OPTIMALISASI PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TRAVEL BALI ISLAND SEBAGAI MEDIA PROMOSI BISNIS PERJALANAN

Ni Putu Dea Arina Lestari, Putu Indah Dianti Putri

Abstract


Media sosial merupakan salah satu platform digital yang digemari oleh seluruh kalangan baik secara personal atau kebutuhan bisnis. Jenis media sosial pun berbagai macam, mulai dari menawarkan fitur foto, video bahkan siarang langsung. Media sosial sendiri juga memberikan dampak yang signifikan terhadap kehidupan masyarakat khusunya meningkatkan taraf ekonomi Masyarakat. Penggunaan media sosial banyak dimanfaatkan oleh kalangan pembisnis salah satunya Bisnis Perjalanan Travel Bali Island sendiri. Penggunaan media sosial dari Travel Bali Island sendiri sudah sangatlah bagus hanya saja konten yang disajikan masih memposting ulang konten yang sudah ditayangkan oleh akun lain sehingga konten yang tersaji di media sosial Travel Bali Island masih kurang maksimal. Metode yang digunakan dalam menerapkan program kerja ini yakni banyak menggunakan metode analisis dan observasi mengenai jenis konten apa saja yang layak untuk dipublikasikan dan hasil dari analisis dan observasi yang diterapkan dihasilkan dalam bentuk video pendek yang ditayangkan pada platform media sosial Travel Bali Island sendiri.  Hasil dari penerapan pembuatan konten secara mandiri ini diharapkan mampu membuka jalan baru bagi Travel Bali Island dalam membuat konten yang lebih berkualitas serta mampu memahami tren apa saja yang sedang terjadi di masyarakat sehingga mampu menarik audiens dalam platform media sosial Travel Bali Island dan menarik minat audiens dalam menggunakan jasa dari Travel Bali Island di kemudian hari.

Keywords


media sosial, konten, bisnis perjalanan, tren

References


Anak Agung Istri Syawana Bargandini, & Ni Nyoman Juwita Arsawati. (2022). Optimalisasi Media Sosial Dalam Upaya Promosi Desa Wisata di Desa Kenderan, Tegallalang, Gianyar. Kaibon Abhinaya : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 1–7. https://doi.org/10.30656/ka.v4i1.3107

Arif, E., & Ronaning Roem, E. (n.d.). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Sarana Promosi Perpusda Kabupaten Belitung Timur.

Augustinah1, F., Faluktas, W., Administrasi, I., & Bisnis, A. (n.d.). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Sarana Promosi Makanan Ringan Kripik Singkong Di Kabupaten Sampang.

Chayyan Bagaskara, M., Indah, P., Putri, D., Yasa, P. A., Kunci, K., & Pengabdian, : (n.d.). Pengelolaan Anggaran Operasional Kantor Menggunakan Software SAP.

Dewa, C. B., & Safitri, L. A. (2021). Pemanfaatan Media Sosial Tiktok Sebagai Media Promosi Industri Kuliner Di Yogyakarta Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Akun TikTok Javafoodie). Khasanah Ilmu - Jurnal Pariwisata Dan Budaya, 12(1), 65–71. https://doi.org/10.31294/khi.v12i1.10132

Ekonomi, J., Dan Sosial, B., Fantini, E., Sofyan, M., & Suryana, A. (n.d.). Optimalisasi Sosial Media Sebagai Sarana Promosi Usaha Kecil Menengah Meningkatkan Penjualan di Masa Pandemi Covid-19. Februari 2021 EMBISS, 1(2), 126. https://embiss.com/index.php/embiss

Fahlevi, M. R., Achmad, B. A., & Rahmawati, E. (2021). Pengaruh Strategi Pemasaran Dan Media Sosial Terhadap Perilaku Konsumen Cafe Malam. Jurnal Bisnis Dan Pembangunan. https://doi.org/10.20527/jbp.v10i2.10991

Fazriah Oktaviani, W., Fatchiya, A., Manusia, F. E., Pertanian Bogor, I., Departemen, D., Komunikasi, S., & Masyarakat, P. (n.d.). Efektivitas Penggunaan Media Sosial Sebagai Media Promosi Wisata Umbul Ponggok, Kabupaten Klaten The Effectiveness of Social Media as a Media Promoting of Umbul Ponggok Tourism, Klaten Regency (Vol. 17, Issue 1).

Gina Shafira Nurimani. (2022). Strategi Promosi di Media Sosial dalam Menarik Minat Beli Produk Pakaian. Jurnal Riset Manajemen Komunikasi, 54–58. https://doi.org/10.29313/jrmk.v2i1.1007

Putri, P. I. D., Sudiarta, I. K., Prasetijo, R., & Prasetia, I. N. D. (2023). Indonesia Coral Reef Garden Sanur Bali: Pemulihan Ekonomi Nasional melalui Restorasi Terumbu Karang. International Journal of Community Service Learning, 7(2), 168–177. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v7i2.56525

Nidaul Khasanah, F., Samsiana, S., Trias Handayanto, R., Setyowati Srie Gunarti, A., & Raharja, I. (2020). Pemanfaatan Media Sosial dan Ecommerce sebagai Media Pemasaran dalam Mendukung Peluang Usaha Mandiri pada Masa Pandemi Covid 19. In Jurnal Sains Teknologi dalam Pemberdayaan Masyarakat (Vol. 1, Issue 1). http://ejurnal.ubharajaya.ac.id/index.php/JSTPM

Sisilia, A. R., & Giri, R. R. W. (2020). Analisis Pemasaran Media Sosial Untuk Menentukan Influencer Dan Topik Pembicaraan (Studi Kasus: Go-Pay dan OVO). Jurnal Mitra Manajemen. https://doi.org/10.52160/ejmm.v4i7.422

Urva, G., Pratiwi, M., Oemara Syarief, A., Studi Teknik Informatika, P., & Studi Teknik Industri Sekolah Tinggi Teknologi Dumai, P. (2022). Optimalisasi Media Sosial Sebagai Penunjang Digital Marketing. 2(1), 56–61.

Utari, T. (2022). Pemanfaatan Media Sosial sebagai Media Promosi pada UMKM Kampung Mandiri Donokerto Yogyakarta. KANGMAS: Karya Ilmiah Pengabdian Masyarakat.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/ag.v5i2.11842

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

____________________________________________________________________________________

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Universitas Galuh

Jl. Arya Janggala No. 11 Ciamis 46274

Telepon: (0265) 775295, Fax: (0265) 776787

Email: abdimasgaluh@gmail.com

 

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Atribution ShareAlike 4.0 Internasional License

____________________________________________________________________________

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat diindeks oleh: