IDENTIFIKASI KEBUTUHAN PENGEMBANGAN AKSESIBILITAS DESA WISATA LAMAJANG PANGALENGAN

Jajan Rohjan, Arni Mahardhika, Hanny Siti Lestari, Rian Fitriadi

Abstract


Desa wisata adalah desa yang dijadikan tempat wisata karena daya tarik yang dimilikinya, dan merupakan suatu bentuk integrasi antara atraksi, akomodasi dan fasilitas pendukung. Desa wisata merupakan pengembangan pariwisata yang mengintegrasi perkembangan ekonomi, pelestarian lingkungan alam dan sosial budaya setempat. Berdasarkan SK. Bupati Bandung No. 556.42/Kop.71-Dispopar/201, menetapkan Desa Lamajang sebagai salah satu desa wisata yang terletak di Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung. Potensi yang dimiliki Desa Wisata Lamajang yaitu daya tarik alam, budaya, maupun buatan. Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini bertujuan untuk mengidentifikasi kebutuhan pengembangan aksesibilitas menuju tempat-tempat objek wisata tersebut dan memberdayakan masyarakat Desa Lamajang dalam memahami dan mengidentifikasi masalah-masalah terkait aksesibilitas yang menghubungkan keberadaan potensi pasar wisatawan ke wilayah Desa Wisata Lamajang. Metode yang digunakan yaitu pendidikan dan pelatihan untuk menggali mengidentifikasi permasalahan terkait aksesibiltas desa wisata, potensi moda angkutan lokal pendukung kegiatan wisata yang ramah lingkungan dan berkearifan lokal, serta menyusun peta infografis aksesibilitas desa wisata yang menggambarkan bagaimana kemudahan untuk menjangkau setiap obyek wisata. Hasil dari kegiatan pengabdian pada masyarakat Desa Lamajang yaitu terindentifikasinya aksesibilitas eksternal dan internal yang dituangkan dalam peta info grafis aksesibilitas desa wisata yang menggambarkan bagaimana kemudahan untuk menjangkau setiap obyek wisata yang tersebar di wilayah Desa Wisata Lamajang.

Keywords


desa wisata; potensi desa wisata; aksesibilitas; infografis

References


Bandung, B. (2019). Rencana Induk Pembangunan Kepariwisataan Daerah. Peraturan Daerah Kabupatren Bandung . Kabupaten Bandung.

Desa Wisata. (2021). WIKIPEDIA .

Inskeep, E. (1991). Tourism Planning : an Integrate and Sustainable Develepment Approach. New York: Van Nonstand Reinhold.

Kesuma, I. M. (2021, Agustus 14). Pengembangan Wisata di Desa Lajang.

Miftah, R. (2019). Desa Wisata Lamajang. MRL UPI .

Pangalengan, D. L. (2017). Kewenangan Desa Lamajang . Peraturan Desa Lamajang . Kecamatan Pangalengan.

Purnomo. (2019, Mei 14). Obsession News. Retrieved from www.obsessionnews.com: http://www.obsessionnews.com

Yoeti, O. A. (1996). Pemasaran Pariwisata. Bandung: Angkasa.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/ag.v5i2.11418

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

____________________________________________________________________________________

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Universitas Galuh

Jl. Arya Janggala No. 11 Ciamis 46274

Telepon: (0265) 775295, Fax: (0265) 776787

Email: abdimasgaluh@gmail.com

 

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Atribution ShareAlike 4.0 Internasional License

____________________________________________________________________________

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat diindeks oleh: