Pemanfaatan Akuntansiku Sebagai Alat Pengelolaan Keuangan Dan Penyusunan Laporan Keuangan Berbasis Digital Pada Usaha Kedai Kopi Di Kota Jambi

Wiralestari Wiralestari, Enggar Diah Puspa Arum, Rico Wijaya, Rita Friyani

Abstract


Pengabdian Kepada Masyakat ini Pelatihan Pengelolaan Keuangan dan Penyusunan Laporan Keuangan Berbasis Digital Akuntansi UMKM Pada Usaha Kedai Kopi. Pengabdian ini dilakukan di Kedai Kopi yaitu Lowwatt Coffe yang teletak di Kecamatan Kotabaru dan Berlin Coffe yang terletak di Kecamatan Telanaipura, Kota Jambi. Dalam kegiatan pengabdian ini tidak saja hanya menggunakan metode pemaparan materi namun juga dilakukan metode pelatihan, praktik serta diskusi mengenai pengelolaan keuangan dan penyusunan laporan keuangan berbasis digital. Kedai kopi merupakan jenis usaha yang termasuk dalam usaha mikro kecil menengah (UMKM). Aplikasi yang digunakan adalah Aplikasi Akuntansiku yangmana aplikasi sangat sesuai dengan kegiataan UMKM. Aplikasi ini merupakan system aplikasi keuangan yang digunakan untuk UMKM termasuk usaha kedai kopi. Aplikasi ini berguna untuk memecahkan permasalahan terkait bidang manajemen keuangan yaitu pengelolaan keuangan dan bidang akuntansi yaitu cara penyusunan laporan keuangan. Pemanfaatan atas aplikasi ini mempermudah mitra pengabdian dalam melakukan pencatatan transaksi sampai dengan penyusunan laporan keuangan. Dengan menggunakan aplikasi ini diharapkan mitra dapat mengelola keuangan dan menyusun laporan keuangan secara baik.

Keywords


Akuntansi UKM-Keuangan, pengelolaan keuangan, dan laporan keuangan

References


Ariansyah, selaku Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jambi. (2019). Segini Jumlah Coffeshop Yang Ada di Jambi. https://jambiupdate.co/artikel-segini-jumlah-coffeeshop-yang-ada-di-jambi.html.

Badan Pusat Statistik (BPS). (2022). Simak 5 Negara Penghasil Kopi Terbesar di Dunia, Ada Indonesia!. https://ekonomi.bisnis.com/read/20220923/12/1580587/simak-5-negara-penghasil-kopi-terbesar-di-dunia-ada-indonesia.

Farell, G., Thamrin, T., & Novid, I. (2019). Pelatihan Pemanfaatan Digital Marketing Dalam Pengembangan Pemasaran Dan Kewirausahaan UKM Pada Kota Sawahlunto. Suluah Bendang: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 19 (1), 42. https://doi.org/10.24036/sb.0310.

Fatwitawati, R. (2018). Pengelolaan Keuangan Bagi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM)

Di Kelurahan Airputih Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru. Sembadha, 32.

International Coffee Organization (ICO). (2022). Konsumsi Kopi Indonesia Terbesar Kelima di Dunia pada 2021. https://dataindonesia.id/sektor-riil/detail/konsumsi-kopi-indonesia-terbesar-kelima-di-dunia-pada-2021.

Nuvitasari, A., Citra Y, N., & Martiana, N. 2019. Implementasi SAK EMKM Sebagai Dasar Penyusunan Laporan Keuangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). International Journal of Social Science and Business, 3(3), 341. https://doi.org/10.23887/ijssb.v3i3.21144.

Tatik. 2018. Implementasi SAK EMKM (Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro Kecil Dan Menengah) Pada Laporan Keuangan UMKM (Studi Kasus Pada UMKM XYZ Yogyakarta). Relasi: Jurnal Ekonomi, 14(2), 1–14. https://doi.org/10.31967/relasi.v14i2.260




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/ag.v6i1.12175

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

____________________________________________________________________________________

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Universitas Galuh

Jl. Arya Janggala No. 11 Ciamis 46274

Telepon: (0265) 775295, Fax: (0265) 776787

Email: abdimasgaluh@gmail.com

 

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Atribution ShareAlike 4.0 Internasional License

____________________________________________________________________________

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat diindeks oleh: