PENDAMPINGAN PERSIAPAN TEST OF ENGLISH PROFICIENCY (TEP) BAGI SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Ali Ashari, Rulam Ahmadi, Hamiddin Hamiddin, Dzurriyyatun Ni'mah, Fitri Awaliyatush Sholihah, Febti Ismiatun

Abstract


Penguasaan kemampuan berbahasa Inggris menjadi kebutuhan masyarakat, khususnya dalam pendidikan. Untuk mengukur kemahiran berbahasa Inggris diperlukan tes berstandar internasional yang disebut dengan Test of English Proficiency (TOEP) atau Test of English as a Foreign Language (TOEFL). Oleh karena itu, pendampingan persiapan Tes TOEFL diperlukan sejak level sekolah menengah. Kegiatan yang dilaksanakan dalam pengabdian ini adalah memberikan pelatihan dan pendampingan persiapan Test of English Proficiency kepada siswa kelas IX yang dispesifikan pada pelatihan dan pembahasan strategi mudah mengerjakan TOEFL. Hasil dari tes TOEFL menunjukkan bahwa mayoritas siswa mendapatkan nilai di atas kriteria kelulusan minimal, dan dinyatakan lulus mengikuti tes TOEFL. Hal ini dibuktikan dengan 91% siswa yang mendapat nilai di atas 400, dengan rincian 27% siswa mendapatkan skor 400-450, 39% siswa mendapat skor 450-500, dan 25% siswa memperoleh skor di atas 500. Sedangkan hanya 9% atau 7 siswa saja yang mendapatkan skor di bawah 400. Kegiatan pendampingan persiapan Test of English Proficiency juga bisa dikembangkan pada persiapan jenis tes yang lain, seperti TOEIC maupun IELTS.

Keywords


Test of English Proficiency (TEP), Test of English as a Foreign Language (TOEFL), Sekolah Menengah Pertam

References


Heffernan, N. (2006). Successful Strategies: Test-Taking Strategies for the TOEFL. The Journal of ASIA TEFL, 3(1), 151-170.

Hilda, H. H., Erwin Suhendra, Puspita Dewi, & Muhammad Zaki Pahrul Hadi. (2022). Implementasi Metode PPP (Presentation, Practice, And Production) dalam Pembelajaran TOEFL Bagi Dosen di Universitas Nusa Tenggara Barat. JILPI : Jurnal Ilmiah Pengabdian Dan Inovasi, 1(1), 61–70.

Phillips, D. (2004). Longman: Introductory Course for the TOEFL Test. Pearson Education, Inc.

Roza, D. (2019). The Challenges and Strategies of Teachers in Teaching TOEFL and IELTS Test Preparation. J-SHMIC : Journal of English for Academic, 6(2), 1-13. https://doi.org/10.25299/jshmic.2019.vol6(2).3067

Wahyuni, R. D., Azisah, S., & An Nur, M. J. (2022). Language Learning Strategies used by the Successful TOEFL Test-Takers of English Education Department UIN Alauddin Makassar. English Language Teaching for EFL Learners, 4(1), 57-67. https://doi.org/10.24252/elties.v4i1.25114.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/ag.v5i1.10049

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

____________________________________________________________________________________

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Universitas Galuh

Jl. Arya Janggala No. 11 Ciamis 46274

Telepon: (0265) 775295, Fax: (0265) 776787

Email: abdimasgaluh@gmail.com

 

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Atribution ShareAlike 4.0 Internasional License

____________________________________________________________________________

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat diindeks oleh: