Pemanfaatan dan Pengembangan Bahan Ajar Komik Elektronik Berbentuk Flipbook dalam Pembelajaran Pasca Pandemi Covid-19

Teti Sobari, Yadi Mulyadi, Suhud Aryana, Sabila Idzni Suryana

Abstract


Dalam pembelajaran era 4.0, pendidik harus meningkatkan kemampuannya dalam memilih bahan ajar dan media agar pembelajaran efektif dan sesuai dengan perkembangannya. Salah satu media yang berkembang di era digital ini adalah bahan ajar elektronik. Selain itu, bahan ajar tersebut dapat dikembangkan menjadi komik elektronik yang berbentuk flipbook. Berdasarkan observasi yang dilakukan, pendidik belum mengenal proses digitaliasi bahan ajar dan mengembangkan media pembelajaran dalam bentuk komik elektronik yang dapat meningkatkan keterpahaman dan minat belajar peserta didik terhadap materi yang dipelajari. Tujuan dari program Pengabdian pada Masyarakat (PPM) ini adalah meningkatkan kemampuan pendidik SMP dalam memanfaatkan dan mengembangkan bahan ajar komik elektronik dengan aplikasi flipbook. Metode yang digunakan dalam kegiatan PPM ini adalah deskriptif kualitatif. Adapun langkah-langkah pelaksanaan PPM ini adalah melaksanakan observasi; merencanakan tindakan; dan pelaksanaan pelatihan pembuatan bahan ajar, komik pembelajaran, dan melakukan simulasi digitalisasi bahan ajar melalui aplikasi flipbook. Hasil dari kegiatan ini terlihat bahwa pelatihan pemanfaatan dan pengembangan bahan ajar komik elektronik berbentuk flipbook kepada pendidik-pendidik SMP Mekarwangi ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan kompetensi literasi teknologi pendidik dalam menghadapi tantangan sistem pembelajaran pascapandemi Covid-19.

Keywords


bahan ajar, komik elektronik, digitalisasi, flipbook, kompetensi literasi digital

References


Aeni, W. A., & Yusupa, A. (2018). Model Media Pembelajaran E-Komik untuk SMA. Kwangsan, 6(1), 286926.

Agustina, D. W., & Fitrihidajati, H. (2020). Pengembangan Flipbook Berbasis Problem Based Learning (PBL) pada Submateri Pencemaran Lingkungan untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas X SMA. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 9(2), 325-339.

Amalia, R., Hendriana, B., & Vinayastri, A. (2021). Pengembangan Media Komik Elektronik untuk Mengurangi Bullying pada Peserta didik Anak Usia Dini. Edukatif: Jurnal Ilmu PendidIKAN, 3(5), 2391-2401.

Faisal, M., Hotimah, H., Nurhaedah, N., Nurfaizah, A. P., & Khaerunnisa, K. (2020). Peningkatan Kompetensi Pendidik Sekolah Dasar dalam Mengembangkan Bahan Ajar Digital di Kabupaten Gowa. Publikasi Pendidikan, 10(3), 266-270.

Hakim, A. F. (2018). Pengembangan Komik Digital sebagai Media Pembelajaran Alat-Alat Pembayaran Internasional pada Materi Perekonomian Terbuka. Jurnal Pendidikan dan Ekonomi, 7(3), 204-212.

Ruiyat, S. A., Yufiarti, Y., & Karnadi, K. (2019). Peningkatan Keterampilan Berbicara dengan Bercerita Menggunakan Komik Elektronik Tematik. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 518. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.256

Sedana, I. M. (2019). Pendidik Dalam Peningkatan Profesionalisme, Agen Perubahan dan Revolusi Industri 4.0. Jurnal Penjaminan Mutu, 5(2), 179-189.

Syarah, E. S., Yetti, E., & Fridani, L. (2018). Pengembangan Media Komik Elektronik untuk Meningkatkan Pemahaman Konservasi Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 12(2), 231-240.

Wulandari, M. dan Almenda, T. (2020). Technology for English language Learning. Yogyakarta: Sanata Dharma University Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/ag.v6i1.13276

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

____________________________________________________________________________________

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Universitas Galuh

Jl. Arya Janggala No. 11 Ciamis 46274

Telepon: (0265) 775295, Fax: (0265) 776787

Email: abdimasgaluh@gmail.com

 

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Atribution ShareAlike 4.0 Internasional License

____________________________________________________________________________

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat diindeks oleh: