Pemberdayaan Kelompok Tani dalam Meningkatkan Perekonomian Rakyat di Desa Sempu Kecamatan Sempu Banyuwangi

Atik Purmiyati, Nonny Anggela

Abstract


Masyarakat di Desa Sempu mayoritas berprofesi sebagai petani yang memiliki tingkat pendapatan relatif rendah sehingga banyak pemuda yang telah lulus dari sekolah memilih untuk merantau ke luar kota hingga ke luar negeri. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilakukan untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan yang dihadapi oleh Desa Sempu dalam mendorong kesejahteraan masyarakat, dengan menggunakan alat analisis SWOT IFAS dan EFAS menunjukkan posisi Ekonomi Desa Sempu berada pada kuadran 2. Hal ini dibuktikan dengan skor IFAS (Skor Strength – skor Weakness) senilai -690 dan skor EFAS (Skor Opportunity – Skor Threat) senilai 160. Kuadran 2 menunjukkan bahwa potensi yang dihadapi oleh Desa Sempu lebih besar daripada ancaman yang akan diterima. Oleh karena itu diperlukan action untuk memindahkan posisi Desa Sempu ke kuadran 1, salah satu action yang dilakukan yaitu dengan melakukan inovasi produk pertanian untuk menambah value added, meningkatkan legalitas usaha, serta meningkatkan sistem pemasaran. Hasil kegiatan pengabdian ini juga membuat produk olahan dengan memanfaatkan hasil pertanian dan hasil sungai yaitu dengan menciptakan produk sambal wader. Diharapkan dengan adanya inovasi produk dengan memanfaatkan potensi yang sudah ada dapat mendorong perekonomian masyarakat dan terciptanya produk UMKM yang berdaya saing sehingga membantu mencapai Sustainable Development Goals (SDGs).

Keywords


Inovasi Produk; Pertanian; SDG’s; SWOT; UMKM

References


Aminy, A., & Fithriasari, K. (2020). Analisis dampak COVID-19 bagi UMKM di Jawa Timur. In Seminar Nasional Official Statistics, 1, 15-22.

Arvianti, E. Y., Anggrasari, H., & Masyhuri, M. (2022). Pemanfaatan Teknologi Komunikasi melalui Digital Marketing pada Petani Milenial di Kota Batu, Jawa Timur. AGRIEKONOMIKA, 11(1), 11-18.

Djayapranata, G. F. (2020). Kepuasan konsumen tidak selalu linear dengan loyalitas konsumen: Analisis pada restaurant Cepat Saji di Indonesia. INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia, 3(4), 569-579.

Fatthaya, F., & Firdaus, F. (2017). Modernisasi Pertanian Pada Petani Padi Di Kecamatan Bandar Baru Kabupaten Pidie Jaya. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik, 2(2), 865-906.

Irawati, R., & Prasetyo, I. B. (2021). Pemanfaatan Platform E-Commerce Melalui Marketplace Sebagai Upaya Peningkatan Penjualan dan Mempertahankan Bisnis di Masa Pandemi (Studi pada UMKM Makanan dan Minuman di Malang). Jurnal Penelitian Manajemen Terapan (PENATARAN), 6(2), 114-133.

Kamaluddin, I. (2020). Analisis SWOT untuk merumuskan strategi bersaing pada PT. Menara Angkasa Semesta Cabang Sentani. Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 1(4), 342-354.

Muzdalifa, I., Rahma, I. A., Novalia, B. G., & Rafsanjani, H. (2018). Peran fintech dalam meningkatkan keuangan inklusif pada UMKM di Indonesia (pendekatan keuangan syariah). Jurnal Masharif Al-Syariah: Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 3(1), 1-24.

Qanita, A. (2020). Analisis Layanan Belanja “Kriing” Pasar Tradisional Anom Baru Sumenep Di Tengah Pandemi Covid-19 Dengan Metode Swot Dan Qspm. Airlangga Journal of Innovation Managament, 1.

Wardiningsih, S. S. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Omzet Penjualan UMKM Kuliner Partner Gofood Di kota Solo. Research Fair Unisri, 5(1), 45-49.

Wijayanti, N. P. P., Suryaningtyas, E. W., Pebriani, D. A. A., & Negara, I. K. W. (2021). Pemberdayaan Masyarakat Pesisir Melalui Peningkatan Softskill Dalam Pembuatan Sambal Tongkol. Buletin Udayana Mengabdi, 20(4), 287-292.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/ag.v6i1.12416

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

____________________________________________________________________________________

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Universitas Galuh

Jl. Arya Janggala No. 11 Ciamis 46274

Telepon: (0265) 775295, Fax: (0265) 776787

Email: abdimasgaluh@gmail.com

 

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Atribution ShareAlike 4.0 Internasional License

____________________________________________________________________________

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat diindeks oleh: