MAKSIMALISASI BANK SAMPAH: WUJUD PENGENDALIAN LINGKUNGAN DARI PEREMPUAN PEDULI

Ratieh Widhiastuti, Satsya Yoga Baswara

Abstract


Permasalahan utama yang disepakati untuk segera diselesaikan dengan mitra adalah mengaktifkan dan mengembangkan rintisan bank-bank sampah yang pernah dibentuk di Kelurahan Gunungpati. Solusi yang ditawarkan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan model pengelolaan bank sampah berbasis partisipasi masyarakat dan potensi lokal, melalui pelatihan dan pendampingan yang melibatkan langsung pengelola bank sampah. Kegiatan dibagi dalam dua kelompok besar yaitu (1) pelatihan tentang bank sampah sesuai Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI Nomor 14 tahun 2021 tentang Pengelolaan Sampah pada Bank Sampah. Sedangkan yang ke (2) yaitu pelatihan pengelolaan keuangan bank sampah. Kegiatan pengabdian dilakukan dalam bentuk pelatihan dan praktik menyusun pembukuan sederhana untuk bank sampah. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa peserta merasa termotivasi kembali untuk menghidupkan bank-bank sampah yang telah lama matisuri. Dan peserta merasa menerima pengetahuan baru terkait bagaimana menyusun laporan keuangan dan pencatatan administrasi yang baik untuk bank sampah.

Keywords


Sampah, Lingkungan, Bank Sampah, Wanita, Laporan Keuangan

References


Juniartini, N. L. P. (2020). Pengelolaan Sampah Dari Lingkup Terkecil dan Pemberdayaan Masyarakat sebagai Bentuk Tindakan Peduli Lingkungan. Jurnal Bali Membangun Bali, 1(1), 27–40.

Kusminah, L. (2018). Penyuluhan4r (Reduce, Reuse,Recycle, Replace) dan Kegunaan Bank Sampah Sebagai Langkah Menciptakan Lingkungan yang Bersih dan Ekonomis di Desa Mojowuku KabupatenGresik. Jurnal Pengabdian Masyarakat LPPM Untag Surabaya, 03(01), 22–28.

Munizu, M., Sumardi, & Tajuddin, I. (2017). Kajian Ekonomi Program Bank Sampah di Makassar. Jurnal Inovasi Dan Pelayanan Publik Makassar, 1(1), 1–13.

Pratama, Y. P., Samudro, B. R., & Sutomo. (2019). Analisis Potensi Pembentukan Bank Sampah Sebagai Upaya Pembangunan Berkelanjutan (Studi Kasus: Dusun Celungan, Desa Sapen, KecamatanMojolaban, Kabupaten Sukoharjo. Media Trend, 14(2), 294–304. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21107/mediatrend.v14i2.6018

Syafrini, D. (2013). Bank Sampah: Mekanisme Pendorong Perubahan dalam Kehidupan Masyarakat (Studi Kasus: Bank Sampah Barokah Assalam Perumahan Dangau Teduh Kecamatan Lubuk Begalung, Padang). Humanus, XII(2), 155–167.

Utami, E. (2013). Panduan Sistem Bank Sampah dan 10 Kisah Sukses. Yayasan Unilever.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/ag.v5i2.12151

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

____________________________________________________________________________________

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Universitas Galuh

Jl. Arya Janggala No. 11 Ciamis 46274

Telepon: (0265) 775295, Fax: (0265) 776787

Email: abdimasgaluh@gmail.com

 

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Atribution ShareAlike 4.0 Internasional License

____________________________________________________________________________

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat diindeks oleh: