Peningkatan Keterampilan Istri Pandai Besi dalam Membuat Iklan Menggunakan Aplikasi Canva di Kampung Dokdak Desa Baregbeg Kecamatan Baregbeg Kabupaten Ciamis

Rina Agustini, Taufik Hidayat, Rita Patonah, Fachrul Muhamad Riza Saputra, Nisa Silvia Nurhidayah

Abstract


Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan para istri pandai besi dalam membuat iklan menggunakan aplikasi canva dan memasarkan produk secara digital. Kegiatan ini dilaksanakan di Kampung Dokdak Desa Baregbeg Kecamatan Baregbeg Kabupaten Ciamis dengan peserta 20 orang istri pandai besi. Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan melalui tahapan yang pertama yaitu penyuluhan bahasa iklan untuk meningkatkan kesadaran dan minat istri pandai besi    dalam memasarkan produk dan tahapan yang kedua yaitu pelatihan pembuatan iklan menggunakan aplikasi canva untuk menambah pengetahuan dan keterampilan istri pandai besi dalam mempromosikan produk. Hasil dari kegiatan ini yaitu para istri pandai besi mempunyai peningkatan pengetahuan mengenai bahasa iklan dan peningkatan kemampuan dalam membuat iklan menggunakan aplikasi canva dengan rata-rata nilai 90.

References


Azmi, A. R., K. P. Hastuti PA. Upaya pengrajin pandai besi dalam menjaga keberlangsungan industri kerajinan rumah tangga di Desa Tumbukan Banyu dan Desa Sungai Pinang Kecamatan Daha Selatan Kabupaten Hulu Sungai Selatane. JPG (Jurnal Pendidik Geogr. 2015;2(3):66–80.

Sari FF. Peran Istri Dalam Membantu Perekonomian Keluarga Ditinjau Dari Ekonomi Islam (Studi Kasus Pedagang Pasar Tradisional Kedurus-Karang Pilang Surabaya). J Ekon Islam [Internet]. 2019;2(3):205–14. Tersedia pada: http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jei/

Utami SPT dan WI. Pelatihan Penulisan Bahasa Iklan Untuk Meningkatkan Angka Penjualan Produk Bagi Mahasiswa Pebisnis Online. J Abdimas. 2016;20(1):43–6.

Bahtiyar Y, Lina, Samsudin, Ichans AS. Journal of Integrated Elementary Education. J Integr Elem Educ. 2022;2(1):55–62.

Sholeh M, Rachmawati RY, Susanti E. Penggunaan Aplikasi Canva Untuk Membuat Konten Gambar Pada Media Sosial Sebagai Upaya Mempromosikan Hasil Produk Ukm. SELAPARANG J Pengabdi Masy Berkemajuan. 2020;4(1):430.

Ratna Gumilang R. Implementasi Digital Marketing Terhadap Peningkatan Penjualan Hasil Home Industri. Coopetition J Ilm Manaj. 2019;10(1):9–14.

Yulian W, Hidayat T. Penggunaan Media Gambar Iklan Layanan Masyarakat Dalam Pembelajaran Menulis Teks Persuasi Di Smp. Diksatrasia J Ilm Pendidik Bhs dan Sastra Indones. 2021;4(2):67–75.

Santoso ED, Larasati N. Benarkah Iklan Online Efektif Untuk Digunakan Dalam Promosi Perusahaan. J Ilm Bisnis dan Ekon Asia. 2019;13(1):28–36.

Zebua DDN, Sunaryanto LT. Platform Digital Sebagai Alternatif Bertahan Di Era Pandemi Covid-19 Bagi Pelaku Bisnis Pertanian. Mimb Agribisnis J Pemikir Masy Ilm Berwawasan Agribisnis. 2021;7(1):848.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/ag.v6i1.12467

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

____________________________________________________________________________________

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Universitas Galuh

Jl. Arya Janggala No. 11 Ciamis 46274

Telepon: (0265) 775295, Fax: (0265) 776787

Email: abdimasgaluh@gmail.com

 

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Atribution ShareAlike 4.0 Internasional License

____________________________________________________________________________

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat diindeks oleh: