PENINGKATAN KOMPETENSI PUSKESMAS DALAM PENGELOLAAN DATA KESEHATAN STUNTING DI KABUPATEN KLUNGKUNG

Ni Made Kurniati, Ni Putu Widya Astuti, Ni Luh Gede Ari Natalia

Abstract


Pemerintah Kabupaten Klungkung dalam hal ini adalah Dinas Kesehatan Kabupaten Klungkung memiliki prioritas dalam upaya penanggulangan dan pencegahan stunting. Stunting merupakan masalah kesehatan yang disebabkan oleh faktor multi dimensi. Penyediaan data yang dapat menggambarkan situasi mengenai stunting dan faktor risiko stunting. Data stunting yang komprehensif di Kabupaten Klungkung diperlukan untuk melakukan perumusan kebijakan dan strategi pencegahan, penanggulangan, dan pengendalian kejadian stunting di masyarakat. Pelatihan manajemen data diberikan peningkatan komptensi pengelolaan data stunting dan manajemen data dan informasi serta merancang form data yang lebih efisien. Pelatihan dilakukan pada pemegang data di bagian promosi kesehatan seluruh puskesmas Kabupaten Klungkung. Peserta pelatihan diberikan materi terkait pengelolaan data dan praktik langsung untuk melakukan manajemen data. Kompetensi yang ditingkatkan diantaranya adalah penyusunan struktur data pada program manajemen data, mengidentifikasi jenis dan skala data, melakukan pengelolaan data, dan melakukan analisis data secara deskriptif. Pengetahuan peserta pelatihan mengenai jenis data mengalami peningkatan sebesar 87%, pengetahuan peserta terkait pengelolaan data meningkat sebesar 90%, dan pengetahuan terkait manajemen data meningkat sebesar 92%. Peningkatan kompetensi petugas puskesmas dalam mengelola data dapat menghasilkan data yang terintegrasi sehingga memudahkan penyampaian informasi dan dapat menjadi dasar dalam penyusunan strategi dan penyusunan kebijakan untuk mempercepat penurunan kejadian stunting.

Keywords


manajemen data, data kesehatan, puskesmas, kabupaten klungkung

References


Dignan, Mark B & Patricia A Carr, 1992. Program Planning for Health Education & Promotion, 2nd Edition, Lea & Febiger, Philadelphia.

Grindle, M.S., 1997. Getting Good Government: Capacity Building in The Public Sector Of Developing Countries. Boston, MA. Harvard Institute for International Development.

Haryanto, 2014. Pengembangan Kapasitas Kelembagaan (Institutional Capacity Development) (Teori dan Aplikasi). Jakarta: AP21 Nasional.

Purba, G. 2005. Hubungan Pengetahuan Petugas dengan Kinerja di Puskesmas Pontianak tahun 2005. Tesis Universitas Diponegoro.

Soeprapto, Riyadi. 2006. Pengembangan Kapasitas Pemerintah Daerah Menuju Good Governance. Jurnal Ilmiah Administrasi Publik, Volume IV (1), FIA UNIBRAW, Malang.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/ag.v5i1.10093

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

____________________________________________________________________________________

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Universitas Galuh

Jl. Arya Janggala No. 11 Ciamis 46274

Telepon: (0265) 775295, Fax: (0265) 776787

Email: abdimasgaluh@gmail.com

 

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Atribution ShareAlike 4.0 Internasional License

____________________________________________________________________________

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat diindeks oleh: