SISTEM PENYIMPANAN ENERGI LISTRIK BERBASIS BATERAI DARI PANEL SURYA UNTUK LISTRIK RUMAH IBADAH DI DESA CARANG WULUNG

Muhammad Rizani Rusli, Lucky Pradigta Setiya Raharja, Syechu Dwitya Nugraha, Ahmad Firyal Adila, Arman Jaya, Sutedjo Sutedjo, Imam Dui Agusalim, Hendik Eko Hadi Suharyanto, Suryono Suryono, Irianto Irianto, Endro Wahjono, Renny Rakhmawati, Indra Ferdiansyah, Farid Dwi Murdianto, Rachma Prilian Eviningsih

Abstract


Dikarenakan kondisi tipografi dan bentuk wilayah yang berupa perbukitan dengan wilayah yang luas, maka di Desa Carang Wulung masih terdapat dusun yang belum ada jaringan listrik tegangan rendah dari PLN yaitu Dusun Gondang. Akibat keterbatasan tersebut, terdapat rumah ibadah (musala) di Dusun Gondang yang masih kurang diperhatikan dan termasuk dalam kategori tidak layak jika dilihat dari sisi ketersediaan listrik. Masyarakat di dusun yang mayoritas beragama Islam ini mengalami kendala penerangan saat shalat berjamaah di malam hari hingga subuh. Tidak adanya sumber listrik untuk pengeras suara juga mengakibatkan tidak dapat digunakannya pengeras suara untuk menandai masuknya waktu sholat. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka dikembangkan sistem penyimpanan energi listrik berbasis baterai dengan menggunakan panel surya dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini. Tahapan kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan adalah melakukan survey kebutuhan pemasangan sistem instalasi panel surya dan baterai, perakitan beberapa komponen sistem, melakukan pengujian sistem skala laboratorium, pemasangan sistem yang telah dirakit dan diuji, serta melakukan sosialisasi dan pelatihan kepada warga tentang penggunaan panel surya, pengoperasian dan pemeliharaan sistem. Warga mengaku senang dengan terselenggaranya kegiatan pengabdian masyarakat ini karena dapat beribadah dengan nyaman setiap saat dengan sumber listrik yang tidak mengandalkan sumber dari PLN.

Keywords


penyimpanan energi berbasis baterai, solar panel, rumah ibadah, Desa Carang Wulung

References


Aryza, Solly, Hermansyah, Siahaan, A. P., Suherman, & Lubis, Z. (2017). Implementasi Energi Surya Sebagai Sumber Suplai Alat Pengering Pupuk Petani Portabel. IT Journal Research and Development, 12-18.

Bachtiyar, Z. (2016). Evaluasi Pengembangan Kawasan Agropolitan Pada Komoditas Kopi di Desa Carangwulung Kecamatan Wonosalam Kabupaten Jombang. Publika - Jurnal Ilmu Administrasi Negara, 1-8.

Dwiyaniti, M., Ismujianto, Aji, A., & Kusnadi. (2021). Perbaikan Prasarana dan Penerapan Solar Sel di MI Miftahul Ulum. DINAMISIA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1318-1323.

Kholiq, I. (2015). Pemanfaatan Energi Alternatif Sebagai Energi Terbarukan Untuk Mendukung Subtitusi BBM. Jurnal IPTEK, 75-91.

Mamlu'ah. (2016). Makna kenduren durian bagi masyarakat kecamatan Wonosalam kabupaten Jombang. Surabaya: UIN Sunan Ampel Surabaya.

Nasution, M. (2021). Karakteristik Baterai sebagai Penyimpan Energi Listrik secara Spesifik. Journal of Electrical Technology , 35–40.

Pratama, Y. (2021). STRATEGI PEMERINTAH DESA DALAM PENGEMBANGAN MASYARAKAT MELALUI KOMODITI KOPI DESA CARANGWULUNG KABUPATEN JOMBANG. Mojokerto: Universitas Islam Majapahit.

Setiawan, D., Halilintar, M. P., & Masrul, W. (2022). Sistem Penerangan Bertenga Surya di Bank Sampah Berkah Abadi Kelurahan Limbungan. DINAMISIA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 196-202.

Subandi, & Hani, S. (2015). Pembangkit Listrik Energi Matahari Sebagai Penggerak Pompa Air Dengan Menggunakan Solar Cell. JURNAL TEKNOLOGI TECHNOSCIENTIA, 188–191.

Syahwil, M. (2021). Rancang Bangun Modul Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Sistem Off-grid Sebagai Alat Penunjang Praktikum Di Laboratorium. Jurnal Pengelolaan Laboratorium Pendidikan, 26-35.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/ag.v5i2.10440

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

____________________________________________________________________________________

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Universitas Galuh

Jl. Arya Janggala No. 11 Ciamis 46274

Telepon: (0265) 775295, Fax: (0265) 776787

Email: abdimasgaluh@gmail.com

 

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Atribution ShareAlike 4.0 Internasional License

____________________________________________________________________________

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat diindeks oleh: