PERANCANGAN LABEL SEBAGAI SARANA INOVASI DALAM MENUNJANG PEMASARAN PRODUK MADU DI DESA SANGKETAN

Komang Sri Widiantari, Ni Wayan Ananda Sri Mahadevi

Abstract


Madu merupakan salah satu makanan yang bernilai tinggi. Tingginya nilai tersebut dikarenakan madu memiliki nutrisi yang kompleks. Desa Sangketan merupakan salah satu daerah penghasil dan pasar penjualan madu. Maka tak heran, sebagian besar masyarakat di Desa Sangketan memiliki ternak madu di dalam mengembangkan usahanya. Namun dalam pemasaran madu tersebut masih mengalami keterbatasan karena kurangnya promosi dan tidak adanya label pada produk madu. Berdasarkan hasil pengamatan yang telah dilakukan ditemukan bahwa dalam pemasaran produk madu masih belum maksimal. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk membantu menyelesaikan permasalahan dengan melakukan pemasaran produk khususnya dalam perancangan label madu di Desa Sangketan. Metode pelaksanaan  kegiatan pengabdian ini dilakukan melalui tiga tahapan yaitu persiapan, pelaksanaan, dan implementasi. Hasil dari kegiatan ini adalah pemasaran produk madu di Desa Sangketan berjalan maksimal dengan adanya pembuatan label madu.

Keywords


Madu, Label, Pemasaran

References


Fahrudin.A, 2016. Potensi dan Pemasaran Madu. Magister Agribisnis. Universitas Bengkulu.

Fandy Tjiptono, 1997, Strategi Pemasaran, Edisi 1, Penerbit Andi, Yogyakarta.

Firmansyah, 2006. Analisis Perilaku dan Preferensi Konsumen Terhadap Atribut Madu dan Produk Pesaingnya Serta Implikasinya Bagi Strategi Pemasaran. Fakultas Teknologi Pertanian. Institut Pertanian Bogor.

Kotler, Plilip. 2000. Manajemen Pemasaran. Edisi Mileinium. Jakarta : PT. Indeks Kelompok Gramedia.

Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane, 2009, Manajemen Pemasaran : Edisi 13, Jilid 1, Erlangga Jakarta.

Rangkuti, F. 2009. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis: Reorientasi Konsep Perencanaan Stategis Untuk Menghadapi Abad 21. PT Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Saragih, R. (2017). Membangun usaha kreatif, inovatif dan bermanfaat melalui penerapan kewirausahaan sosial. Jurnal Kewirausahaan, 3(2), 26–34.

Sudarmaji, 2015. Pembuatan Feature Audio Visual Manfaat Madu Sebagai Pengobatan Herbal Tradional, Jurnal IKON -Prodi -D3 Komunikasi Masa. Politeknik Indonus a Surakarta.

Suherman D, Kadarsih S dan Gusmantoro M.G.2017, Strategi Pemasaran Madu Berdasarkan Karakteristik Konsumen di Kota Bengkulu, Jurnal Sain Peternakan Indonesia Vol. 12 No. 2 . April -Juni Jurusan Peternakan, Fakultas Pertanian, Universitas Bengkulu.

Suparjan dan Hempri Suyatno, 2003. Pengembangan Masyarakat dari Pembangunan sampai Pemberdayaan. Penerbit Aditya Media Yogyakarta.

Swasta B, 2010, Manajemen Penjualan: Pelaksanaan, BPFE, Yogyakarta.

Tjitradi, Elizabeth Cindy. 2015. Evaluasi dan Perancangan Model Bisnis berdasarkan Bussines Model Bisnis. Jurnal Universitas Petra. Surabaya.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/ag.v5i1.10036

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

____________________________________________________________________________________

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Universitas Galuh

Jl. Arya Janggala No. 11 Ciamis 46274

Telepon: (0265) 775295, Fax: (0265) 776787

Email: abdimasgaluh@gmail.com

 

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Atribution ShareAlike 4.0 Internasional License

____________________________________________________________________________

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat diindeks oleh: