PKM Pelatihan dan Pendampingan Penerapan Digital Marketing, Human Resource Management dan Excellence Public Relation pada Klinik Instaskin Bali

Ida Bagus Kurniawan, I Made Dwi Wira Ardana, I Gede Deddy Rahmat, I Gede Pramana Ade Saputra

Abstract


Program Kemitraan  Masyarakat (PKM) dilaksanakan di Klinik Instaskin Bali. Klinik Instaskin Bali merupakan Klinik yang menyediakan perawatan kulit dan kelamin. Beberapa permasalahan yang diungkapkan oleh pihak mitra antara lain kekurangpahaman mengenai teknik pemasaran jasa dan produk, pengelolaan  kepegawaian serta pengelolaan hubungan dengan masyarakat. Solusi yang diberikan tim pengabdian yaitu memberikan pelatihan dan pendampingan pemasaran digital untuk mengembangkan pemasaran pada Klinik Instaskin Bali, pelatihan dan pendampingan human resource management untuk pengelolaan sumber daya manusia pada Klinik Instaskin Bali, dan pelatihan dan pendampingan excellence public relation untuk  membagikan pemahaman mengenai pengelolaan hubungan dengan masyarakat. Metode pengabdian masyarakat yang dipakai adalah pelatihan serta pendampingan penerapan digital marketing, human resource management dan excellence public relation dengan  teknik pengembangan komunitas dan edukasi. Dampak dan capaian pengabdian yaitu pihak Klinik Instaskin Bali dapat mengembangkan klinik dan memberikan standar pelayanan yang baik kepada masyarakat/pasien. Berdasarkan  kegiatan  Program  Kemitraan Masyarakat yang telah dilakukan, didapatkan  hasil pengabdian  telah  sesuai dengan  target yang  ditetapkan, pelaksanaan pengabdian berjalan efektif dan terdapat penyelesaian terhadap permasalahan mitra. Melalui kegiatan PKM pelatihan dan pendampingan terjadi peningkatan pengetahuan tentang digital marketing, human resource management dan excellence public relation.

Keywords


Klinik Instaskin Bali, Digital Marketing, Human Resource Management, Excellence Public Relation.

References


Justitia, A., Werdiningsih, I., Effendy, F., & Taufik, T. (2021). Pelatihan dan Pendampingan Digital Marketing bagi UMKM Jasa Laundry menuju UMKM Go Digital. Jurnal Nasional Pengabdian Masyarakat, 2(2), 60 - 72.

Makromatul Afifah Nasution, Ahmad Afandi.(2022). Pelatihan dan Pendampingan Penggunaan Digital Marketing kepada Pelaku UMKM di Desa Saentis Kabupaten Deli Serdang.Jurnal Peduli Riset Dan Pengabdian Masyarakat.Vol. 1 No. 1.

Muhardono, A., & Satrio, D. (2021). Pelatihan dan Pendampingan Digital Marketing Bagi Pelaku UMKM di Desa Kertoharjo Kelurahan Kuripan Kertoharjo. E-Amal: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3), 359-368.

Nabila Adelia, Riska Retno Vitasari, Nurul Azmy, Raihan Izzul Bassam Romadhoni, & Dewi Puspa Arum. (2023). Pelatihan dan Pendampingan Digital Marketing Bagi Pelaku UMKM di Kelurahan Kepanjenlor Kota Blitar. Jurnal Informasi Pengabdian Masyarakat, 1(2), 19–23.

Purnomo, N.(2021). Peningkatan Sumber Daya Manusia Melalui Pelatihan dan Pendampingan Digital Marketing. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 4 (3), 376-381.

Sari, N. Y., Sari, A., Novianti, A., Nurlianti, A., Septyo Triananda, E., & Thoriq Alfariz Sopyan, M.(2022). Pengelolaan Sumber Daya Manusia (SDM) UMKM Ness Collection Sukabumi di Desa Parungseah. Jurnal HASPI: Jurnal Pengabdian Hasil Implementasi dan Diseminasi Masyarakat, 1(01), 23–28.

Sri Gustiani, Risnawati.(2023). Pelatihan Public Relation Officer Bagi Staf Kehumasan Sma Negeri Sumatera Selatan Palembang.Jurnal Pengabdian Masyarakat Aptekmas, Vol.6 No.1.

Wenny Desty Febrian, Bias Yulisa Geni,Rr Nadhira Harsari Harsari.(2023).Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia Melalui Pelatihan Manajemen Sumber Daya Manusia yang Tertata dan Terkoordinasi Guna Membangun Wisata di Kabupaten Kepulauan Seribu, Provinsi DKI Jakarta, Vol. 1 No. 1.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/ag.v6i1.12740

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

____________________________________________________________________________________

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Universitas Galuh

Jl. Arya Janggala No. 11 Ciamis 46274

Telepon: (0265) 775295, Fax: (0265) 776787

Email: abdimasgaluh@gmail.com

 

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Atribution ShareAlike 4.0 Internasional License

____________________________________________________________________________

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat diindeks oleh: