PENERAPAN TEKNOLOGI PENGOLAHAN SAMPAH ORGANIK DENGAN TEBA KEKINIAN DALAM MENJAGA KELESTARIAN ALAM

I Wayan Dikse Pancane, Ni Putu Galuh Nareswari, Irfan Alexandro

Abstract


Permasalahan lingkungan merupakan isu yang tidak bisa dihindari. Saat ini sampah merupakan masalah lingkungan yang sangat serius yang dihadapi masyarakat Indonesia pada umumnya. Pemerintah saat ini telah berupaya dengan berbagai cara untuk mengatasi masalah sampah, namun belum mencapai titik kesempurnaan. Terwujudnya lingkungan yang bersih dan asri, maka diperlukan adanya teknologi dalam pengolahan sampah. Salah satu teknologi yang dapat dilakukan dengan pembuatan teba kekinian. Melalui teba kekinian diharapkan masyarakat memiliki kesadaran dalam menjaga kelestarian alam di lingkungan sekitar dengan melakukan pengolahan sampah/limbah yang dihasilkan dari rumah tangga maupun usahanya. Penerapan teknologi pengolahan sampah ini dapat meminimalisir dampak-dampak negatif yang terjadi dari pencemaran lingkungan yang ditimbulkan dari masyarakat sehingga dapat meningkatkan efisiensi pengolahan lingkungan. Adapun sasaran dari program kegiatan ini adalah seluruh warga di Desa Penebel.

Keywords


pengolahan sampah, lingkungan, teba kekinian

References


Artiningsih, NKA. (2008). Peran Serta Masyarakat Dalam Pengelolaan Sampah Rumah Tangga. Semarang: Universitas Diponegoro.

Fadhilah, A., Sugianto, H., Hadi, K., Fitmandhani,S. W., Murtini, T. W., & Pandelaki, E.E. (2011). Kajian Pengelolaan Sampah Kampus Jurusan Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Diponegoro. Modul,11(2).

Keraf, A. S. (2010). Etika Lingkungan Hidup. Penerbit Buku Kompas: Jakarta

Nurhaeni, Hanatika. (2013). Pemanfaatan Sampah Kardus Kemasan Minuman :Kotak Pensil Kelinci".

Rahayu, D. E., & Sukmono, Y. (2013). Kajian Potensi Pemanfaatan Sampah Organik Pasar Berdasarkan Karakteristiknya (Studi Kasus Pasar Segiri Kota Samarinda). Jurnal Sains & Teknologi Lingkungan, 5(2), 77-90.

Rochmini & Nurcholis, A. (2012). Penanganan Sampah Organik di Kota Delta Mas.

Tamyiz, dkk. (2018). Pelatihan Pengolahan Sampah Rumah Tangga di Desa Kedungsumur Kecamatan Krembung Kabupaten Sidoarjo. Journal of Science and Sosial Development. Vol 1 No 1.

Triyanti, D. (2004). Solid Waste Management of Jakarta Indonesia An Environment Systems Perspective. Master of Science Thesis Royal Institute of Technology. Stockholm.

Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2008 Tentang Pengolahan Sampah

Sudarmanto, Bambang. (2010). Penerapan Teknologi Pengolahan Sampah dan Pemanfaatannya dalam Pengelolaan Sampah. Jurusan Teknik Sipil Universitas Semarang (USM).




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/ag.v5i1.10030

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

____________________________________________________________________________________

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Universitas Galuh

Jl. Arya Janggala No. 11 Ciamis 46274

Telepon: (0265) 775295, Fax: (0265) 776787

Email: abdimasgaluh@gmail.com

 

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Atribution ShareAlike 4.0 Internasional License

____________________________________________________________________________

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat diindeks oleh: