PELATIHAN STRATEGI MARKETING MIX 7P DALAM UPAYA MENINGKATKAN KINERJA ACCOUNT OFFICER DI PT BPR PATARU LABA CABANG BULUKUMBA

Sri Asfirawati Halik, Farida Farida, Husni Sulaiman, Andi Nurul Faizah, Adi Candra, Dedy Hendryadi

Abstract


PT. BPR Pataru Laba Cabang Bulukumba merupakan salah satu penyedia jasa keuangan dalam bidang perbankan yang mencoba menangkap peluang bisnis dengan tujuan perusahaan yaitu mencari keuntungan melalui dana pihak ketiga, serta pemberian pinjaman kredit kepada masyarakat. Para account officer selama ini fokus melakukan promosi pinjaman kredit dengan media brosur dan belum paham betul mengenai marketing mix 7P. Tujuan dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah memberikan strategi terbaru kepada account officer dalam meningkatkan jumlah nasabah di BPR Pataru Laba Cabang Bulukumba, menambah pengetahuan account officer mengenai cara mencapai target yang ditentukan perusahaan agar bisa meraih profit, dengan pelatihan strategi marketing mix 7P ini agar kegiatan dapat bermanfaat dalam pemberian pengetahuan dan strategi kepada accont officer. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian ini adalah pelatihan dan pendampingan dengan harapan metode ini efektif untuk peningkatan pengetahuan dan strategi marketing mix 7P dengan Product, Price, Place, Promotion, Physical Evidance, People, Proses. Hasil akhir dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah meningkatkan kualitas pengetahuan dan strategi yang mendasar dalam meraih keuntungan untuk PT. BPR Pataru Laba Cabang Bulukumba.

Keywords


Keuntungan, Marketing Mix 7P, Strategi

References


Adhaghassani, Sefti Fakhriyyan dan Purwanti, Sutriyati, (2016), Strategi Bauran Pemasaran 7P (product, price,place, promotion, people, process, physical evidence) di cherryka bakery.Jurnal Pendidikan Teknik Boga.

Jain, M. K. (2013). Asian Journal of Multidiciplinary Studies. An Analysis of Marketing Mix : 7P or More , 23-28

Kotler, P., & Amstrong,G. (2012). Principles of Marketing 14th Edition. London: Pearson Education Ltd

Lovelock, C., Wirtz, J., & Mussury, J. (2011). Pemasaran Jasa : Manusia, Teknologi,Strategi -Perspektif Indonesia, Jilid 1 Edisi Ketujuh. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Solomon, M., Hughes, A., Chitty, B., Marshall, G., & Stuart, E. (2013). Marketing : Real People, Real Choice 7thEdition. Australia: Pearson Higher Education.

Suranto.,Djunaidi. M. (2021). Marketing Development Model of Goyor Woven Fabric Increases Consumer Buying Interest in Pandemic Covid-19 Era: Study at Sragen Goyor Industry Center. ISSN: 1412-6869. Vol. 20, No. 1. Universitas Muhammadiyah Surakarta. Juni 2021. URL: http://journals.ums.ac.id/index.php/jiti/article/view/13920/6735.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/ag.v5i1.10061

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

____________________________________________________________________________________

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Universitas Galuh

Jl. Arya Janggala No. 11 Ciamis 46274

Telepon: (0265) 775295, Fax: (0265) 776787

Email: abdimasgaluh@gmail.com

 

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Atribution ShareAlike 4.0 Internasional License

____________________________________________________________________________

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat diindeks oleh: