Pelatihan Penggunaan Google Family Link Sebagai Tools Parenting Orangtua Cerdas di Era Milenial

Rio Andriyat Krisdiawan, Tito Sugiharto, Ninda Nura'isyah, Pani Puja Yanti, Tata Sutarbi

Abstract


Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah membawa banyak perubahan pada dunia pendidikan, salahsatunya adalah pemanfaatan platform pembelajaran online yang telah membuka pintu bagi pengalaman belajar yang lebih interaktif, fleksibel. Namun, penggunaan teknologi informasi dalam pendidikan juga dapat menimbulkan tantangan dan risiko tertentu, seperti masalah keamanan dan privasi, atau potensi ketergantungan pada teknologi. Penggunaan teknologi seperti handphone tanpa pengawasan dapat mempengaruhi kesehatan fisik dan mental anak serta mengganggu konsentrasi dan produktivitas mereka dalam belajar. Dampak negatif ini semakin memperparah jika orangtua tidak dapat mengontrol penggunaan handphone anak dengan benar. Sehingga perlu adanya pelatihan parenting untuk orangtua cerdas terkait pengenalan teknologi dan penggunaan aplikasi parenting untuk penggunaan handphone anak dengan benar. Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk membantu orangtua memahami dampak positif dan negatif penggunaan teknologi bagi anak-anak di era milenial, serta memberikan solusi praktis dalam meningkatkan keterampilan orangtua dalam menggunakan aplikasi Google Family Link sebagai salah satu aplikasi parenting control berbasis android. Kegiatan ini diikuti oleh para orangtua dan masyarakat umum. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini yaitu berupa penyuluhan dan pelatihan dengan pemberian informasi dan intruksi yang sistematis dan terorganisir. Untuk kegiatan penyuluhan yaitu dilakukan dengan memberika materi tentang dampak positif dan negatif penggunaan teknologi. Kegiatan selanjutnya yaitu pelatihan berupa pemberian informasi dan intruksi yang sistematis dan terorganisir tentang penggunaan aplikasi Google Family Link. Pemilihan aplikasi ini didasarkan pada kemudahan penggunaannya yang tinggi dan fleksibilitasnya yang memadai. Dengan kegiatan tersebut, memberikan solusi konkret dan memberdayakan orangtua sebagai agen positif dalam mendidik dan mengontrol anak-anak di era digital. Dengan demikian, kegiatan ini membawa dampak positif dalam membentuk lingkungan belajar yang aman dan seimbang, serta membantu anak-anak mengembangkan potensi optimal mereka tanpa terganggu oleh dampak negatif teknologi yang tidak terkontrol.

Keywords


Information and Communication Technology, Parenting control, Google Family Link

References


Google Family Link. (2023, December). Https://Families.Google/Intl/Id/Familylink/.

Hayati, N., Dian Nathasia, N., & Wandi, D. (2021). Implementasi Google Family Link Sebagai Tools Parenting Control Anak. 4(2).

Ilmiah, J., & Siliwangi, U. P. S. (2015). P2M STKIP Siliwangi Pola Asuh Orang Tua Sebagai Upaya Menumbuhkan Sikap Tanggung Jawab Pada Anak Dalam Menggunakan Teknologi Komunikasi 1) (Vol. 2, Issue 2). Http://Id.Techinasia

Krisdiawan, R. A., Fitriani, A., & Haqmi, F. (n.d.). Pelatihan Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Di Era Pandemi Covid-19 Untuk Mendukung Koordinasi Kerja Aparatur Desa Sembawa, Kuningan Jawa Barat. In Jurnal Pengabdian Masyarakat.

Krisdiawan, R. A., & Yulyanto, D. (n.d.). Pelatihan Pemanfaatan Internet Dibidang E-Commerce Dalam Meningkatkan Jangkauan Pemasaran Produk Umkm Desa Pamulihan Kecamatan Subang. In Jurnal Pengabdian Masyarakat.

Lasari, Y. L. (2018). Peran Sekolah Dalam Mengatasi Dampak Negatif Handphone Terhadap Perilaku Anak SD.

Pendidikan, K., & Kebudayaan, D. (n.d.). Seri Pendidikan Orang Tua Mendidik Anak di Era Digital.

Pengantar BAB, K., & Kurikulum, K. (n.d.). DAFTAR ISI.

Peran Orangtua Dalam Penanggulangan Dampak Negatif Handphone Pada Anak (Studi di SMPN 5 Yogyakarta). (n.d.).




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/ag.v6i1.13254

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

____________________________________________________________________________________

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Universitas Galuh

Jl. Arya Janggala No. 11 Ciamis 46274

Telepon: (0265) 775295, Fax: (0265) 776787

Email: abdimasgaluh@gmail.com

 

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Atribution ShareAlike 4.0 Internasional License

____________________________________________________________________________

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat diindeks oleh: