PENINGKATAN SELF EFFICACY MASYARAKAT DALAM MENGHADAPI BENCANA TANAH LONGSOR MELALUI SOSIALISASI DAN EDUKASI KESIAPSIAGAAN BENCANA

Waqid Sanjaya

Abstract


Indonesia merupakan negara dengan peringkat ketiga di dunia paling berpotensi terjadi bencana alam, melihat tingginya ancaman bencana di Indonesia, sudah seharusnya terdapat suatu manajemen yang dapat menanggulangi dampak yang timbul dari bencana. Wujud dari upaya ini adalah dengan ditetapkannya Undang-undang Nomor 24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana harus dilakukan secara adil dengan memberikan perlindungan kepada semua masyarakat. Faktor yang mempengaruhi kesiapsiagaan pada masyarakat adalah self efficacy. Tujuan dari pengabdian masyarakat ini untuk meningkatkan self efficacy masyarakat dalam menghadapi bencana tanah longsor melalui sosialisasi dan edukasi kesipasigaan bencana dengan manfaat menambah pengetahuan dan pemahaman masyarakat tentang self efficacy dan tentang kesiapsiagaan bencana tanah longsor. Metode yang digunakan yaitu sosialisasi melalui modul dan edukasi melalui ceramah, diskusi dan tanya jawab. Hasil pengabdian masyarakat didapatkan pengetahuan dan pemahaman tentang self efficacy dan kesiapsiagaan terkait bencana bencana tanah longsor meningkat.. Diharapkan masyarakat di Desa Sirnaresmi dapat terus meningkatkan self efficacy yang tinggi, agar dapat menunjang upaya kesiapsiagaan bencana tanah longsor dengan maksimal, sehingga berbagai dampak yang ditimbulkan dari bencana tanah longsor dapat dicegah atau diminimalisir.

Keywords


Pengabdian, Masyarakat

References


Alam, S. R., & Syarif, E. (2020). Studi Pengetahuan Kebencanaan Terhadap Sikap Kesiapsiagaan Masyarakat Dalam Menghadapi Bencana Tanah Longsor di Kecamatan Parangloe Kabupaten Gowa Tahun 2019. Jurnal Environemental Science, 162-169.

Astuti, R., & Gunawan, W. (2016). Sumber-Sumber Efikasi Diri Karier Remaja. Jurnal Psikogenesis, 4(2), 141–151.

Bate, D. V. (2018). Analisis Risiko dan Mitigasi Bencana Tanah Longsor Di Kecamatan Cibal Kabupaten Manggarai Nusa Tenggara Timur. Universitas Sebelas Maret Surakarta, 1-74.

Bureni, I. Y. (2019). Hubungan Antara Self Efficacy Dengan Comunication Apprehension Pada Mahasiswa . Universitas Dharma Yogyakarta, 1-106.

Mariam, I., Budhiana, J., Permana, I., Dewi, R., Rahmanishati, W., Noviyanti, L., Utami, R. N., Sanjaya, W., Ede, A. R. La, & Unmehopa, Y. F. (2021). Knowledge , Attitudes , Disaster Training and Self Efficacy on Disaster Preparedness. Research Horizon, 1(5), 179–188.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/ag.v5i2.11094

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

____________________________________________________________________________________

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Universitas Galuh

Jl. Arya Janggala No. 11 Ciamis 46274

Telepon: (0265) 775295, Fax: (0265) 776787

Email: abdimasgaluh@gmail.com

 

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Atribution ShareAlike 4.0 Internasional License

____________________________________________________________________________

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat diindeks oleh: