunaan gadget dan mempromosikan aktivitas fisik teratur untuk menjaga dan meningkatkan tingkat kebugaran siswa. 

Keywords

penggunaan gadget, waktu layar, pendidikan jasmani.

References

Agus Kurnia, Shendy Arya Kusuma, Abi Rizka Yulia Arimanda, & Natasya Dyahayu Lestari. (2024). Penumbuhan Motivasi Belajar Serta Pengenalan Dampak Gadget pada Anak Sekolah Dasar. PaKMas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 198–208. https://doi.org/10.54259/pakmas.v4i1.2760

Agus Mulyana, D., Lestari, D., Pratiwi, D., Mufidah Rohmah, N., Tri, N., Nisa Audina Agustina, N., & Hefty, S. (2024). Menumbuhkan Gaya Hidup Sehat Sejak Dini Melalui Pendidikan Jasmani, Olahraga, Dan Kesehatan. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia, 2(2), 321–333. https://ejurnal.stie-trianandra.ac.id/index.php/JUBPI/article/view/2998

Arifin, L. A., & Rahmadi, F. A. (2017). Hubungan Tingkat Kecanduan Gadget Dengan Prestasi Belajar Usia 10-11 Tahun. Jurnal Kedokteran Diponegoro, 6(2), 728–736.

Astriana, B., Jalaludin, M., & Muliati, I. (2024). Dampak Psikologis Penggunaan Gadget Berlebihan pada Anak. Journal of Advanced Learning Media Development, 1(1), 1–6. https://doi.org/10.37396/jalmd.v1i1.1

Azizah, E., Setyono, D. C., Jannah, S. C., & Munawaroh, H. (2024). Pengaruh Teknologi,Gadget Terhadap Perkembangan Anak. Al-Amin, 3(1), 62–76.

Cahyaningrum, Y., Ramdhani, D. E., Istiqomah, A. N., & Noviyanti, N. (2025). Pengelolaan Kreativitas Dan Inovasi Melalui Integrasi Seni Dan Teknologi Dalam Pendidikan Di Era Digital 5.0. Jurnal AbdiMas Nusa Mandiri, 7(1), 106–114. https://doi.org/10.33480/abdimas.v7i1.5941

Damayanti, E., Ahmad, A., & Bara, A. (2020). Martabat: Jurnal Perempuan dan Anak. Martabat: Jurnal Perempuan Dan Anak, 4(1), 1–22.

Dianah, H. S., Sukaesih, N. S., & Sejati, A. P. (2024). Gambaran Dampak Waktu Layar Terhadap Tidur Pada Remaja: Tinjauan Pelingkupan. Jurnal Keperawatan Florence Nightingale, 7(1), 180–190. https://doi.org/10.52774/jkfn.v7i1.166

Fadhlan, A. R., Subroto, D. E., Lucky, T., Iman, T., Firdaus, A., Sumbayak, G. T., Fikri, A., Bangsa, U. B., Bangsa, U. B., Bangsa, U. B., Bangsa, U. B., Bangsa, U. B., Bangsa, U. B., & Bangsa, U. B. (2025). Hubungan Penggunaan Gadget Dengan Kebugaran Fisik Siswa Sma. Jurnal Padamu Negeri, 2(2), 76–81.

Hablaini, S., Lestari, R. F., & Niriyah, S. (2020). Hubungan Penggunaan Gadget Dengan Kuantitas Dan Kualitas Tidur Pada Anak Sekolah (Kelas Iv Dan V) Di Sd Negeri 182 Kota Pekanbaru. Jurnal Keperawatan Abdurrab, 4(1), 26–37. https://doi.org/10.36341/jka.v4i1.1252

Hamdani, M. T., Sobarna, A., & Rizal, R. M. (2024). Hubungan Kecanduan Bermain Game Online dengan Kualitas Tidur dan Kebugaran Jasmani Siswa. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(7), 6581–6588. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i7.5232

Hasna Afifah, L., & Azizah, U. (2023). The Relationship Between Screeen Time and Social Development of Pre-School Children in Karanglewas District Article Info. Jurnal Promotif Preventif, 6(6), 943–947. http://journal.unpacti.ac.id/index.php/JPP

Islami, S. N., Yanti, R., & Hariati, N. W. (2023). Screen Time dan Aktivitas Fisik dengan Asupan Energi Pada Remaja Obesitas. Jurnal Keperawatan Profesional (KEPO), 4(2), 88–95. https://doi.org/10.36590/kepo.v4i2.685

Kumala, A. M., Margawati, A., & Rahadiyanti, A. (2019). Hubungan Antara Durasi Penggunaan Alat Elektronik (Gadget), Aktivitas Fisik Dan Pola Makan Dengan Status Gizi Pada Remaja Usia 13-15 Tahun. Journal of Nutrition College, 8(2), 73. https://doi.org/10.14710/jnc.v8i2.23816

Lovyana, D. R., & Indahwati, N. (2025). Hubungan antara screen time dengan kesehatan mental pada siswa Sekolah Menengah Pertama. 13(3), 590–601. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.32682/bravos.v13i3/169

Muliati, M., Hendra, H., & Ruslan, R. (2024). Parenting Styles and Gadget Use: Examining hIntensity and Negative Impacts on Early Childhood Development in Bima City. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 9(2), 277–289. https://doi.org/10.14421/jga.2024.92-09

Nuraliyah, E., Fadilah, A., Handayaningsih, E., Ernawati, E., & Oktadriani, S. L. (2022). Penggunaan Handphone dan Dampaknya bagi Aktivitas Belajar. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Budaya, 8(4), 1585. https://doi.org/10.32884/ideas.v8i4.961

Nusi, I., Kadir, S., & Aulia, U. (2025). Hubungan Durasi Penggunaan Alat Elektronik (Gadget), Aktivitas Fisik dan Pola Makan dengan Status Gizi Pada Remaja Di SMP Negeri 1 Kota Gorontalo. Jurnal Kolaboratif Sains, 8(1), 377–389. https://doi.org/10.56338/jks.v8i1.6686

Oematan, G., & Oematan, G. (2021). Durasi tidur dan aktivitas sedentari sebagai faktor risiko hipertensi obesitik pada remaja. Ilmu Gizi Indonesia, 4(2), 147. https://doi.org/10.35842/ilgi.v4i2.208

Oktafia, D. P., Triana, N. Y., & Suryani, R. L. (2022). Durasi Penggunaan Gadget Terhadap Personal Sosial Pada Anak Usia Prasekolah: Literatur Review. Borneo Nursing Journal (BNJ), 4(1), 31–47. https://doi.org/10.61878/bnj.v4i1.48

Pitri, L., Adrias, A., & Zulkarmaini, A. P. (2025). Analisis Strategi Pendampingan Orang Tua terhadap Penggunaan Gadget pada Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar. JUDIKDAS: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar Indonesia, 4(3), 146–159. https://doi.org/10.51574/judikdas.v4i3.2934

Putri, A., & Khadijah, K. (2024). Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Sosial Anak Usia 5-6 Tahun. Aulad: Journal on Early Childhood, 7(2), 364–373. https://doi.org/10.31004/aulad.v7i2.677

Putri, N. F., & Indarto, P. (2024). Memahami Tantangan dan Strategi Pengembangan Profesionalisme Guru dalam Mengajar Pendidikan Jasmani Adaptif. Jurnal Syntax Admiration, 5(8), 3120–3129. https://doi.org/10.46799/jsa.v5i8.1431

Rama Sandi Firdaus, Andun Sudijandoko, Hijrin Fithroni, & Ananda Perwira Bakti. (2025). Analisis Penggunaan Gadget terhadap Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa Putra Kelas 8 SMPN 1 Sukodono. Journal of Creative Student Research, 3(1), 130–140. https://doi.org/10.55606/jcsr-politama.v3i1.4733

Rawanita, M., & Mardhiah, A. (2024). Strategi Orang Tua dalam Mengelola Penggunaan Gadget Anak Usia Dini di Gampong Tanjung Deah Darussalam. Wathan: Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 1(3), 274–294. https://doi.org/10.71153/wathan.v1i3.152

Rinanda, D., Febriyaningrum, D. N., Nitasari, M., & Fauzi. (2025). Strategi Mengatasi Dampak Negatif Penggunaan Gadget Berlebihan pada Kesehatan Fisik dan Mental Mahasiswa Institut Bakti Nusantara Lampung. Jurnal Riset Sains Dan Kesehatan Indonesia, 2(3), 108–114. https://doi.org/10.69930/jrski.v2i3.435

Salim, N. A. (2022). Integrasi teknologi dalam pendidikan anak usia dini: menilai dampaknya pada perkembangan kognitif. Jurnal Warna : Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 7(2), 96–107. https://doi.org/10.24903/jw.v7i2.1533

Sari, D. N., Waziana, W., Saputra, R. H., & Sinthiya, I. A. P. A. (2025). Membentuk Orang Tua Cerdas Digital Untuk Meningkatkan Literasi Pembelajaran Anak Di Era Teknologi. Jurnal Abdi Insani, 12(6), 2487–2497. https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v12i6.2545

Sero, C. C., & Boro, I. M. (2024). Peran Orang Tua Dalam Mengawasi Penggunaan Gadget Pada Anak Usia Dini. Kumaracitta : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(01), 1–7. https://doi.org/10.63577/kum.v2i01.25

Setyaningsih, E., & Setyowatie, D. (2023). E Sosialisasi Dampak Positif dan Negatif Penggunaan Gadget Serta Media Sosial di Kalangan Anak-anak dan Remaja. IJCOSIN: Indonesian Journal of Community Service and Innovation, 3(1), 64–71. https://doi.org/10.20895/ijcosin.v3i1.919

Tremblay, M. S., Aubert, S., Barnes, J. D., Saunders, T. J., Carson, V., Latimer-Cheung, A. E., Chastin, S. F. M., Altenburg, T. M., Chinapaw, M. J. M., Aminian, S., Arundell, L., Hinkley, T., Hnatiuk, J., Atkin, A. J., Belanger, K., Chaput, J. P., Gunnell, K., Larouche, R., Manyanga, T., … Wondergem, R. (2017). Sedentary Behavior Research Network (SBRN) - Terminology Consensus Project process and outcome. International Journal of Behavioral Nutrition and Physical Activity, 14(1), 1–17. https://doi.org/10.1186/s12966-017-0525-8

Widi Sriastuti., Pendidikan, J., Anak, I., Dini, U., & Garut, K. K. (2025). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Screen Time Pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 7(4), 930–942. https://doi.org/https://doi.org/10.36088/assabiqun.v7i4.5819

Refbacks

  • There are currently no refbacks.