MENINGKATKAN KECERDASAN BERBAHASA SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS DENGAN PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DENGAN FUN AND COMMUNICATIVE ENGLISH

Andi Mega Januarti Putri, Putu Wahyu Sudewi, Amrang Amrang

Abstract


Kemampuan berbahasa Inggris menjadi tuntutan bagi Sumber Daya Manusia di era globalisasi ini. Di Indonesia, bahasa Inggris dijadikan mata pelajaran atau mata kuliah wajib bagi mahasiswa dan siswa sekolah menengah atas sebagai upaya mempersiapkan daya saing dan kualitas Sumber Daya Manusia dalam menghadapi persaingan global. Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan dan kemampuan siswa dalam berbahasa Inggris khususnya keterampilan dan kemampuan membaca dalam bahasa Inggris (reading) dan menulis dalam bahasa Inggris (writing) dengan metode yang menyenangkan dan komunikatif yaitu melalui metode Free Writing untuk peningkatan kemampuan menulis bahasa Inggris dan Cooperative Learning untuk peningkatan kemampuan membaca bahasa Inggris. Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan di SMAN 1 Wonomulyo, Polewali Mandar, dengan peserta sebanyak 135 siswa dari 4 kelas yang berbeda selama 3 bulan yakni sejak Mei hingga Agustus 2023. Tim pengabdi menggunakan test yakni pre test dan post test untuk mencari tahu efektivitas perlakuan dalam kegiatan ini. Hasil kegiatan pengabdian ini menunjukkan peningkatan kemampuan bahasa Inggris setelah diterapkan metode-metode yang menyenangkan dan komunikatif dimana terjadi peningkatan skor rata-rata siswa sebanyak 13.94 dari rata-rata nilai pre test secara keseluruhan 73.71 meningkat pada post test dengan rata-rata nilai 87.65, secara rinci kemampuan menulis bahasa Inggris siswa meningkat sebanyak 16.59 poin dimana nilai pre test writing yang diperoleh adalah 67.81 yang kemudian meningkat menjadi 84.4 pada post test dan kemampuan membaca bahasa Inggris siswa meningkat sebanyak 11.29 dimana rata-rata skor pre test reading yang diperoleh adalah 79.61 yang meningkat pada post test menjadi 90.9. Siswa siswi pun menunjukkan minat dan respon yang positif selama proses kegiatan pengabdian ini, mereka menunjukkan antusiasme dan interaksi selama proses pembelajaran.

References


B.HS, Heni Adawiyah, I Ketut Gading, and Gede Wira Bayu. 2020. “Model Pembelajaran Cooperatif Integrated Reading Composition (CIRC) Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa.” Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran 3 (2): 233. https://doi.org/10.23887/jp2.v3i2.26465.

Cahyati, Sri Supiah. 2015. “Peranan Bahasa Inggris Dalam Era Masyarakat Ekonomi Asean ( MEA ): Bagaimana Sistem Pembelajaran Bahasa Inggris Yang Islami Di Indonesia ?” ISLAMICA 3 (1).

Darusman, Dede. 2022. “Meningkatkan Kemampuan Menulis Siswa Melalui Menulis Bebas (Free Writing).” Caraka: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Serta Bahasa Daerah 11 (2): 71–79.

Habibi, Akhmad, Amirul Mukminin, Muhammad Sofwan, and Urip Sulistiyo. 2017. “Implementation of Classroom Management by English Teachers at High Schools in Jambi, Indonesia.” Studies in English Language and Education 4 (2): 172. https://doi.org/10.24815/siele.v4i2.6104.

Kusuma, Chusnu Syarifa Diah. 2019. “Integrasi Bahasa Inggris Dalam Proses Pembelajaran.” Efisiensi - Kajian Ilmu Administrasi 15 (2): 43–50. https://doi.org/10.21831/efisiensi.v15i2.24493.

Lestari, Rina, Iskandar Iskandar, and Eli Fatmasari. 2021. “Metode Free Writing Untuk Meningkatkan Kemampuan Reading Dan Writing Teks Deskriptif Mata Pelajaran Bahasa Inggris Pada Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah Sewon Kab. Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta.” Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran 4 (2): 33–42.

Mustakim Sagita, Jamaliah, Rahimi. 2008. “Improving Students Writing Skill by Using Free Writing Technique.” Sosial Humaniora Vol I No . II | 32 I (2): 31–38.

Sari, Ni Luh Manik. 2023. “Meningkatkan Kemampuan Membaca Teks Penyerta Gambar (Caption) Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) Pada Siswa Kelas XII MIPA SMAN 1 Kubutambahan Tahun Pelajaran 2022-2023.” DAIWI WIDYA Jurnal Pendidikan Vol.10 No.1 Edisi Juni 2023 24 10 (1): 24–37.

Subawa, I M. 2018. “… Cooperative Learning Tipe Group Investigation Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Bahasa Inggris Siswa Kelas Xi Ips 1 ….” Wahana Chitta Jurnal Pendidikan 1 (2): 108–16. https://jurnal.markandeyabali.ac.id/index.php/wahanachitta/article/download/15/12.

Yani, Nurli Ad. 2020. “Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Make A Match (Mencari Pasangan) Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Anak (Studi Di Rhaudhatul Athfal Syakirah).” Annizom 5 (1): 23.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/ag.v5i2.11830

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

____________________________________________________________________________________

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Universitas Galuh

Jl. Arya Janggala No. 11 Ciamis 46274

Telepon: (0265) 775295, Fax: (0265) 776787

Email: abdimasgaluh@gmail.com

 

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Atribution ShareAlike 4.0 Internasional License

____________________________________________________________________________

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat diindeks oleh: