PENDAMPINGAN DIGITAL MARKETING SEBAGAI STRATEGI PEMASARAN UMKM TENUN ENDEK DESA SAMPALAN TENGAH

I Putu Eka Surya Budi Pratama, Ni Wayan Suryathi

Abstract


UMKM tenun endek merupakan ikon Usaha Mikro yang sangat menonjol di Desa Sampalan Tengah. UMKM ini memiliki banyak peminat, namun masih dalam jangkauan desa dan kabupaten, belum memiliki jangkauan pemasaran yang luas dikarenakan minimnya pengetahuan tentang media pemasaran dan media online. Salah satu media yang dapat membantu proses pemasaran menjadi lebih mudah yaitu marketplace, dengan begitu pemasaran akan menjadi lebih mudah dan memiliki jangkauan yang lebih luas. Oleh karena itu, dibutuhkan sosialisasi dan pelatihan mengenai peningkatan manajemen pengelolaan usaha melalui pemanfaatan teknologi digital marketing. Tujuan kegiatan pengabdian ini untuk meningkatkan pengetahuan dan kesadaran serta menginovasi pengelola usaha guna meningkatkan penjualan, memasarkan hasil panen, dan membina hubungan baik dengan para konsumen. Metode yang digunakan, yaitu (1) tahap awal & perencanaan; (2) tahap pelaksanaan membuat; (3) tahap pendampingan (monitoring); dan (4) tahap evaluasi & akhir. Pemberian edukasi dan pendampingan kepada pengelola usaha terkait media online dan media informasi yang sedang trending saat ini yang dapat digunakan sebagai salah satu media dalam memasarkan produk di saat penjualan menurun sebagai upaya penanganan permasalahan yang sedang terjadi di UMKM tenun endek. Hasil dari kegiatan ini adalah pembuatan akun media sosial, dan template unggahan produk.

Keywords


UMKM, Pemasaran, Media Sosial

References


(Naimah et al., 2020). Penerapan Digital marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM. Jurnal IMPACT: Implementation and Action. 2(2). 39. https://doi.org/10.31961/impact.v2i2.844.

(Zanuar Rifai & Meiliana, 2020). Pendampingan Dan Penerapan Strategi Digital Marketing Bagi Umkm Terdampak Pandemi Covid-19. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. 1(4). 604-609. https://doi.org/10.31949/jb.v1i4.540.

(Purwana et al., 2017). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM). 1(1). 1-17. https://doi.org/10.21009/JPMM.001.1.01.

(Sasongko et al., 2020). Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM Makaroni Bajak Laut Kabupaten Temanggung. Jurnal Ilmiah Pangabdhi. 6(2). 92-96. https://doi.org/10.21107/pangabdhi.v6i2.7809.

(Dani Anggoro et al., 2020). Implementasi Digital Marketing Pada UKM Guna Meningkatkan Pemasaran dan Penjualan Produk Di Masa Pandemi Covid-19. JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat). 1(3). 384-391. https://doi.org/10.37339/jurpikat.v1i3.345.

(Farell et al., 2019). Pelatihan Pemanfaatan Digital Marketing Dalam Pengembangan Pemasaran Dan Kewirausahaan UKM Pada Kota Sawahlunto. Pelatihan Pemanfaatan Digital Marketing Dalam Pengembangan Pemasaran Dan Kewirausahaan UKM Pada Kota Sawahlunto. 19(1). 42. https://doi.org/10.24036/sb.0310.

(Irfani et al., 2020). Pemanfaatan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Pada Ukm Dalam Menghadapi Era Industri 4.0. JCES (Journal of Character Education Society). 3(3). 651-659. https://doi.org/10.31764/jces.v3i1.2799.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/ag.v5i1.10031

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

____________________________________________________________________________________

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Universitas Galuh

Jl. Arya Janggala No. 11 Ciamis 46274

Telepon: (0265) 775295, Fax: (0265) 776787

Email: abdimasgaluh@gmail.com

 

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Atribution ShareAlike 4.0 Internasional License

____________________________________________________________________________

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat diindeks oleh: