PENDAMPINGAN SISWA SMA SEBAGAI FASILITATOR BELAJAR

Oce Datu Appulembang, Ashiong Parhehean Munthe, Indra Praja Kusuma, Yubali Ani

Abstract


Rendahnya pendampingan belajar bagi siswa di beberapa kawasan pinggiran menjadi faktor penyebab rendahnya pencapaian belajar siswa. Orang tua yang sibuk bekerja karena ekonomi yang kurang, rendahnya pendidikan orang tua, bahkan lingkungan yang tidak mendukung menjadi penyebab anak tidak mendapatkan pendidikan padahal mereka seharusnya dapat merasakan pendidikan. Setiap anak memerlukan pendampingan belajar, terkhusus bagi siswa. Yayasan Emmanuel hadir untuk memberikan bantuan dana pendidikan dan beasiswa kepada siswa SMA. Yayasan Emmanuel memberikan tanggung jawab kepada penerima beasiswa untuk menjadi pendamping belajar. Siswa diberikan pendampingan belajar terhadap anak-anak di lingkungannya dengan pendekatan yang tepat. Siswa SMA diberi pembekalan terkait ilmu pendidikan dan pembelajaran sesuai dengan kebutuhan yang siswa terima agar siswa sebagai pendamping dapat mengajar dengan baik. Siswa diberikan pembekalan dasar berupa pendampingan mengenai pengenalan diri bagi para fasilitator belajar (siswa SMA), teori, dan praktik membaca, menulis dan berhitung di SD. 

Keywords


fasilitator, pemberdayaan, pendampingan belajar, pelatihan, mengajar

References


Basir, M. (2017). Pendekatan Pembelajaran. Sengkang: Lampena Intimedia.

Bungsu, P., & Dewi, Sari. (2021). Dampak pembelajaran dalam jaringan (daring) terhadap perkembangan motorik kasar anak usia dini. Early Childhood: Jurnal Pendidikan, 5(1) 11-20.

Munthe, A. (2015). Pentingnya evaluasi program di institusi pendidikan: Sebuah Pengantar, Pengertian, Tujuan dan Manfaat. Scholaria, 5(2), 1-14.

Nugraha, F. (2020). Pendidikan dan Pelatihan: Konsep dan implementasi dalam Pengembangan. Jakarta: Litbangdiklat Pres.

Shadiq, F., & Mustajab , N. A. (2011). Penerapan teori belajar dalam pembelajaran matematika di SD. Modul Matematika SD Program BERMUTU. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional

Adriansyah, M. A., Sintara, I. D., Pramujie, G. V., & Salsabila, A. (2020). Meningkatkan komitmen organisasi melalui pelatihan manajemen diri. Jurnal Pelayanan Kepada Masyarakat. 2(1) , 81-89.

Amanah, S. (2007). Makna penyuluhan dan transformasi perilaku manusia. Jurnal Penyuluhan, 3(1) 64-67.

Tyas, E. (2016). Mengenali gaya belajar peserta didik. Jurnal Manajemen Pendidikan, 5(2), 249-258.

Widayanti, F. D. (2013). Pentingnya mengetahui gaya belajar siswa dalam kegiatan pembelajaran di kelas. ERUDIO, 2(1), 8-18.

Wiedarti, P. (2018). Pentingnya memahami gaya belajar. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/ag.v5i1.10032

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

____________________________________________________________________________________

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Universitas Galuh

Jl. Arya Janggala No. 11 Ciamis 46274

Telepon: (0265) 775295, Fax: (0265) 776787

Email: abdimasgaluh@gmail.com

 

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Atribution ShareAlike 4.0 Internasional License

____________________________________________________________________________

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat diindeks oleh: