PELATIHAN PEMANFAATAN LAHAN PEKARANGAN SEBAGAI TAMAN GIZI KELUARGA UNTUK MENCEGAH RESIKO STUNTING MASYARAKAT KELURAHAN LAYANA INDAH KECAMATAN MANTIKULORE PALU

Abd. Hakim Laenggeng, Dwi Setyorini, Moh. Sabran

Abstract


Indonesia sebagai Negara ke tiga dengan angka prevalensi stunting tertinggi di Asia dengan prevelensi 24,4%. Salah satu upaya yang dilakukan untuk mengurangi dan mencegah stunting dengan cara meningkatkan asupan gizi bagi keluarga. Peningkatan tersebut dapat dilakukan dengan mengkonsumsi sayur dan buah. Masyarakat dapat memanfaatkan lahan pekarangan rumah untuk meningkatkan gizi keluarga. Kegiatan program pengabidan kepada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada masyarakat mengenai dampak stunting dan cara mengelolah tanaman TOGA di pekarangan rumah. Program pengabdian ini dilakukan selama 3 bulan. Kegiatan ini dilaksanakan di RT 19 Desa Wintu Kelurahan Layana Indah Kota Palu Sulawesi Tengah. Tahapan pertama persiapan, pelaksana kegiatan dan pasca kegiatan. Saat penyuluhan, peserta aktif bertanya terkait materi yang disampaikan. Semua peserta terlihat antusias mengikuti kegiatan penyuluhan dengan aktif dalam diskusi. Kegiatan ini mendapatkan dukungan dari Kepala Kelurahan, Ketua RW, Ketua RT 19 dan masyarakat. Diakhir acara, tim pengabdi dan peserta kegiatan berikrar untuk melakukan pencegahan stunting. Pemanfaatan lahan pekarangan dengan cara menanam berbagai macam tanaman sayur dan buah-buahan. Kegiatan pengabdian diakhiri dengan kunjungan tim penyuluh ke lapangan/kebun percontohan yang digarap bersama masyarakat. Selain itu, dilakukan pembagian berbagai macam bibit tanaman kepada seluruh masyarakat yang diperoleh dari Dinas Perkebunan Kota Palu. Pengabdian masyarakat ini perlu dilakukan secara rutin untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terkait tumbuh kembang anak sehingga bias mencegah terjadinya stunting.  

Keywords


Pelatihan, Pekarangan, Gizi dan Stunting

References


Elinel, Kevinta et al. 2022. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Penanganan Stunting.” Jurnal Pengabdian Kesehatan Masyarakat: Pengmaskesmas 2(1): 21–30.

Indraswari, Risa Ruri, and Risni Julaeni Yuhan. 2017. “Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Penundaan Kelahiran Anak Pertama Di Wilayah Perdesaan Indonesia: Analisis Data Sdki 2012.” Jurnal Kependudukan Indonesia 12(1): 1.

Kemenkes. 2023. “Hasil Survei Status Gizi Indonesia (SSGI) 2022.” Kemenkes: 1–7.

Kemenkes R1. 2019. Kementrian Kesehatan Republik Indonesia Profil Kesehatan Indonesa 2019. https://pusdatin.kemkes.go.id/resources/download/pusdatin/profil-kesehatan-indonesia/Profil-Kesehatan-indonesia-2019.pdf.

Nurwati, Niken, and dan Amalia. 2015. “Analisis Pemanfaatan Pekarangan Untuk Mendukung Ketahanan Pangan Di Kecamatan Rumbai Pesisir Kota Pekanbaru Yard Utilization Analysis in Support of Food Security Inrumbai Pesisir Pekanbaru.” Jurnal Ilmiah Pertanian 11(2): 1–8.

Rahmadhita, Kinanti. 2020. “Permasalahan Stunting Dan Pencegahannya.” Jurnal Ilmiah Kesehatan Sandi Husada 11(1): 225–29.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/ag.v5i2.12021

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

____________________________________________________________________________________

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Universitas Galuh

Jl. Arya Janggala No. 11 Ciamis 46274

Telepon: (0265) 775295, Fax: (0265) 776787

Email: abdimasgaluh@gmail.com

 

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Atribution ShareAlike 4.0 Internasional License

____________________________________________________________________________

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat diindeks oleh: