PENINGKATAN KAPASITAS ANGGOTA BADAN PERMUSYARATAN DESA (BPD) MELALUI PENDEKATAN WORKSHOP DI KECAMATAN TARUMAJAYA KABUPATEN BEKASI

Aos Kuswandi, Rina Susanti Hartono, Siti Nuraini

Abstract


Badan Permusyawaratan Desa (BPD) sebagai mitra sejajar Pemerintah Desa, memiliki tugas dan fungsi yang sangat penting dalam penyelenggaraan Pemerintahan Desa.  Salah satu tugasnya adalah merumuskan dan menetapkan Peraturan Desa sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Tulisan ini  bertujuan untuk mendeskripsikan hasil analisis dari kegiatan program peningkatan kapasitas anggota BPD  melalui pendekatan workshop di Kecamatan Tarumajaya Kabupaten Bekasi. Kegiatan dilaksanakan dalam bentuk workshop, diskusi kelompok, studi kasus dan tanya jawab secara interaktif. Hasil analisis  dari pelaksanaan kegiatan menyimpulkan bahwa kegiatan peningkatan kapasitas anggota BPD melalui pendekatan workshop berhasil meningkatan pengetahuan, pemahaman dan keterampilan anggota BPD dalam melaksanakan tugas dan fungsinya. Pengetahuan dan pemahaman yang dicapai termasuk kategori tinggi. Hal tersebut mendapat apresiasi dari pemerintah desa dan pemerintah kecamatan sehingga kegiatan serupa perlu dilaksanakan kembali dengan penambahan materi berupa praktik yang terkait dengan materi yang diberikan. Saran penting yang perlu diperhatikan adalah perlunya penambahan materi dari praktisi terkait, perlunya kegiatan praktik langsung dan memerlukan dukungan dari pemerintah daerah dan pemerintah kecamatan dalam fasilitasi kegiatan selanjutnya.

Keywords


Capacity Bulding, Member of Village Consultative Council, Village Administration, Workshop Approach

References


Ifrani, I. (2022). PENGELOLAAN, Tugas Dan Fungsi Badan Permusyawaratan Desa (BPD). Jalujur: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1).

Martulesi, Y. (2022). Peran Badan Permusyarawatan Desa Dalam Pengawasan Pengelolaan Keuangan Desa Di Koto Taluk Berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 110 Tahun 2016 Tentang Badan Permusyarawatan Desa (Doctoral dissertation, Universitas Islam Riau).

Ndraha, M. I. K., Ndraha, A. B., & Telaumbanua, Y. (2022). Penguatan Komunikasi Antara Pemerintah Desa dan BPD Untuk Menghasilkan Produk Regulasi Desa Yang Berkualitas Di Desa Lolozasai Kecamatan Gido. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 10(4), 1373-1380.

Nurpitasari, R. D., & Maharani, A. E. P. (2020). Analisis Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa Dalam Kaitannya Dengan Penguatan Peran Badan Permusyawaratan Desa (Bpd) Dalam Pembentukan Produk Hukum Desa. Res Publica, 4(3), 289-302.

Muhtadli, M., Wijaya, R., & Septiana, R. (2022). Penguatan Fungsi Badan Permusyawaratan Desa dalam Perspektif Demokrasi (Studi Pada BPD Desa Karyamulyasari Kecamatan Candipuro Lampung Selatan). Mahadi: Indonesia Journal of Law, 1(1), 125-139.

Prihatin, P. S. (2016). Penguatan Fungsi Badan Permusyawaratan Desa Dalam Menampung Dan Menyalurkan Aspirasi Masyarakat Desa. WEDANA: Jurnal Kajian Pemerintahan, Politik dan Birokrasi, 2(2), 123-130.

Ummi, U. N., & Khaidir, A. (2019). Peran Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Dalam Demokrasi Pembangunan Desa. Jurnal Manajemen Dan Ilmu Administrasi Publik (JMIAP), 1(4), 58-66.

Wowor, S. (2015). Peran Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dalam Demokratisasi Pemerintahan Desa (suatu Studi di Desa Raanan Baru Satu Kecamatan Motoling Barat) 1. Politico: Jurnal Ilmu Politik, 2(6), 1098.

Zitri, I., Rifaid, R., & Umami, R. (2022). Mendukung Penguatan Kapasitas Anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Desa Karang Bongkot Dalam Penyusunan Perdes Pembentukan Bumdes. Jces (Jurnal Masyarakat Pendidikan Karakter) , 5 (3), 726-738.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/ag.v5i2.11810

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

____________________________________________________________________________________

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Universitas Galuh

Jl. Arya Janggala No. 11 Ciamis 46274

Telepon: (0265) 775295, Fax: (0265) 776787

Email: abdimasgaluh@gmail.com

 

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Atribution ShareAlike 4.0 Internasional License

____________________________________________________________________________

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat diindeks oleh: