PENINGKATAN PEMAHAMAN NAHWU MELALUI METODE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) DI PONDOK PESANTREN AR-RAOUDOTUSSIBYAN CIHANJAWAR

Muhammad Jamjam Jamaludin, Ahmad Fajar

Abstract


Kaidah ilmu nahwu merupakan ilmu yang mengkaji tentang perubahan akhir kalimat sehingga tatanan bahasa akan menentukan benar atau salah sebuah bacaan. Masalah dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah santri belum memahami kaidah ilmu nahwu, faktor yang mempengaruhinya ialah santri itu sendiri yang kurang memperhatikan penjelasan seorang guru sehingga santri tidak ada motivasi untuk belajar ilmu nahwu. Metode pelaksanaan pengabdian ini menggunakan metode Participatory Action Research (PAR) yang merupakan pengabdian yang dilakukan dalam tiga tahap; riset, aksi, dan partisipasi dengan masyarakat. Peningkatan pemahaman nahwu merupakan alat untuk membantu santri dalam aspek membaca dan menulis bahasa Arab. Melalui metode TGT dapat meningkatkan kemampuan santri dalam mempelajari ilmu nahwu, dengan alasan bahwa pembelajaran menggunakan metode TGT dapat motivasi santri sehingga santri mendapatkan daya tarik untuk terus menerus belajar kaidah ilmu nahwu. Adapun tujuan dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk membantu santri dalam peningkatan pemahaman nahwu. Hasil dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat dalam penggunaan metode TGT terdapat peningkatan pemahaman nahwu pada temuan awal yang kriteria baik 20% menjadi 26%, kriteria cukup 34% menjadi 54%, dan kriteria kurang baik 46% menjadi 20%.

Keywords


Ilmu Nahwu, Metode TGT, PAR

References


Ainin, M. (2013). Penelitian pengembangan dalam pembelajaran bahasa Arabi. OKARA: Jurnal Bahasa Dan Sastra, 7(2).

Chotimah, H., & Dwitasari, Y. (2009). Strategi-strategi Pembelajaran untuk Penelitian Tindakan Kelas. Malang: Surya Pena Gemilang.

dalam Sugiyono, S. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.

Darmanah, G. (2019). METODOLOGI PENELITIAN. Retrieved from www.hira-tech.com

Hakim, A. R. (2014). Mempermudah pembelajaran ilmu nahwu pada abad 20. Jurnal Al-Maqayis, 1(1).

Hamdani, S. B. M. (2011). Bandung: Cv. Pustaka Setia.

Huda, M. (2011). Cooperative Learning (Yogyakarta: Pustaka Pelajar).

Husayn, T. (1959). Mushkilat al-I’râb, Majallah Majma’al-Lughah al-‘Arabiyyah. Cairo: Al-Hay’ah al-Âmmah Li Shu’ûn al-Mata Bi’al-Amîriyah.

Ibn, K. (1986). Muqaddimah Ibn Khaldun, terj Ahmadi Thoha. Jakarta: Pustaka Firdaus.

Joyce, B., & Weil, M. (2000). Models of teaching. Amerika: A. Pearson Education Company.

Kiranawati, L. (2007). Metode Diskusi dalam Pembelajaran. Yogyakarta: Aneka Ilmu.

Maksum, A. (2015). Model pendidikan toleransi di pesantren modern dan salaf. Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies), 3(1), 81–108.

Mualif, A. (2019). Metodologi pembelajaran ilmu nahwu dalam pendidikan bahasa Arab. AL-HIKMAH (Jurnal Pendidikan Dan Pendidikan Agama Islam), 1(1), 26–36.

Muhid, A., Afandi, A., & Sucipto, M. H. (2021). Modul participatory action research (PAR) untuk pengorganisasian masyarakat (community organizing).

Nasional, B. P. P. (2009). Pedoman Evaluasi Kinerja Pembangunan Sektoral. Jakarta (ID): BAPPENAS.

Ningsih, S. R. (2006). Semiloka Uji Coba Model Pembelajaran PKn Jurdik Kewarganegaraan & Hukum FIS UNY.

Silberman, L., & Melvin, A. L. (2006). 101 Cara Siswa Belajar Aktif. Bandung: Penerbit Nusa Media.

Slavin, R. E. (1990). Cooperative learning: Theory, research, andpractice. Englewood Cliffs, NJ: Pren-Tice-Hall.

Sukmawati, H. (2013). TRIPUSAT PENDIDIKAN. Jurnal PILAR (Vol. 2).

Taufik, T. (2011). Pembelajaran Bahasa Arab MI (Metode Aplikatif dan Inovatif Berbasis ICT). Surabaya: PNM.

Trianto, S. P., & Pd, M. (2007). Model-model pembelajaran inovatif berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Zuhriy, M. S. (2011). Budaya pesantren dan pendidikan karakter pada pondok pesantren salaf. Walisongo: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 19(2), 287–310.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/ag.v5i2.10275

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

____________________________________________________________________________________

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Universitas Galuh

Jl. Arya Janggala No. 11 Ciamis 46274

Telepon: (0265) 775295, Fax: (0265) 776787

Email: abdimasgaluh@gmail.com

 

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Atribution ShareAlike 4.0 Internasional License

____________________________________________________________________________

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat diindeks oleh: