PEMANFAATAN TENAGA SURYA DALAM PEMBUATAN SOLAR CHARGING STATION SEBAGAI PENUNJANG FASILITAS UMUM DI SEKOLAH AL ISLAH SURABAYA

Aulia Rahma Annisa, Hendy Briantoro, Nanda Iryani, Gempar Alamsyah

Abstract


Telepon seluler sudah menjadi kebutuhan pokok belakangan ini. Kegiatan belajar, bekerja, pencarian informasi, interaksi sosial, dan hiburan telah banyak dilakukan menggunakan alat ini. Penggunaan ponsel yang hampir setiap hari digunakan membuat kebutuhan akan sumber daya baterai menjadi tinggi. Siswa, guru, dan tenaga kependidikan di lingkungan sekolah merupakan salah satu segmen masyarakat yang menggunakan ponsel. Berdasarkan kenyataan bahwa tempat yang memiliki sumber listrik untuk pengisian ponsel di sekolah sangatlah terbatas. Oleh sebab itu, tim dosen Program Studi Teknik Komputer memiliki rencana merancang sistem tepat guna berupa solar charging station yang direncanakan dapat menyediakan tempat pengisian daya baterai dengan memanfaatkan tenaga surya sebagai sumber listriknya. Diharapkan dengan adanya produk ini membantu warga sekolah untuk melakukan pengisian baterai ponsel yang dimiliki. Selain itu akan dilaksanakan edukasi wawasan serta perkembangan ilmu pengetahuan terkait pemanfaatan energi baru terbarukan bagi siswa sekolah Al Islah Surabaya.

Keywords


Ponsel, Baterai, Tenaga Surya

References


Cindy Mutia Annur. (2022, September 8). Kepemilikan Ponsel di Indonesia Melonjak 68% dalam 1 Dekade Terakhir. Katadata Media Network.

Ervin, M., Jamaaluddin, dan, & Sidoarjo Jl Raya Gelam, M. (2020). Pemanfaatan Solar Cell Sebagai Alternatif Energi Listrik Skala Rumah Tangga.

Haryanto, T., Charles, H., & Pranoto, D. H. (2021). Perancangan Energi Terbarukan Solar Panel Untuk Essential Load Dengan Sistem Switch. Jurnal Teknik Mesin, 10(1), 41.

Jaenul, A., Wilyanti, S., Leo Rifai, A., & Febria Anjara, dan. (2021). Rancang Bangun Pemanfaatan Solar Cell 100 WP Untuk Charger Handphone Di Taman Bambu Jakarta Timur. In Jl. Boulevard Raya (Issue 2).

Priyambodo, S., & Rodi, R. M. (2018). Implementasi Sel Surya Sebagai Pembangkit Energi Alternatif Untuk Penyedia Daya Listrik Darurat Pada Pengisian Baterai Telepon Genggam Di Fasilitas Umum.

Sallu, S., & Ismail, K. (2019). Konsep Penerapan Solar Sel Dengan Sistem Otomatis Pada Skala Rumah Tangga Dari Sudut Pandang Ekonomi.

Yulimaulidia1, A., & Raharjo, Y. P. (2018). Pengaplikasian Tenaga Surya Pada Perancangan Charger Station di Kawasan Bandung The Aplication of Solar Cell in Design Of Charger Station In Bandung. https://learnsolarblog.files.wordpress.com/.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/ag.v5i2.12112

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

____________________________________________________________________________________

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Universitas Galuh

Jl. Arya Janggala No. 11 Ciamis 46274

Telepon: (0265) 775295, Fax: (0265) 776787

Email: abdimasgaluh@gmail.com

 

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Atribution ShareAlike 4.0 Internasional License

____________________________________________________________________________

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat diindeks oleh: