Program Vaksinasi dalam Rangka Pencegahan Penyakit Newcastle Diseases (ND) di Desa Pattalassang Kabupaten Sinjai

Abdul Hakim Fattah, Khaeruddin Khaeruddin, Putra Astaman, Fadilah Nurdin, Bahri Syamsuryadi, Hermawansyah Hermawansyah

Abstract


Newcastle disease (ND) adalah penyakit yang  sangat  menular pada unggas sehingga diperlukan penyuluhan kepada masyarakat mengenai upaya vaksinasi khususnya pada ayam buras. Sehingga tim dosen dari Universitas Muhammadiyah Sinjai melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PkM) ini dengan tujuan agar peternak mengetahui, memahami, dan melaksanakan segala aspek mengenai manajemen pemeliharaan dan kesehatan unggas yang baik dan benar. Lokasi PkM adalah desa Pattalassang, Kecamatan Sinjai Timur, Kabupaten Sinjai. Kegiatan diawali dengan survei, kemudian pelaksanaan PkM berupa penyuluhan, pelaksanaan vaksinasi dan monitoring. Kegiatan penyuluhan dilakukan di Balai desa Patalassang, dihadiri oleh para dosen dan mahasiswa Peternakan Universitas Muhammadiyah Sinjai, sekretaris desa Patalassang, Kelompok Tani dan Masyarakat. Materi yang dipaparkan berupa gejala dan penularan penyakit ND, pengertian vaksinasi, tipe-tipe vaksin, tujuan dan manfaat vaksinasi. Masyarakat cukup antusias dalam mengikuti PkM ini, hal ini menunjukkan tingginya motivasi Masyarakat dalam beternak unggas dan program pencegahan penyakit unggas.  Kesimpulan kegiatan PkM ini adalah peternak ayam buras di Desa Patallassang telah mengetahui, memahami, dan melaksanakan segala aspek mengenai manajemen pemeliharaan dan kesehatan unggas yang baik dan benar setelah mengikuti kegiatan PkM yang dilaksanakan oleh Dosen dan Mahasiswa dari Universitas Muhammadiyah Sinjai.

Keywords


Pengabdian kepada masyarakat; Desa Pattalasang; Vaksinasi: Newcastle Disease; Ayam buras

References


Sistik] Sistem Informasi Data Statistik. (2022). Populasi unggas di kabupaten Sinjai http://apps.sinjaikab.go.id/sistik/dashboard/detail/662/2022

Fitria, V.D., Abun, A., & Wiradimadja, R. (2016). Imbangan efisiensi protein ayam kampung yang diberi ransum mengandung limbah udang produk fermentasi. Students e-Journal, 5(2), 1-13.

Hartono, M., Sirat, M.M.P., Santosa, P.E., Siswanto, S., Ermawati, R., Yudhistira, G.J., Juandita, K.N., Fatmawati, S.T. & Sagala, Y.N., (2021). Program vaksinasi dan pembentukan kader vaksinator dalam rangka pencegahan penyakit avian influenza dan newcastle disease di Desa Mandah Kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan. Buletin Pengabdian, 1(2), 67-75.

Kencana, G.A.Y., Suartha, N., Simbolon, M.P., Handayani, A.N., Syamsidar, S. O., Kusumastuti, A. (2015). Respons Antibodi terhadap Penyakit Tetelo pada Ayam yang Divaksin Tetelo dan Tetelo-Flu Burung. Jurnal Veteriner, 16(2), 283-290.

Khalil, K., Afrianis, D., & Jalaludin, S. (2001). Performa ayam buras yang dipelihara secara ekstensif pada dua daerah dengan agroekosistem yang berbeda di Tanah Datar. Media Peternakan, 24(2), 34-37.

Lahaya, I.A., Rahman, S.F., Bate, C.I.G. (2021). Perencanaan dan Penganggaran Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Karya Mandiri Desa Sepakat Kutai Kartanegara. Laporan Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat. Samarinda: Universitas Mulawarman.

Nursal, J. (2016). Faktor-faktor yang memotivasi masyarakat dalam usaha beternak ayam buras di Desa Bonto Bulaeng Kecamatan Bonto Tiro Kabupaten Bulukumba. Skripsi. Makassar: Universitas Islam Negeri Alauddin.

Pranatha, W. D., Irhas, R., Arhiono, H. N. P., Wayan, N., Widyasanti, H., & Kardena, I. M. (2018). Laporan kasus newcastle diseases dan avian influenza pada ayam buras. Indonesia Medicus Veterinus, 7(5), 498-507.

Purnasari, M. E., Adi, A. A. A. M., & Winaya, I. B. O. (2017). Pengaruh Virus Newcastle Disease Isolat Virulen Terhadap Gambaran Histopatologi Otak dan Berat Embrio Ayam. Indonesia Medicus Veterinus, 6(2), 101-108.

Santosa, P. E., Hartono, M., Sirat, M. M. P., Ermawati, R., Suharyati, S., & Siswanto, S. (2023). Penerapan Program Vaksinasi Penyakit Avian Influenza dan Newcastle Disease untuk Peningkatan Imunitas Tubuh Ayam Buras di Kampung Rukti Endah Kecamatan Seputih Raman Kabupaten Lampung Tengah. Jurnal Pengabdian Fakultas Pertanian Universitas Lampung, 2(1), 1-18.

Suprayogi, W. P. S., Riptanti, W. E., & Widyawati, D. S. (2018). Budidaya ayam kampung intensif melalui program pengembangan usaha inovasi kampus. Jurnal Inoteks, 22(1), 18-27.

Susanti, W. G., Wicaksono, A., & Basri, C. (2021). Kejadian kasus penyakit newcastle di peternakan ayam buras di Kabupaten Barru. Jurnal Ilmu Pertanian Indonesia, 26(3), 379-385.

Wibowo, S.E., Asmara, W., Wibowo, M.H., & Sutrisno, B. (2013). Perbandingan Tingkat Proteksi Program Vaksinasi Newcastle Disease pada Broiler. Jurnal Sain Veteriner, 31(1), 16-26.

Wikipedia. (2010). Pattalassang, Sinjai Timur. https://id.wikipedia.org/wiki/Pattalassang,_Sinjai_Timur,_Sinjai.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/ag.v6i1.13211

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

____________________________________________________________________________________

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Universitas Galuh

Jl. Arya Janggala No. 11 Ciamis 46274

Telepon: (0265) 775295, Fax: (0265) 776787

Email: abdimasgaluh@gmail.com

 

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Atribution ShareAlike 4.0 Internasional License

____________________________________________________________________________

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat diindeks oleh: