SUSTAINABLE ENTREPRENEURHSIP DAN GREEN ECONOMY UNTUK PELAKU UMKM DI DESA KARANGAMPEL

Nur Rizki Arifin, Rizka Andhika Putra, Rita Patonah, Tati Heryati

Abstract


Kemajuan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) akan berdampak secara langsung pada kesejahteraan masyarakat. Indikator kesejahteraan salah satunya dapat diukur melalui peningkatan pendapatan. Peningkatan pendapatan pada UMKM dapat dioptimalkan dengan meminimalisir dan mengefisienkan biaya produksi serta melakukan manajemen keuangan dengan baik. Pengabdian ini bertujuan untuk  memberikan solusi terhadap permasalahan nyata yang terjadi pada UMKM di Desa Karangampel, Kecamatan Baregbeg, Kabupaten Ciamis melalui pelatihan sustainable entrepreneurhsip dan green economy untuk Pelaku UMKM.  Model yang digunakan dalam pengabdian ini menggunakan metodologi kualitatif. Metode analisis pengabdian ini yang digunakan adalah analisis studi kasus berdasarkan metode, data, dan triangulasi sumber. Adanya peningkatan pemahaman peserta mengenai sustainable entrepreneurhsip dan green economy sehingga diharapkan dapat meningkatkan Kesejahteraan pelaku UMKM di Wilayah Desa Karangampel Kecamatan Baregbeg Kabupaten Ciamis. Pelaksanaan pengabdian masyarakat melalui sosialisasi sustainable entrepreneurhsip dan green economy diharapkan dapat terus berlanjut dan Universitas Galuh sebagai lembaga tetap menjadi pelopor dalam pengabdian pada masyarakat.

Keywords


Kata Kunci: Sustainable entrepreneurhsip, Green economy, UMKM, Karangampel

References


Miles, B. Mathew dan Michael Huberman. 1992. Analisis Data Kualitatif Buku Sumber tentang Metode-metode Baru. Jakarta: UIP.

Moleong, Lexy J. 2007. Metodologi Pengabdian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nurmardiansyah, Eko. (2015). Konsep Hijau: Penerapan Green Constitution dan Green Legislation dalam Rangka Eco-Democracy. Jurnal Vertitas et Justitia. Volume 1, Nomor 1.

Primiana, Ina. 2009. Menggerakkan Sektor Riil UKM &Industri. Bandung: Alfabeta.

Sari, Ayu., Wijaya, M., A., W., & Wachid, A. (2014). Penerapan Konsep Green economy dalam Pengembangan Desa Wisata Sebagai Upaya Mewujudkan Pembangunan BERWAWASAN LINGKUNGAN (Studi pada Dusun Kungkuk, Desa Punten Kota Batu). Jurnal Administrasi Publik (JAP), Volume 2, Nomor 4.

Suharto, Edi. 2010l. Membangun Masyarakat Memberdayakan Rakyat (Kajian Strategis Pembangunan Kesejahteraan Sosial dan Pekerjaan Sosial). Bandung: PT. Refika Aditama.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/ag.v5i2.10294

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

____________________________________________________________________________________

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Universitas Galuh

Jl. Arya Janggala No. 11 Ciamis 46274

Telepon: (0265) 775295, Fax: (0265) 776787

Email: abdimasgaluh@gmail.com

 

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Atribution ShareAlike 4.0 Internasional License

____________________________________________________________________________

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat diindeks oleh: