PENDAMPINGAN KELOMPOK PETANI GARAM PULAU SABU, NTT DALAM PEMBUATAN TAMBAK GARAM

Kevin Cleary Wanta, Herry Santoso, Judy Retti B. Witono

Abstract


Pulau Sabu, Kabupaten Sabu Raijua, Provinsi Nusa Tenggara Timur merupakan salah satu wilayah yang cocok digunakan untuk memproduksi garam. Hal ini tidak terlepas dari kondisi iklim dan geografis yang dimilikinya. Metode produksi garam yang dapat diaplikasikan adalah metode penguapan air laut dengan bantuan sinar matahari. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk membantu komunitas petani garam di Pulau Sabu dalam merancang, membangun, dan melakukan uji coba tambak garam. Hal ini dilakukan supaya petani garam dapat meningkatkan jumlah produksi garam di wilayah tersebut. Kegiatan ini berjalan melalui beberapa tahap, yaitu tahap persiapan (survei dan diskusi), tahap desain tambak, tahap pembangunan tambak, dan tahap tindak lanjut (pendampingan, uji coba, dan evaluasi). Secara umum, kegiatan ini berlangsung dengan baik meskipun terhalang dengan pandemi COVID-19. Komunitas petani garam di Pulau Sabu berhasil membangun tambak garam tersebut sesuai dengan desain yang telah dibuat. Namun, kegiatan pengabdian ini belum selesai karena apa yang dilakukan saat ini baru tahap awal. Ke depannya, kegiatan pengabdian dilanjutkan dengan fokus lain, seperti peningkatan kualitas garam, pengenalan teknologi tepat guna lainnya, hingga diversifikasi produk garam.

Keywords


Garam, Petani garam, Pulau Sabu, Tambak garam

References


Mashuri, Z., Losu, H., Nurhadi, M., Lukman, H., & Sampurno, B. (2021). Perancangan Sistem Model Scale Alat Pencegah Bercampurnya Air Hujan Dengan Air Laut Menggunakan Sistem Kontrol Otomatis Sensor Suhu Guna Menjaga Kestabilan Produksi Garam Pada Musim Hujan. Jurnal AMORI, 2.

Pemerintah Kabupaten Sabu Raijua. (2023). Geografis – Kabupaten Sabu Raijua. Diakses dari https://saburaijuakab.go.id/halaman/geografis# pada 9 April 2023.

Pemerintah Kabupaten Sabu Raijua. (2023). Iklim dan Kondisi Alam – Kabupaten Sabu Raijua. Diakses dari https://saburaijuakab.go.id/halaman/_iklim_dan_kondisi_alam pada 9 April 2023.

Pusat Riset Kelautan BRSFMKP, Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia. (2022). Telaah: Prediksi Produksi Garam Nasional 2022.

Santoso, H., Putra, D. E., Angelina, G., Hartanto, Y., Witono, J. R. B., & Wanta, K. C. (2022). Brine Evaporation Modeling in WAIV System Using Penman, Priestley-Taylor, and Harbeck Models. Journal of Engineering and Technological Sciences, 54(6), 1217–1228. https://doi.org/10.5614/j.eng.technol.sci.2022.54.6.9

Wanta, K. C., Santoso, H., Miryanti, A., & Witono, J. R. B. (2023). Peningkatan Kesejahteraan Petani Garam Desa Olio, Provinsi NTT Melalui Pelatihan Pembuatan Garam Konsumsi Beryodium. RESWARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 253–264. https://doi.org/10.46576/rjpkm.v4i1.2381




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/ag.v5i2.10382

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

____________________________________________________________________________________

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Universitas Galuh

Jl. Arya Janggala No. 11 Ciamis 46274

Telepon: (0265) 775295, Fax: (0265) 776787

Email: abdimasgaluh@gmail.com

 

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Atribution ShareAlike 4.0 Internasional License

____________________________________________________________________________

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat diindeks oleh: