PERANCANGAN KEMASAN PRODUK SENAT SENUT PISANG NUGGET DI DESA SELAT

Ni Putu Prawrtti Rahayu, I Wayan Sutama

Abstract


Kemasan produk (packaging) merupakan material yang membungkus untuk melindungi suatu produk. Fungsi utama kemasan adalah untuk melindungi produk agar kualitas produk tetap baik dan memudahkan konsumen ketika membawa produk tersebut. Penggunaan packaging dapat meningkatkan umur simpan serta melindungi produk dari berbagai kerusakan. Dalam menentukan sebuah kemasan terhadap suatu produk terdapat proses yang harus dilalui yaitu penentuan tujuan pembuatan desain kemasan, pemikiran konsep kemasan yang diinginkan, lalu dilanjutkan dengan pengolahan grafis seperti logo pada kemasan. Tujuan pengabdian masyarakat ini untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman mengenai pentingnya kemasan terhadap suatu produk kepada masyarakat Desa Selat. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah edukasi tentang packaging senat senut pisang nugget. Kesimpulan dengan dilakukannya pengabdian ini warga desa telah dibekali pemahaman mengenai pentingnya kemasan untuk produk dan perencanaan desain kemasan produk.

Keywords


Kemasan produk, Perencanaan kemasan produk

References


Kurniawan, & Maharani. (2016). Gambar 2.1. Tanaman pisang secara morfologi (sumber: IPGRI Banana, 1996). 4. 4–14.

Mukhtar, S., & Nurif, M. (2015). Peranan Packaging Dalam Meningkatkan Hasil Produksi Terhadap Konsumen. Jurnal Sosial Humaniora, 8(2), 181. https://doi.org/10.12962/j24433527.v8i2.1251

Suryalita. (2019). Review Beraneka Ragam Jenis Pisang dan Manfaatnya. Prosiding Seminar Nasional Biodiversitas Indonesia, 99–101. http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/psb

Yuniwati, M., Ismiati, D., & Kurniasih, R. (2011). Kinetika Reaksi Hidrolisis Pati Pisang Tanduk Dengan Katalisator Asam Chlorida. Jurnal Teknologi Dan Industri Pangan, 4(2), 107–112.

Supriati, Eti. "Kajian Penggunaan Bahan Pengemas Kardus dan Plastik Berventilasi pada Penyimpanan Cabai Merah (Capsicum annuum L.) Segar." (2013).

Sutanto, Aftoni, Arafi N. Ramadhan, and Handika N. Irvansyah. "Pelatihan pembuatan kemasan produk umkm di kenteng kembang naggulan kulon progo." Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat MEMBANGUN NEGERI 5.1 (2021): 310-318.

Cenadi, C. S. (2000). Peranan desain kemasan dalam dunia pemasaran. Nirmana, 2(2).

Njoto, T. K. (2016). Pengaruh desain kemasan, cita rasa, dan variasi produk terhadap keputusan pembelian konsumen bumi anugerah. Jurnal Performa: Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis, 1(4), 455-463.

Prameswari, N. S. (2018). Strategi branding melalui inovasi desain kemasan bagi home industry sabun cair. Demandia: Jurnal Desain Komunikasi Visual, Manajemen Desain, dan Periklanan, 3(02), 179-198.

Tunky, H., & Kohardinata, Cliff, S.E., M.M., A. (2016). Perancangan Desain Kemasan Pada Merk Keripik Pisang Bananation. Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis, 1(5), 577–583.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/ag.v5i1.10039

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

____________________________________________________________________________________

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Universitas Galuh

Jl. Arya Janggala No. 11 Ciamis 46274

Telepon: (0265) 775295, Fax: (0265) 776787

Email: abdimasgaluh@gmail.com

 

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Atribution ShareAlike 4.0 Internasional License

____________________________________________________________________________

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat diindeks oleh: