Pengaruh Latihan One Ball Overhand Dribble Between Two Hands dengan Two Ball Overhand Dribble Terhadap Peningkatan Koordinasi Mata dan Tangan

Autor(s): Joko Andri, Andang Rohendi, Tony Hartono
DOI: 10.25157/jkor.v8i2.9615

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh latihan one ball overhand dribble between two hands dengan two ball overhand dribble terhadap peningkatan koordinasi mata dan tangan pada siswa putra SDN Bingkeng 2 Kabupaten Cilacap. Penelitian menggunakan metode eksperimen dengan “pre-test post-test design”. Populasi penelitian ini adalah siswa putra SDN Bingkeng 2 Kabupaten Cilacap yang berjumlah 45 orang dan yang dijadikan sampel sebanyak 30 orang. Instrumen penelitian yang digunakan sebagai pengumpul data adalah tes kemampuan koordinasi mata, dan tangan. Berdasarkan analisis data menggunakan SPSS 22, hasil pengolahan data terdapat perbedaan namun tidak terlalu jauh secara signifikan antara kelompok latihan one ball overhand dribble between two hands dengan two ball overhand dribble terhadap peningkatan koordinasi mata, dan tangan pada siswa putra SDN Bingkeng 2 Kabupaten Cilacap. Saran: Kedua bentuk latihan tersebut dapat digunakan dan dilaksanakan pada SDN Bingkeng 2 Kabupaten Cilacap dan sederajat.

Keywords

koordinasi mata tangan, one ball, overhand dribble, two ball

Full Text:

PDF

References

Bompa, T. O. (2003). Theory And Methodology Of Training. Kendall/Hunt Publishing Company.

Giriwijoyo, H.S., & Sidik, D. . (2012). Ilmu Faal Olahraga (Fisiologi Olahraga). Remaja Rosdakarya.

Harsono, M. S. (2010). Coaching dan Aspek Aspek Psikologi Dalam Coaching. Tambak Kusuma.

Hidayat, S. (2014). Pelatihan Olahraga: Teori dan Metodelogi. Graha Ilmu.

Lutan, R. (2001). Asas-Asas Pendidikan Jasmani Pendekatan Pendidikan Gerak di Sekolah Dasar. Depdiknas.

Mackenzie, B. (2005). 101 Performance Evaluation tests (B. Mackenzie (ed.); First). jonathan.pye@electricwordplc.com. %0A101 evaluation testsshahroodut.ac.ir

Mahendra, A. (2007). Teori Belajar Motorik. FPOK UPI.

Nursasih, I. D., Rustiawan, H., Rohendi, A., Nurbait, S., & Komala, N. (2020). Kinestetik : Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani PHYSICAL ACTIVITY ROUTINE BY PHYSICAL ACTIVITIES. Kinestetik : Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 4(2), 40–46. https://doi.org/10.33369/jk.v4i2.12354

Rahyubi, H. (2012). Teori-Teori Belajar dan Aplikasi Pembelajaran Motorik. Nusa Media.

Rismayanthi, C. (2013). Mengembangkan Keterampilan Gerak Dasar Sebagai Stimulasi Motorik Bagi Anak Taman Kanak-Kanak Melalui Aktivitas Jasmani. 9(April).

Siregar, E. N. H. (2010). Teori Belajar dan Pembelajaran. Ghalia Indonesia.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.