Analisis Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dengan Metode Bimbingan Penyuluhan Individual dan Kelompok di Dusun Grogol

Nur Aisah, Khaerunnisa Tri Darmaningrum

Abstract


Terlaksananya kegiatan pengabdian kepada masyarakat didorong oleh kesadaran dan perilaku masyarakat yang masih kurang peduli terhadap kebersihan lingkungan. Dalam rangka menjaga kebersihan lingkungan, perlu adanya kesadaran mengenai pengelolaan sampah rumah tangga. Dusun Grogol, Desa Blado, Kecamatan Blado, Kabu Batang merupakan salah satu daerah yang mempunyai permasalahan dalam pengelolaan sampah rumah tangga. Kurangnya perhatian warga terhadap pengelolaan sampah dan minimnya tempat pembuangan sehingga sampah hanya di bakar di halaman rumahnya masing-masing dan di buang ke sungai terdekat rumah warga. Tujuan dari penyuluhan ini adalah untuk menyadarkan warga Dusun Grogol, akan pentingnya mengelola sampah rumah tangga dengan cara membuang sampah pada tempatnya dan menyediakan tempat sampah serta memberikan kesadaran bahwa sampah bisa dimanfaatkan menjadi barang yang bernilai ekonomi. Kegiatan ini dilaksanakan dengan cara memberikan penyuluhan individu maupun kelompok Tentang jenis sampah rumah tangga, pentingnya membuang sampah pada tempatnya, memberikan pandangan bahwa sampah dapat dimanfaatkan menjadi barang yang bernilai ekonomi dan penyediaan tempat pembuangan akhir. Dalam penyuluhan warga juga diminta untuk mengisi kuisioner sebelum dan sesudah pemaparan materi untuk mengetahui tingkat pemahaman serta kesadaran warga. Hasil dari kegiatan menunjukkan sebelum penyuluhan, hanya 45%% warga yang mengetahui jenis-jenis sampah rumah tangga dan hanya 50% warga yang memiliki kesadaran pentingnya membuang sampah pada tempatnya. Setelah penyuluhan, seluruh warga menjadi tahu jenis-jenis dan menyadari pentingnya pengelolaan sampah rumah tangga. Dari kegiatan tersebut terlihat bahwa warga Dusun Grogol sangat antusias dan mengalami peningkatan pemahaman dan kesadaran terhadap pengelolaan sampah. Selain itu, perlu adanya kegiatan sosial seperti penyuluhan, pendampingan, maupun pemberian bantuan fasilitas tempat pembuangan sampah yang memadai untuk mendorong kesadaran warga dalam menjaga kebersihan lingkungannya.

Keywords


penyuluhan, masyarakat

References


(Nindya Ovitasari et al., 2022). Edukasi Pengolahan Sampah Organik dan Anorganik di Desa Rejasa Tabanan. Jurnal Pengabdian Masyarakat 4 (2), 2722-293 DOI 10.20527 http: btjpmv4i2.4986.

(Apriansyah & Sushanty, 2022). Pengelolaan Sampah Rumah Tangga Dan Penyuluhan Peduli Lingkungan Kepada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal pendidikan masyarakat dan pengabdian, 2(2), 10.37905/dikmas.2.2.447-460.2022.

i(Anggreana et al., 2021). Pengelolaan Sampah Menjadi Produk Yang Bernilai Guna Counseling Aboute Waste Management into a Value Produck, Jurnal abdimas galuh ,3(1), 173-182. http://dx.doi.org/10.25157/ag.v3i1.5097

(Zamzami Elamin et al., n.d.). Analisi Pengelolaan Sampah Pada Masyarakat Desa Disanah Keamatan Sreseh Kabupaten Sampang Analysis of Waste Management in The Village of Disanah, District of Sreseh Sampang, Madura. Jurnal Kesehatan Lingkungan, 10 (4), 368-375.

(Khairul et al., 2022) Edukasi Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dI Klurahan Sawah Lebar Baru Kota Bengkulu. Abdi Reksa, 3 (1).,2745-7575.

(Dwi Septiani, Suciati Muanifah, Silvia Sari, Muliyani, Akhiru lMahfudyanto 2022) Pemanfaatan Sampah Sebagai Sumber Wirausaha Baru Dalam Menghasilkan Produk Kerajinan Olahan Sampah Berbasis Social Technopreneur. Jurnal kuat keuangan dan akuntansi, 4 (2).

(Rosmidah Hasibuan,2016.) Analisis Dampak Limbah/Sampah Rumah Tangga Terhadap Pencemaran Lingkungan Hidup. Jurnal Ilmiah “Advokasi” Vol. 04. No. 01, r 2337-7216




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/ag.v6i1.12597

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

____________________________________________________________________________________

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Universitas Galuh

Jl. Arya Janggala No. 11 Ciamis 46274

Telepon: (0265) 775295, Fax: (0265) 776787

Email: abdimasgaluh@gmail.com

 

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Atribution ShareAlike 4.0 Internasional License

____________________________________________________________________________

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat diindeks oleh: