PENINGKATAN POTENSI EKONOMI BERBASIS BUDAYA LOKAL DALAM MENINGKATKAN DAYA SAING EKSPOR KOMODITAS KOPI DAN TEMBAKAU DI DESA PRANCAK KABUPATEN SUMENEP

Atik Purmiyati, Musta’in Musta’in, Lucy Dyah Hendrawati, Sri Wahyuni, Tamat Sarmidi

Abstract


Sektor pertanian merupakan salah satu sektor yang mampu bertahan dari goncangan yang disebabkan oleh penyebaran virus covid-19. Komoditas unggulan dari sektor pertanian yaitu kopi dan tembakau memegang peranan penting terbukti dari hasil sektor pertanian yang berkontribusi besar terhadap Produk Domestik Bruto (PDB). Desa Prancak merupakan salah satu desa yang memiliki potensi besar sebagai desa penghasil tembakau dan kopi unggulan di Pulau Madura. Pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan potensi ekonomi lokal dan menerapkan salah satu tujuan Sustainable Development Goals (SDG’s) yaitu meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan cara menganalisis kelemahan dan kekuatan usaha mikro yang dijalankan masyarakat Desa Prancak menggunakan teknik analisis SWOT dengan IFAS dan EFAS. Bersadarkan hasil analisis SWOT yang disertai dengan analisis IFAS dan EFAS menunjukkan posisi ekonomi Desa Prancak berada di kuadran 2. Hasil perhitungan IFAS dan EFAS yang menunjukkan posisi Desa Prancak di kuadran 2 menunjukkan bahwa Kelemahan Desa Prancak lebih besar dari pada kekuatan yang dimiliki. Oleh karena itu diperlukan action untuk memindahkan posisi Desa Prancak ke kuadran 1 dengan meningkatkan kekuatan dan mengurangi kelemahannya. Peningkatan kekuatan Desa Prancak dapat dilakukan melalui pelatihan pembuatan produk yang berkualitas ekspor dan teknik pemasaran. Sedangkan untuk memperkuat potensi bidang pertanian tembakau dan kopi dapat dilakukan dengan cara memberikan pelatihan penggunaan marketplace dalam memasarkan produk hasil olahan pertanian.

Keywords


SWOT, SDG’s, Farmer Behavior, Coffee, Tobacco

References


Antriyandarti, E. (2012). Pengaruh Sanitasi Dan Kesehatan Terhadap Produktivitas Petani (Studi Kasus Di Kabupaten Sleman).

Badan Pusat Statistik. (2020). Statistik Karet Indonesia. Badan Pusat Statistik.

ICO. (2021). Global Coffee Production. International Coffee Organization. London. Retrieved from http://www.ico.org/

Menon, A., & Schmidt-Vogt, D. (2022). Effects of the COVID-19 pandemic on farmers and their responses: A study of three farming systems in Kerala, South India. Land, 11(1), 144.

Napitupulu, D., & Kartika, E. (2019). Development strategy for the Sustainability of Liberica Coffee In Jambi Province, Sumatera, Indonesia. In IOP Conference Series: Earth and Environmental Science (Vol. 391, No. 1, p. 012056). IOP Publishing.

Sanjani, M. R. A. (2021). Konflik Petani Vs Pengepul Tembakau Desa Prancak Kecamatan Pasongsongan Kabupaten Sumenep. Jurnal Publique, 2(02), 206-221.

Setyawan, D., Hapsari, A., & Prianto, R. (2015). Pengaruh Manfaat Merek, Kekuatan Asosiasi Merek, Dan Keunikan Merek Terhadap Loyalitas Konsumen Dalam Membeli Air Minum Kemasan Merek Aqua Di Kecamatan Semarang Barat. Journal of Management, 1(1).

Susilo, Edi. (2013). Peran Koperasi Agribisnis Dalam Ketahanan Pangan Di Indonesia. Ekonomi Dan Bisnis Indonesia 10(1):95–104.

United Nations. (2015). Transforming our World: the 2030 Agenda for Sustainable Development. A/RES/70/1. Retrieved September 14, 2021, from: sdgs.un.org/2030agenda: https://sustainabledevelopment.un.org/post2015/transformingourworld

Utami, M. M. D., & Kustiari, T. (2015). Perumusan strategi pengembangan agribisnis tembakau di Kabupaten Jember menggunakan analisa SWOT. Jurnal Teknologi Pertanian, 16(1).

Vaganova, O. V., Solovjeva, N. E., Tamov, R. M., & Panteleeva, M. A. (2021). Managing the russian agro-industrial complex during the pandemic in the context of digitalization. Technology.

Wasan, G. H., & Sariningsih, A. (2021). Pelatihan pemasaran produk usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) berbasis digital di Kecamatan Citeureup. Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani (Jpmm), 1(1), 31-36.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/ag.v5i2.11297

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

____________________________________________________________________________________

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Universitas Galuh

Jl. Arya Janggala No. 11 Ciamis 46274

Telepon: (0265) 775295, Fax: (0265) 776787

Email: abdimasgaluh@gmail.com

 

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Atribution ShareAlike 4.0 Internasional License

____________________________________________________________________________

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat diindeks oleh: