Prediksi Vo2max Siswa Yang Mengikuti Ekstrakurikuler Bolavoli dan Futsal Di SMK Al-Huda Turalak Kabupaten Ciamis

Encep Indra Maulana, Ruli Sugiawardana, Nana Sutisna

Abstract

This study aims to determine the vo2max prediction of students participating in volleyball and futsal extracurricular activities at SMK Al-Huda Turalak, Ciamis Regency. The research method used is causal-comparative. The population of this research is Al-Huda Turalak Vocational School, Ciamis Regency, totaling 30 people. The research instrument used to collect data is vo2 max from Non-exercise data. Based on data analysis using SPSS series 24 the results are based on the results of the independent sample t-test, it is proven that the value obtained is smaller than the two research groups (volleyball and futsal extracurricular groups). This shows that there is a difference but the difference is not too big. So the authors conclude that the average or mean between volleyball and futsal extracurricular groups there is a different. The conclusion is that there is a difference between the volleyball extracurricular group and the futsal extracurricular group on the vo2max results in male students of Al-Huda Turalak, Ciamis Regency. Suggestion: This research is expected to be one of the alternative recommendations used in the instrument test that is in accordance with the state of the covid-19 pandemic in the vo2max prediction test.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prediksi vo2max siswa yang mengikuti ekstrakurikuler bolavoli dan futsal di SMK Al-Huda Turalak Kabupaten Ciamis. Metode penelitian yang digunakan adalah kausal-komparatif. Populasi penelitian ini adalah SMK Al-Huda Turalak Kabupaten Ciamis yang berjumlah sebanyak 30 orang. Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah vo2 max from Non-exercise data. Berdasarkan analisis data menggunakan SPSS serie 24 hasilnya adalah berdasarkan hasil uji independent sample t-test terbukti bahwa nilai yang didapat lebih kecil dari dua kelompok penelitian (kelompok ekstrakurikuler bolavoli dan futsal). Hal ini memperlihatkan bahwa adanya perbedaan namun perbedaannya tidak terlalu besar. Sehingga penulis menyimpulkan bahwa rata-rata atau mean di antara kelompok ekstrakurikuler bolavoli dengan futsal terdapat perbedaan. Kesimpulannya bahwa terdapat perbedaan antara kelompok ekstrakurikuler bolavoli dengan kelompok ekstrakurikuler futsal terhadap hasil vo2max pada siswa putra Al-Huda Turalak Kabupaten Ciamis. Saran: Penelitian ini diharapkan sebagai salah satu alternatif rekomendasi yang digunakan pada instrument test yang sesuai dengan keadaan pandemik covid-19 pada tes prediksi vo2max.

Keywords

Extracurriculer, Futsal, Vo2max from Non-exercise data, VolleBolavoli, Ekstrakurikuler, Futsal, Vo2max from Non-exercise datayball

Full Text:

PDF

References

Ardiyanto, A., Purnamasari, V., Sukamto, S., & Setianingsih, E. (2020). Analisis Perilaku Hidup Bersih dan Status Kebugaran Jasmani di Era Pandemi Covid-19 Dosen PGSD. Jendela Olahraga, 5(2), 131–140. https://doi.org/10.26877/jo.v5i2.6216

Fraenkel, J. R., Wallen, N. E., & Hyun, H. H. (2012). How to design and evaluate research in education (M. Ryan (ed.); 8th ed.). McGraw-Hill, a business unit of The McGraw-Hill Companies, Inc.

Kour Buttar, K., Saboo, N., & Kacker, S. (2019). A review: Maximal oxygen uptake (VO2 max) and its estimation methods. International Journal of Physical Education, Sports and Health, 6(6), 24–32. www.kheljournal.com

Krishnasari, M. A., Purwoko, Y., & Kumaidah, E. (2019). Perbedaan Nilai Kapasitas Aerobik Maksimal (Vo2Max) Pada Atlet Usia 10-13 Tahun Antar Cabang Olahraga (Studi Pada Cabang Olahraga Bola Voli, Sepak Bola, Renang, Dan Taekwondo).

Diponegoro Medical Journal (Jurnal Kedokteran Diponegoro), 8(1), 267–272. http://ejournal3.undip.ac.id/index.php/medico

Lestari, R. Y. (2016). Peran Kegiatan Ekstrakurikuler Dalam Mengembangkan Watak Kewarganegaraan Peserta Didik. Untirta Civic Education Journal, 1(2), 136–152. https://doi.org/10.30870/ucej.v1i2.1887

Mackenzie, B. (2005). 101 Performance Evaluation tests (B. Mackenzie (ed.); First). jonathan.pye@electricwordplc.com. %0A101 evaluation testsshahroodut.ac.ir

McCormick, K., Salcedo, J., & Poh, A. (2015). SPSS Statistic For Dummies. In John Wiley & Sons, Inc. (3rd editio). John Wiley & Sons, Inc.

Meria, A. (2018). Ekstrakurikuler dalam mengembangkan diri peserta didik di lembaga pendidikan. Turãst: Jurnal Penelitian & Pengabdian, 6(2), 177–188. https://doi.org/https://doi.org/10.15548/turast.v6i2.70

Romadhoni, D. L. (2015). Pengaruh Pemberian Circuit Training Terhadap Peningkatan Vo2max Pemain Futsal [Universitas Muhammadiyah Surakarta]. http://eprints.ums.ac.id/38782/1/NASKAH PUBLIKASI.pdf

Rustiawan, H. (2020). Pengaruh Latihan Interval Training dengan Running Circuit Terhadap PeningkatanVo2 Max. Jurnal Wahana Pendidikan, 7(1), 15–28.

Siahaan, M. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Dunia Pendidikan. Jurnal Kajian Ilmiah, 1(1), 1–6. https://doi.org/10.31599/jki.v1i1.265

Sudrazat, A., & Rustiawan, H. (2020). Latihan Burpees dan Lari 150 meter track 45o Untuk Meningkatkan Vo2max. Jurnal Wahana Pendidikan, 7(2), 123–134. https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/jwp/article/view/3310%0ALATIHAN

Watulingas, I., Rampengan, J. J. V., & Polii, H. (2013). Pengaruh Latihan Fisik Aerobik Terhadap Vo2 Max Pada Mahasiswa Pria Dengan Berat Badan Lebih (Overweight). Jurnal E-Biomedik, 1(2), 1064–1068. https://doi.org/10.35790/ebm.1.2.2013.3259

Yanti, N., Adawiah, R., & Matnuh, H. (2016). Pelaksanaan Kegiatan Ekstrakurikuler Dalam Rangka Pengembangan Nilai-Nilai Karakter Siswa Untuk Menjadi Warga Negara Yang Baik Di Sma Korpri Banjarmasin. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan:, 6(11), 963–970. https://media.neliti.com/media/publications/120795-ID-pelaksanaan-kegiatan-ekstrakurikuler-dal.pdf

Refbacks

  • There are currently no refbacks.