Peran Mahasiswa Kuliah Kerja Kemasyarakatan Sebagai Tenaga Pengajar Pendukung Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris di SDN Carenang 3 Kabupaten Tangerang

Rima Wahyudyanti, Ana Tiara, Anisa Fadiyah, Annisa Rahmawati, Ferdi Firmansyah, Helmi Surya Pradana, Nurmila Putri Rohadi, Ridwan Arief Maulana, Robiatul Ameliah, Siska Yulianti, Yuli Asiskah

Abstract


Kuliah Kerja Kemasyarakatan (KKK) Universitas Islam Syekh-Yusuf merupakan salah satu upaya agar mahasiswa memperoleh satu hal secara kontekstual dalam implementasi hasil pembelajaran tekstual dan upaya pengembangan keilmuan dengan pendekatan transdisiplicinary. Ruang lingkup kegiatan KKK UNIS Tangerang mencakup 4 (empat) bidang yaitu, Bidang pendidikan, Bidang Sosial, Bidang Kesehatan dan Bidang Ekonomi. Salah satu kegiatan KKK pada bidang pendidikan yaitu belajar mengajar, mahasiswa KKK UNIS Tangerang membuat program kerja berupa bimbingan belajar untuk membantu siswa SDN 3 Carenang Kabupaten Tangerang untuk memperoleh ilmu tambahan dalam bidang Bahasa Inggris. Hal ini dikarenakan kurangnya tenaga pengajar dan kebutuhan pemenuhan kegiatan belajar mengajar mata Pelajaran Bahasa Inggris dan keterbatasan fasilitas kegiatan belajar mengajar. Kegiatan tersebut bertujuan untuk menaikkan antusiasme serta motivasi siswa pada proses belajar melalui materi pembejaran Bahasa Inggris dengan menerapkan metode Bimbingan Belajar yang menarik serta menyenangkan. Metode bimbingan belajar yang dimaksud ialah pemberian materi Vocabulary dengan cara bercerita, bernyanyi, berinteraksi dan praktik. Media yang digunakan ialah papan tulis, spidol, buku dan alat tulis. Hasil penelitian yang diperoleh dapat diketahui bahwa peranan mahasiswa KKK sangat dibutuhkan dalam mendukung pembelajaran bahasa inggris di SDN 3 Carenang, hal ini dapat terlihat pada antusiasme tenaga pengajar dan siswa-siswa dalam mengikuti proses kegiatan Bimbingan Belajar tersebut. 

Keywords


Kuliah Kerja Kemasyarakata, Bimbingan Belajar, Bahasa Inggris, Sekolah Dasar, Peran Mahasiswa,

References


Aini, M. R., & Nohantiya, P. (2020). Peningkatan kemampuan bahasa inggris sebagai bahasa kedua bagi siswa desa jatinom. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 4(3), 2–7. http://journal.ummat.ac.id/index.php/jmm/article/view/2455/pdf

Aliyyah, R. R., Septriyani, W., Safitri, J., Nur, S., & Ramadhan, P. (2021). Kuliah Kerja Nyata : Pengabdian Kepada Masyarakat. 5(2), 663–676.

Hananuraga, R. (2022). Peranan Pendidikan Bahasa Inggris Bagi Perkembangan Ilmu Lainnya. ENGGANG: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra …, 107, 273–286. https://e-journal.upr.ac.id/index.php/enggang/article/view/9161%0Ahttps://e-journal.upr.ac.id/index.php/enggang/article/download/9161/4783

Kusuma, C. S. D. (2019). Integrasi bahasa Inggris dalam Proses Pembelajaran. Efisiensi - Kajian Ilmu Administrasi, 15(2), 43–50. https://doi.org/10.21831/efisiensi.v15i2.24493

Mulyadi, A. I., Putri, I., & Puspita, H. (2023). Minat Belajar Bahasa Inggris pada Anak-Anak Kampung Literasi 26 Ilir Kota Palembang. Jurnal Ilmu Komunikasi Balayudha , 3(1), 19–27. https://jurnal.uss.ac.id/index.php/jikoba/article/view/454

Nurhasanah, A. D., Nopianti, H., Biologi, P., Bengkulu, U., Sosiologi, J., & Bengkulu, U. (2020). Peran Mahasiswa Program Kampus Mengajar Dalam Meningkatkan Kompetensi SDN 48 Bengkulu Tengah. 166–173.

Putri, Orieza Putri;Damayanti, Dina;Saputri, Merta Eka;Pratiwi, Yolanda Mega;Nugroho, P. B. (n.d.). View of Pengabdian Masyarakat Meningkatkan Motivasi Belajar Bahasa Inggris Anak-anak Desa Gunung Raja Di Masa Pandemi Covid 19.pdf. Jurnal Griya Cendekia, 7(1).

Ricardo, & Meilani, R. I. (2017). Impak Minat dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa (The impacts of students’ learning interest and motivation on their learning outcomes). Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran , 2(2), 188–201. http://ejournal.upi.edu/index.php/jpmanper/article/view/00000

Safitri, A., & Nurmayanti, N. (2018). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Belajar Masyarakat Bajo. Didaktis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 18(3), 149–159. https://doi.org/10.30651/didaktis.v18i3.1846

Santoso, H. D., Sari, D. P., Fadilla, A. D., Utami, F. F., Rahayu, F. P., Sari, D. C., & Sya’bani, N. P. (2022). Asistensi Mengajar, Adaptasi Teknologi, Dan Administrasi Dalam Program Kampus Mengajar. Jurnal Pengabdian Dharma Laksana, 4(2), 100. https://doi.org/10.32493/j.pdl.v4i2.18220

Syardiansyah. (2019). Pengembangan Kompetensi Mahasiswa ( Studi Kasus Mahasiswa Universitas Samudra KKN Tahun 2017 ). JIM UPB, 7(1), 57–68.

Waldi, A., Putri, N. M., Indra, I., Ridalfich, V., Mulyani, D., & Mardianti, E. (2022). Peran Kampus Mengajar dalam Meningkatkan Literasi, Numerasi dan Adaptasi Teknologi Peserta Didik Sekolah Dasar di Sumatera Barat. Journal of Civic Education, 5(3), 284–292. https://doi.org/10.24036/jce.v5i3.725




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/ag.v6i1.12694

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

____________________________________________________________________________________

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Universitas Galuh

Jl. Arya Janggala No. 11 Ciamis 46274

Telepon: (0265) 775295, Fax: (0265) 776787

Email: abdimasgaluh@gmail.com

 

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Atribution ShareAlike 4.0 Internasional License

____________________________________________________________________________

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat diindeks oleh: