Pelatihan dan Pendampingan Digital Branding Usaha Mikro Kecil dan Menengah Catering Makanan di Desa Ngampel Sari

Alif Muzaki Nur Arifin, Ainur Rochmaniah, Poppy Febriana, Andre Astana Putra

Abstract


Program pengabdian masyarakat ini melibatkan pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) pada bidang kuliner yang berada di desa Ngampel Sari. Yang pada saat ini, UMKM mitra pengabdian masyarakat masih menggunakan pendekatan pemasaran secara konvensional, yang menimbulkan beberapa permasalahan. Oleh sebab itu para pelaku UMKM diperlukan pelatihan dan pendampingan tentang pentingnya brand awareness dan brand identity guna meningkatkan kualitas produk yang mereka jual. Selain itu dalam rangkain kegiatan ini, UMKM akan dibantu dalam pembuatan akun bisnis di platform intagram beserta dengan cara mengoprasikannya. Proses program ini di bagi menjadi empat tahapan yaitu observasi lapangan, memberikan solusi dari permasalahan, pelaksanaan, dan evaluasi. Dari hasil evalusi dapat dikatakan bahwa pelaku UMKM menunjukan peningkatan pemahaman mengenai brand awareness dan brand identity, serta meningkatnya jumlah pengikut atau followers instagram dari 0 sampai dengan 15.

Keywords


Pengabdian, Produk UMKM, Media Digital

References


Hendriyani, C., Dwianti, S. P., Herawaty, T., & Ruslan, B. (2020). Analisis Pengunaan Whatsapp Business Untuk Meningkatkan Perjualan Dan Kedekatan Dengan Pelanggan Di Pt Saung Angklung Udjo. AdBispreneur, 5(2), 193. https://doi.org/10.24198/adbispreneur.v5i2.29171

Hermawan, S., Rochmaniah, A., & Rahayu, ruci A. (2020). Peningkatan Pengetahuan dan Keterampilan UMKM Kuliner Melalui Pelatihan Akuntansi, Branding dan Halal Food. 01, 19–24.

Khomah, I., Harisudin, M., Nurhidayati, I., Riptanti, E. W., & Qonita, R. R. A. (2023). Peningkatan Daya Saing Ukm Melalui Inovasi Olahan Bandeng Presto. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 211. https://doi.org/10.24198/kumawula.v6i1.42460

Rochmaniah, A., & Rahayu, A. (n.d.). Coaching and Training Marketing 4 . 0 Home Industry at Sugihwaras Village. 1–13.

Susanti, S., Gunawan, W., & Sukaesih, S. (2020). Pengembangan Pemasaran Bordir Dan Kelom Geulis Tasikmalaya Melalui Media Sosial. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3). https://doi.org/10.24198/kumawula.v2i3.25256

Tjhin, S., Matahari, T., Arsyadi, R., Retno, M. J., Wahyuni, B., & Harditya, A. (2021). Strategi Branding: Peran Media Sosial dalam Memajukan Perekonomian Masyarakat Melalui UKM. Journal of Community Services: Sustainability and Empowerment, 01(01), 21–33.

Utami, A. D., Devi, K., Anggria, K., Eddy, A. A. N., & Gorda, S. (2023). Peningkatan Daya Sing UMKM Kuliner Di Desa Adat Panjer Melalui Pengembangan Media Pemasaran Berbasis Digital. 6(1).

Wahyudi, W., Mukrodi, M., Sugiarti, E., Marayasa, I. N., & Mawardi, S. (2022). Mengenal Pemasaran Digital Dan Market Place: Solusi Meningkatkan Penjualan di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal PKM Manajemen Bisnis, 2(1), 44–53. https://doi.org/10.37481/pkmb.v2i1.237


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

____________________________________________________________________________________

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Universitas Galuh

Jl. Arya Janggala No. 11 Ciamis 46274

Telepon: (0265) 775295, Fax: (0265) 776787

Email: abdimasgaluh@gmail.com

 

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Atribution ShareAlike 4.0 Internasional License

____________________________________________________________________________

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat diindeks oleh: