PELATIHAN FOOD PREPARATION SEBAGAI UPAYA MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN MENYAJIKAN VARIASI MAKANAN BERGIZI SEIMBANG

Dadi Dadi, Anne Novia Fitri, Diana Agustiani, Rani Purwati, Yani Yani

Abstract


Pengabdian kepada masyarakat ini dilatarbelakangi oleh adanya upaya untuk meningkatkan status gizi masyarakat khususnya anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan dan perkembangan. Pelatihan food preparation penting dilakukan untuk menjaga ketahanan pangan dari tingkat rumah tangga dengan membantu kelompok rumah tangga dalam memenuhi kebutuhan gizi seimbang secara efektif dan efisien. Tahapan observasi  dimulai pada bulan November 2022, dan pelaksanaan pelatihan pada tanggal 19 Maret 2023. Pelaksanaan kegiatan pelatihan food preparation terbagi menjadi beberapa tahapan: (1) observasi, (2) pelaksanaan pelatihan, (3) monitoring dan evaluasi. Metode yang digunakan pada kegiatan pengabdian ini yaitu edukasi dalam bentuk pendidikan dan pelatihan (ceramah dan demonstrasi). Hasil pengabdian masyarakat ini yaitu mitra kelompok rumah tangga sebanyak 90,3% sudah memahami dan melakukan food preparation secara mandiri.Kata kunci: Food Preparation, Makanan Gizi Seimbang, Ketahanan Pangan

Keywords


Food Preparation, Makanan Gizi Seimbang, Ketahanan Pangan

References


Adolphus, Katie, Clare L. Lawton, dan Louise Dye. 2015. “The effects of breakfast on behavior and academic performance in children and adolescents.” Hlm. 289–319 dalam Prenatal and Childhood Nutrition: Evaluating the Neurocognitive Connections. Apple Academic Press.

Hasriani, Sitti Arwati, dan Sitti Khadijah. 2022. “Edukasi Food Preparation Yang Tepat Dalam Menghadapi Era New Normal Pandemi Covid-19 Pada Kelompok Rumah Tangga.” J. A. I : Jurnal Abdimas Indonesia 2797–2887.

Mattiro, Syahlan. 2019. “Pengetahuan Lokal Ibu Tentang Pentingnya Gizi Dan Sarapan Pagi Bagi Anak.” Jurnal Pendidikan Sosiologi Antropologi 1(1).

Mawarni, Elita Endah. 2017. “Edukasi Gizi ”Pentingnya Sarapan Sehat Bagi Anak Sekolah”.” Warta Pengabdian 11(4):97–107.

Sitanaya, Febriyani, Utma Aspatria, dan Daniela Boeky. 2019. “HubunganFaktor Sosial EkonomiDengan Ketahanan Pangan Rumah Tangga Pedagang Sayur Eceran di Pasar Oeba.” Timorese Journal of Public Health 3:115–23.

Taruvinga, A., V. Mushunje, dan A. Mushunje. 2013. “Determinants of rural household dietary diversity: The case of Amatole and Nyandeni districts, South Africa).” International Journal of Development and Sustainability 2(4):2233–47.

Widyanti, Putu Ayu, dan I. Gst Lanang Sidiartha. 2013. “Artikel Asli Breakfast Habit And Academic Performance Among Suburban Elementary School Children.” Jurnal Ilmiah Kedokteran 44(4):3–7.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/ag.v5i2.10570

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

____________________________________________________________________________________

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Universitas Galuh

Jl. Arya Janggala No. 11 Ciamis 46274

Telepon: (0265) 775295, Fax: (0265) 776787

Email: abdimasgaluh@gmail.com

 

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Atribution ShareAlike 4.0 Internasional License

____________________________________________________________________________

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat diindeks oleh: