Bimtek Strategi Pemasaran Melalui Peningkatan Kualitas dan Pengemasan Produk Abon Ikan di Desa Karangjaladri Kabupaten Pangandaran
Risna Amalia Hamzah, Ade Komaludin, Dodi Tirtana, Dedi Rudiana
Abstract
Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat yang dilakukan oleh dosen kepada masyarakat Desa Karangjaladri Kecamatan Parigi Kabupaten Pangandaran merupakan bentuk Tri Dharma perguruan tinggi dalam upaya memberikan sumbangan ilmu kepada masyarakat. Tujuan dari pengabdian ini adalah untuk meningkatkan strategi pemasaran produk Abon Ikan melalui peningkatan kualitas dan pengembangan pengemasannya. Sehingga diharapkan kegiatan ini mampu meningkatkan pengetahuan masyarakat terkait pengembangan strategi pemasaran produk Abon Ikan yang lebih baik dalam upaya meningkatkan pendapatan usaha masyarakat di Desa Karangjaladri Kecamatan Parigi Kabupaten Pangandaran, khususnya bagi nelayan dan pedagang pengolah Abon Ikan. Metode pendekatan yang dilaksanakan adalah melakukan identifikasi permasalahan, analisis kebutuhan, melakukan penyuluhan atau sosialisasi dan membuat laporan. Permasalahan yang muncul adalah i) Kurangnya pengetahuan masyarakat tentang pengembangan strategi pemasaran melalui peningkatan kualitas Abon; ii) Kurangnya pengetahuan masyarakat tentang pengembangan strategi pemasaran melalui pengembangan pengemasan produk Abon Ikan. Community Service activities carried out by lecturers to the community of Karangjaladri Village, Parigi District, Pangandaran Regency are a form of Tri Dharma of higher education in an effort to contribute knowledge to the community. The purpose of this service is to improve the marketing strategy of Abon Fish products through quality improvement and packaging development. So it is hoped that this activity will be able to increase community knowledge related to the development of a better marketing strategy for Abon Fish products in an effort to increase community business income in Karangjaladri Village, Parigi District, Pangandaran Regency, especially for fishermen and traders processing Abon Fish. The approach method implemented is to identify problems, analyze needs, conduct counseling or socialization and make reports. The problems that arise are i) Lack of community knowledge about developing marketing strategies through improving the quality of Abon; ii) Lack of community knowledge about developing marketing strategies through developing Abon Fish product packaging.
Keywords
Strategi Pemasaran, Peningkatan Kualitas, Pengemasan Produk, Abon Ikan
References
Aliyah, R., Gumilar, I., & Maulina, I. (2015). Strategi Pengembangan Usaha Pengolahan Abon Ikan (Studi Kasus Rumah Abon Di Kota Bandung) Business Development Strategies Of Processing Fish Floss (Case Study Of Rumah Abon In Bandung).
Yasrizal. (2018). Peningkatan Kesejahteraan Rumah Tangga Nelayan Melalui Pengelolaan dan Pengembangan Hasil Perikanan Di Meulaboh Provinsi Aceh. Marine Kreatif, Ii (2), 1–8.
Harminingtyas, R. (2013) ‘Analisis Fungsi Kemasan Produk Melalui Model View dan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Produk Rokok Kretek Merek Dji Sam Soe Di Kota Semarang’, Jurnal Stie Semarang, 5(2), Pp. 1–18.
Nuhung, R. (2012). Tantangan, Masalah Dan Solusi Umkm.
Mukhtar S, Nurif M. 2015. Peranan Packaging Dalam Meningkatkan Hasil Produksi Terhadap Konsumen. Jurnal Sosial Humaniora. 8(2): 181‒191.
Purnomo, N. C., Ardana, I. And Handoko, C. T. (2013) ‘Perancangan Kemasan dan Media Promosi Kue Gandjelrel Khas Kota Semarang’, Jurnal Dkv Adiwarna, 1(2), P. 7.
Wibowo Dh, Arifin Z, Sunarti. 2015. Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Daya Saing Umkm (Studi Pada Batik Diajeng Solo). Jurnal Administrasi Bisnis. 9(1): 59‒ 66.
Zuhri, S. (2013). Analisis Pengembangan Usaha Kecil Home Industri Sangkar Ayam Dalam Rangka Pengentasan Kemiskinan. Manajemen Dan Akuntansi, 2(3).
DOI:
http://dx.doi.org/10.25157/ag.v6i1.12539
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
____________________________________________________________________________________
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)
Universitas Galuh
Jl. Arya Janggala No. 11 Ciamis 46274
Telepon: (0265) 775295, Fax: (0265) 776787
Email: abdimasgaluh@gmail.com
Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Atribution ShareAlike 4.0 Internasional License
____________________________________________________________________________
Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat diindeks oleh: