Aplikasi Sakubalita Sebagai Media Edukasi Perkembangan Balita dan Skrining Hipotiroid Kongenital

Iklima Ermis Ismail, Risna Sari, Euis Oktavianti, Anita Hidayati

Abstract


Stunting adalah masalah gizi buruk yang disebabkan oleh kekurangan asupan gizi yang terus menerus yang menyebabkan anak mengalami gangguan pertumbuhan, yaitu tinggi badan yang lebih rendah atau pendek (kerdil) dari standar usianya. Hipotiroidisme kongenital adalah penyakit yang disebabkan oleh kurangnya hormon tiroid di dalam rahim. Kekurangan hormon tiroid menyebabkan gangguan pada tumbuh kembang anak pada masa emasnya.  Untuk pencegahan stunting dan HK, saat ini Dinas Kesehatan (Dinkes) Depok menggunakan buku Kesehatan Ibu dan Anak (KIA) sebagai media edukasi. Berbekal adanya beberapa materi perkembangan balita yang dikemas dalam format e-book berupa buku KIA didistribusikan melalui posyandu dirasa kurang efektif dan kurang sesuai dengan karakter lingkungan saat ini.Tujuan kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah pengembangan Aplikasi SakuBalita yang dikemas dalam format video motion grafis yang lebih menarik untuk disimak dan ditonton. Pengabdian masyarakat SakuBalita dikembangkan melalui 5 tahap, yaitu identifikasi permasalahan dengan mitra, pembuatan media edukasi motion grafis, pengujian aplikasi motion grafis, integrasi dengan Depok Single Window (DSW) dan sosialisasi kepada masyarakat. Pembuatan motionn grafis SakuBalita dikembangkan menggunakan software Adobe Illustrator dan Adobe After Effect, menghasilkan 12 video yang disesuaikan dengan usia perkembangan bayi.Aplikasi ini diharapkan dapat dimanfaatkan secara lebih luas oleh fasilitator dan masyarakat sebagai media edukasi pencegahan stunting dan HK.

Keywords


stunting, HK, SakuBalita, motion grafis

References


’Aini, Athiyyah Fudlla. 2021. “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Dalam Pelajaran Hukum Tajwid.” Multinetics 7(1): 1–11.

Abdila, Reynas. 2019. “Kominfo Ajak Masyarakat Turunkan Prevalensi Stunting.” https://www.kominfo.go.id/content/detail/17436/kominfo-ajak-masyarakat-turunkan-prevalensi-stunting/0/sorotan_media.

Akbar, Mohammad Irham. 2022. “IMPLEMENTASI ANDROID PACKAGE MOBILE WEB PADA SISTEM PEMILIHAN KETUA OSIS.” Repository Universitas Jenderal Soedirman. https://repository.unsoed.ac.id/20130/2/Artikel Ilmiah WebView Irham.pdf.

“Buku KIA (Kesehatan Ibu Dan Anak).” 2023. https://ayosehat.kemkes.go.id/buku-kia-kesehatan-ibu-dan-anak.

dr. Annisa Rahmania Yulman, Sp.A. 2021. “Kenali Skrining Hipotiroid Kongenital Pada Bayi Baru Lahir.” https://rs.ui.ac.id/umum/berita-artikel/artikel-populer/kenali-skrining-hipotiroid-kongenital-pada-bayi-baru-lahir.

dr. Desi Fajar Susanti, M.Sc, Sp.A. 2022. “Mengenal Apa Itu Stunting….” https://yankes.kemkes.go.id/view_artikel/1388/mengenal-apa-itu-stunting.

Ismail, Iklima Ermis, Risna Sari, and Mauldy Laya. 2022. “Abdimas Galuh.” 4(September): 750–61.

Nurfajry, Nury, Herlambang Saputra, and Ema Laila. 2019. “Penerapan Media Pembelajaran Audio-Visual Tentang Peningkatan Sesamol Sebagai Zat Penghambat Pertumbuhan Sel Kanker Menggunakan Teknik Motion Graphic.” Multinetics 5(2): 30–38.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/ag.v6i1.13176

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

____________________________________________________________________________________

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Universitas Galuh

Jl. Arya Janggala No. 11 Ciamis 46274

Telepon: (0265) 775295, Fax: (0265) 776787

Email: abdimasgaluh@gmail.com

 

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Atribution ShareAlike 4.0 Internasional License

____________________________________________________________________________

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat diindeks oleh: