Efektivitas Model Pembelajaran Direct Instruction dengan Personalized System For Instruction Terhadap Jumlah Waktu Aktif Belajar Pendidikan Jasmani

Mutia Anjani, Ruli Sugiawardana, Mohamad Rezha

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model pembelajaran direct instruction dengan model pembelajaran Personalized System For Instruction terhadap peningkatan waktu aktif belajar pada siswa kelas XI SMA N I Kawali Kabupaten Ciamis. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen yaitu Pre-Experimental One-Group Pretest-Postest Design. Populasi yang dipilih sesuai dengan penelitian yang akan diterapkan yaitu siswa SMA N I Kawali Kabupaten Ciamis. Sampel diambil sebanyak 30 orang, selanjutnya sampel tersebut diukur (dites) menggunakan jumlah waktu aktif belajar. Instrumen yang digunakan yaitu penampilan mengajar dengan menggunakan metode observasi sistematis melalui teknik duration recording(Suherman, 2009)Berdasarkan analisis data menggunakan SPSS 22, hasil pengolahan data adalah menunjukkan bahwa kedua model pembelajaran yang diteliti memberikan pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan waktu aktif belajar pada siswa kelas XI SMA N I Kawali Kabupaten Ciamis. Model pembelajaran direct instruction dengan model pembelajaran Personalized System For Instruction merupakan model pembelajaran antara yang biasa diberikan (direct instruction) dengan model yang belum terbiasa dilaksanakan oleh guru maupun muridnya yaitu Personalized System For Instruction. Kecenderungan siswa SMA N I Kawali l lebih menyukai Personalized System For Instruction.

Keywords

Direct instruction, model pembelajaran, Personalized System For Instruction, waktu aktif belajar

Full Text:

PDF

References

Abbas, N. (2016). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Strategi pembelajaran Berbasis Masalah dengan Penilaian Portofolio di SMPN 10 Kota Gorontalo. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(16), 129.

Alit, I. G. A. N. (2019). MODEL PEMBELAJARAN DIRECT INSTRUCTION DENGAN METODE DEMONSTRASI SEBAGAI UPAYA UNTUK JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN SISWA KELAS III SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2018 / 2019 SD NEGERI 22 DAUH PURI. ADI WIDYA: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 73–81.

Aminah, T. (2015). Pengaruh Penerapan Metode Tutor Sebaya dan Pemberian Tugas serta Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Kompetensi Keahlian Adminstrasi Perkantoran di SMK Negeri I Magetan dan SMK PSM 2 Kawedanan. In Asmuni (Ed.),. Seminar Nasional Hasil Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran (Rekonstruksi Kurikulum Dan Pembelajaran Di Indonesia, 1(1), 420–433.

Anam, S. (2016). Penerapan Model Direct Instructions Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Penjaskes. ILMU PENDIDIKAN, 1(2), 71–79.

Jati Purwantoro, K. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Direct Instruction Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Sistem Pendingin. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 16(1), 21–24.

Juditya, S. (2018). GERAK DASAR LAY UP SHOOT PADA SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PSI ( PERSONALIZED SYSTEM INTRACTION ) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sebelum dan sesudah diterapkannya Model Personalized System Intraction dengan menggunakan modul bergambar. 2(November), 71–80.

Metzler, M. W. (2017). Instructional Models in Physical Education: Vol. null (null (ed.)).

Nugraha, M. (2018). Manajemen Kelas Dalam Meningkatkan Proses Pembelajaran. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 4(01), 27–44. https://doi.org/10.32678/tarbawi.v4i01.1769

Pritandhari, M. (2017). Implementasi Model Pembelajaran Direct Instruction Untuk Meningkatkan Motivasi Berprestasi Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro, 5(1), 47–56.

Sobarna, A. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Personalized System For Instruction (PSI) Terhadap Kebugaran Jasmani. 8(1), 46–58.

Sudrazat, A., & Rustiawan, H. (2020). Hubungan Aktivitas Fisik dengan Keterampilan Sosial. Jurnal Terapan Ilmu Keolahragaan, 5(1), 8–15. https://doi.org/10.17509/jtikor.v5i1.23498

Suherman, A. (2009). Revitalisasi Pengajaran dalam Pendidikan Jasmani. CV. Bintang Warli Artika.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.