PENINGKATAN PEMAHAMAN NAHWU MELALUI METODE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) DI PONDOK PESANTREN AR-RAOUDOTUSSIBYAN CIHANJAWAR
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Ainin, M. (2013). Penelitian pengembangan dalam pembelajaran bahasa Arabi. OKARA: Jurnal Bahasa Dan Sastra, 7(2).
Chotimah, H., & Dwitasari, Y. (2009). Strategi-strategi Pembelajaran untuk Penelitian Tindakan Kelas. Malang: Surya Pena Gemilang.
dalam Sugiyono, S. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.
Darmanah, G. (2019). METODOLOGI PENELITIAN. Retrieved from www.hira-tech.com
Hakim, A. R. (2014). Mempermudah pembelajaran ilmu nahwu pada abad 20. Jurnal Al-Maqayis, 1(1).
Hamdani, S. B. M. (2011). Bandung: Cv. Pustaka Setia.
Huda, M. (2011). Cooperative Learning (Yogyakarta: Pustaka Pelajar).
Husayn, T. (1959). Mushkilat al-I’râb, Majallah Majma’al-Lughah al-‘Arabiyyah. Cairo: Al-Hay’ah al-Âmmah Li Shu’ûn al-Mata Bi’al-Amîriyah.
Ibn, K. (1986). Muqaddimah Ibn Khaldun, terj Ahmadi Thoha. Jakarta: Pustaka Firdaus.
Joyce, B., & Weil, M. (2000). Models of teaching. Amerika: A. Pearson Education Company.
Kiranawati, L. (2007). Metode Diskusi dalam Pembelajaran. Yogyakarta: Aneka Ilmu.
Maksum, A. (2015). Model pendidikan toleransi di pesantren modern dan salaf. Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies), 3(1), 81–108.
Mualif, A. (2019). Metodologi pembelajaran ilmu nahwu dalam pendidikan bahasa Arab. AL-HIKMAH (Jurnal Pendidikan Dan Pendidikan Agama Islam), 1(1), 26–36.
Muhid, A., Afandi, A., & Sucipto, M. H. (2021). Modul participatory action research (PAR) untuk pengorganisasian masyarakat (community organizing).
Nasional, B. P. P. (2009). Pedoman Evaluasi Kinerja Pembangunan Sektoral. Jakarta (ID): BAPPENAS.
Ningsih, S. R. (2006). Semiloka Uji Coba Model Pembelajaran PKn Jurdik Kewarganegaraan & Hukum FIS UNY.
Silberman, L., & Melvin, A. L. (2006). 101 Cara Siswa Belajar Aktif. Bandung: Penerbit Nusa Media.
Slavin, R. E. (1990). Cooperative learning: Theory, research, andpractice. Englewood Cliffs, NJ: Pren-Tice-Hall.
Sukmawati, H. (2013). TRIPUSAT PENDIDIKAN. Jurnal PILAR (Vol. 2).
Taufik, T. (2011). Pembelajaran Bahasa Arab MI (Metode Aplikatif dan Inovatif Berbasis ICT). Surabaya: PNM.
Trianto, S. P., & Pd, M. (2007). Model-model pembelajaran inovatif berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Zuhriy, M. S. (2011). Budaya pesantren dan pendidikan karakter pada pondok pesantren salaf. Walisongo: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 19(2), 287–310.
DOI: http://dx.doi.org/10.25157/ag.v5i2.10275
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
____________________________________________________________________________________
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)
Universitas Galuh
Jl. Arya Janggala No. 11 Ciamis 46274
Telepon: (0265) 775295, Fax: (0265) 776787
Email: abdimasgaluh@gmail.com
Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Atribution ShareAlike 4.0 Internasional License
____________________________________________________________________________
Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat diindeks oleh: