PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMANFAATKAN BITTERN MENJADI TAHU SEHAT DI KOPERASI MEKARSARI SEJAHTERA, KABUPATEN BREBES

Indah Setiawati, Djeimy Kusnaman, Teguh Jati Prasetyo

Abstract


Koperasi Mekarsari Sejahtera merupakan badan usaha yang berjalan dalam bidang produksi garam yang berada di Desa Kaliwlingi, Kecamatan Brebes, Kabupaten Brebes. Koperasi ini hanya baru dapat memproduksi garam rebus dan garam kelor. Dalam produksi garam rebus akan menghasilkan hasil samping berupa cairan kuning kecoklatan yang biasa disebut bittern. Namun, bittern masih belum dimanfaatkan oleh para petani dan akan dibuang pada setiap akhir produksi garam rebus karena para petani garam rebus masih kurang keterampilan dalam pengolahannya. Bittern memiliki banyak manfaat dalam kesehatan dan dapat menjadi bahan koagulan. Bahan ini dibutuhkan dalam pembuatan tahu untuk menggumpalkan sari kedelai yang biasanya menggunakan bahan cuka.   Berdasarkan data tersebut, diperlukan peningkatan keterampilan pemanfaatan limbah bittern oleh petani garam agar dapat menjadi inovasi produk turunan garam yang cocok pada semua kalangan, seperti makanan tahu. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan para petani garam rebus Koperasi Mekarsai Sejahtera dalam pemanfaatan limbah bittern menjadi bahan koagulan pada tahu sebagai inovasi produk turunan dari garam rebus.  Kegiatan ini dilakukan dengan metode metode kegiatan difusi iptek dimana metode pelaksanaan kegiatan berupa pelatihan dan demonstrasi atau percontohan. Hasil akhir dari kegiatan ini petani garam rebus memiliki keterampilan dalam memanfaatkan limbah bittern menjadi sebuah produk tahu yang memiliki peluang jual yang tinggi.

Keywords


diversifikasi garam; bittern; tahu sehat; garam rebus; usaha garam rakyat

References


Dewi, S. R., Handayani, R., Bakar, A., & Ramli, S. (2021). Pemanfaatan Bittern Dan Cuka Sebagai Koagulan Pada Pembuatan Tahu. Jurnal Inovasi Ramah Lingkungan, 2(2): 1-6.

Iswadi, D. (2021). Modifikasi Pembuatan Tahu dengan Penggunaan Lama Perendaman, Lama Penggilingan dan Penggunaan Suhu dalam Upaya Meningkatkan Kualitas Produk Tahu. Jurnal Ilmiah Teknik Kimia, 5(1): 20-30.

Jaya, N. T. S. P., Hartati, R., & Widianingsih. (2016). Produksi Garam dan Bittern di Tambak Garam. Jurnal Kelautan Tropis, 19(1): 43–47.

Mahmudah, L. & Ariani, N. M. (2019). Recovery Air Rendaman Bumbu Garam dari Industri Kacang Bawang. Jurnal Teknologi Proses dan Inovasi Industri, 4(2): 53-58.

Nilawati, N. (2014). Pemanfaatan Limbah Cair Garam Bahan Baku 30˚ Be untuk Pengasinan Ikan Gabus Rendah Nacl dan Mengandung Mg. Jurnal Riset Teknologi Pencegahan Pencemaran Industri, 5(2): 67-73.

Ramadhani, A. D., Kulianto, A. F., & Edahwati, L. (2021). Kinetika Reaksi Perolehan Fosfat dari Pengolahan Limbah Garam (Bittern) Menjadi Struvite dengan Reaktor Vertikal. Jurnal Teknik Kimia, 27(1): 14-20.

Setiawati, I. (2020). Strategi Pengembangan Usaha Garam Rebus di Kabupaten Brebes. KOLANO: Journal of Multi-Disciplinary Sciences, 1(1): 104-111.

Setiawati, I., Syahrullah, Y., Jati, T. G., & Kusnaman, D. (2021). Diversifikasi Produk Garam Rebus Fortifikasi Kelor pada Kelompok Usaha Garam Rakyat Mekarsari, Desa Pandansari, Kec. Brebes. Prosiding Seminar Nasional Pengembangan Sumber Daya Pedesaan dan Kearifan Lokal Berkelanjutan XI, 507-513.

Setiawati, I., Kusnaman, D., Prasetyo, T. J. (2023). Produk Kreatif Berbasis Garam Rebus Menjadi Garam Spa. Prosiding Seminar Nasional LPPM UNSOED, Vol. 12(2023).

Widaningrum, I. 2015. Teknologi Pembuatan Tahu yang Ramah Lingkungan (Bebas Limbah). Jurnal Dedikasi, 12: 14-21.

Yanti, B. V. I., Apriliani, T. A. & Kurniawan, T. (2017). Peningkatan Pengetahuan Petambak Garam Berkaitan dengan Pemanfaatan Air Limbah Tambak Garam untuk Peningkatan Kesejahteraan Petambak Garam. Journal For Business And Entrepreneurship, 1(1): 1-6.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/ag.v5i2.12065

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

____________________________________________________________________________________

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Universitas Galuh

Jl. Arya Janggala No. 11 Ciamis 46274

Telepon: (0265) 775295, Fax: (0265) 776787

Email: abdimasgaluh@gmail.com

 

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Atribution ShareAlike 4.0 Internasional License

____________________________________________________________________________

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat diindeks oleh: