Pengenalan Digital Marketing Bagi Siswa PKBM Kartika di Kecamatan Pengadegan Kabupaten Purbalingga

Aji Priambodo, Diksi Metris, Esti Nur Wakhidah, Riyan Dwi Yulian Prakoso, Jeffri Prayitno Bangkit Saputra

Abstract


Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) adalah lembaga pendidikan nonformal yang berfokus pada pemberdayaan masyarakat melalui program pembelajaran, khususnya bagi siswa yang telah putus sekolah dan berkekurangan secara finansial. Salah satu program utama yang ditawarkan oleh PKBM Kartika adalah pelatihan digital marketing, yang bertujuan untuk meningkatkan potensi siswa dan mengembangkan kreativitas. Tujuan dari kegiatan ini adalah agar siswa PKBM dapat mengembangkan kemampuan mereka dalam memanfaatkan platform digital seperti WhatsApp Business dan Instagram Ads untuk kebutuhan bisnis. Dalam pengabdian masyarakat ini, diberikan pengenalan mengenai digital marketing kepada siswa PKBM, memberikan pengetahuan dan keterampilan yang relevan dengan bisnis digital saat ini, dengan fokus pada tips dan optimalisasi WhatsApp Business dan Instagram Ads. Dengan pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh, diharapkan siswa PKBM dapat menjadi lebih kompeten dalam mengelola bisnis sendiri atau meningkatkan kemampuan untuk dapat bersaing di dunia kerja.

Keywords


Digital Marketing, Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat, WhatsApp Business, Instagram Ads

References


Anber Mohammad, A. M. (2022). The Impact of Digital Marketing Success on Customer Loyalty. Marketing and Management of Innovations, 13(3), 103–113. https://doi.org/10.21272/mmi.2022.3-09

Andriani, A. D., Yuniawati, R. I., Pandriadi, Hamidin, D., Priambodo, A., Suhardi, Sulaeman, M., Susanti, L., Darmawan, A., & Martono, S. (2019). Transoformasi Indonesia Menuju Menuju Cashless Society. In Tohar Media. Tohar Media.

Annafi, M., Hastjarjo, S., & Satyawan, Ign. A. (2022). Content Analysis of Digital Marketing Governor of Central Java’s Instagram: ‘Lapak Ganjar.’ In L. Winarni, T. Sasaki, S. Suyatno, & A. Suminar Ayu (Eds.), Proceedings of the 7th International Conference on Social and Political Sciences (ICoSaPS 2022) (pp. 317–323). Atlantis Press SARL. https://doi.org/10.2991/978-2-494069-77-0_44

Asmayanti, Syam, A., Sikar, M. A., Mamma, B. B., Sudarmi, & Oktaviyah, N. (2022). WhatsApp Business Application as a Digital Marketing Strategy of UMKM. Advances in Economics, Business and Management Research. https://doi.org/10.2991/aebmr.k.220107.022

Bist, A. S., Agarwal, V., Aini, Q., & Khofifah, N. (2022). Managing Digital Transformation in Marketing: “Fusion of Traditional Marketing and Digital Marketing.” International Transactions on Artificial Intelligence (ITALIC), 1(1), 18–27. https://doi.org/10.34306/italic.v1i1.86

Chaffey, D., & Ellis-Chadwick, F. (2019). Digital marketing. Pearson uk.

Christianto, C. (2023). Antecedents of Purchase Intention on Instagram Ads for Fashion and Beauty Products. Jurnal Rekayasa Sistem Industri, 12(2). https://doi.org/10.26593/jrsi.v12i2.5955.263-272

Fadilla, A. R., Lukman, A. I., & Alisalman, M. (2022). IMPLEMENTASI PELATIHAN PEMASARAN DIGITAL BAGI WARGA BELAJAR PAKET C DI PKBM GENERASI MANDIRI. Learning Society: Jurnal CSR, Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 3(2), Article 2. https://doi.org/10.30872/ls.v3i2.2177

Gultom, A. W., Tusri, Y., Kurniawan, A., & Muznah, M. (2021). Menumbuhkan Karakter Kewirausahaan Peserta Belajar Di Pusat Kegiatan Belajar Mengajar (Pkbm) Al Kahfi Baturaja. National Conference on Applied Business, Education, &Amp; Technology (NCABET), 1(1). https://doi.org/10.46306/ncabet.v1i1.13

Hasanah, M., Jumriani, J., Juliana, N., & Kirani, K. P. (2021). Digital Marketing a Marketing Strategy for UMKM Products in The Digital Era. The Kalimantan Social Studies Journal, 3(1), 36. https://doi.org/10.20527/kss.v3i1.4146

Khalilov, A., Shestov, S., & Shinkarenko, V. (2021). Marketing Communications in the Digital Economy: Proceedings of the VIII International Scientific and Practical Conference “Current Problems of Social and Labour Relations” (ISCP-CPLRS 2020), 527, 333–338. https://doi.org/10.2991/assehr.k.210322.134

Kim, K., Chung, T.-L. (Doreen), & Fiore, A. M. (2023). The role of interactivity from Instagram advertisements in shaping young female fashion consumers’ perceived value and behavioral intentions. Journal of Retailing and Consumer Services, 70, 103159. https://doi.org/10.1016/j.jretconser.2022.103159

Kusuma, D. F., & Sugandi, M. S. (2019). Strategi Pemanfaatan Instagram Sebagai Media Komunikasi Pemasaran Digital Yang Dilakukan Oleh Dino Donuts. Jurnal Manajemen Komunikasi, 3(1), 18. https://doi.org/10.24198/jmk.v3i1.12963

Lamberton, C., & Stephen, A. T. (2016). A Thematic Exploration of Digital, Social Media, and Mobile Marketing: Research Evolution from 2000 to 2015 and an Agenda for Future Inquiry. Journal of Marketing, 80(6), 146–172. https://doi.org/10.1509/jm.15.0415

Li, S. (2023). Functions of Pragmatic Presuppositions in Advertisements: Promoting Cosmetics on Instagram. International Journal of English and Cultural Studies, 6(1). https://doi.org/10.11114/ijecs.v6i1.5897

Maddox, J., & Kanthawala, S. (2023). The Revolution Will Be Forwarded: Interrogating India’s WhatsApp Imaginary. Journal of Communication Inquiry, 47(3), 249–267. https://doi.org/10.1177/01968599221095177

Magdalena, N., Aprillia, A., & Setiawan, R. (2022). Evaluasi Kinerja Marketing Digital. Journal of Integrated System, 5(1). https://doi.org/10.28932/jis.v5i1.4133

Pamungkas, A. H., Sunarti, V., & Wahyudi, W. A. (2018). Peran PKBM dalam Peningkatan Pertumbuhan Ekonomi dan Kesejahteraan Hidup Masyarakat Sesuai Target SDGs. SPEKTRUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS), 6(3), Article 3. https://doi.org/10.24036/spektrumpls.v1i3.101240

Panggo, T. E., Mandaru, S. S. E., & Tuhana, V. E. (2023). Komunikasi Persuasif Pusat Kegiatan Belajar Mengajar Pada Anak Jalanan Di Wilayah Kota Kupang. Deliberatio: Jurnal Mahasiswa Komunikasi, 3(1). https://doi.org/10.59895/deliberatio.v3i1.99

Pramadyanto, M. R., & Irwansyah, I. (2023). Pemanfaatan Digital Marketing Dalam Membangun Brand Awareness Brand Fashion Streetwear Urbain Inc. Jurnal InterAct, 11(2). https://doi.org/10.25170/interact.v11i2.3312

Priambodo, A. (2023a). Dampak Akses dan Infrastruktur, Penggunaan, dan Keahlian Teknologi Informasi dan Komunikasi terhadap Konsumsi Telekomunikasi Rumah Tangga. JIMEK : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi, 6(01), Article 01. https://doi.org/10.30737/jimek.v6i01.4453

Priambodo, A. (2023b). Determinants of TikTok Live Commerce Purchase Intention: Service Quality, Price, Trust, Customer Review, And Free Shipping. Jurnal Ekonomi, Bisnis & Entrepreneurship, 17(2), 363–378. https://doi.org/10.55208/jebe.v17i2.441

Priambodo, A., Nur, A. A., Sandri, D., Ahmada, N. H., & Septiandiani, F. (2023). Pelatihan Penggunaan Software Arcgis Dan Avenza Maps Dalam Pengelolaan Data Spasial Dan Peta Digital Bagi Perangkat Desa Di Kabupaten Purbalingga. Abdimas Galuh, 5(1), 497. https://doi.org/10.25157/ag.v5i1.9824

Pujiyati, W., & Darsanto, D. (2022). Pelatihan Information Technology (IT) Kepada Tutor Pusat Kegiatan Belajar Mengajar Bani Yasin Indramayu. Abdi Wiralodra : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1). https://doi.org/10.31943/abdi.v4i1.49

Putranto, T. D., & Vallejo, E. T. S. (2022). Digital marketing communication for archery sports equipment on Instagram @vienetharcheryofficial. Jurnal Studi Komunikasi (Indonesian Journal of Communications Studies), 6(2), 473–486. https://doi.org/10.25139/jsk.v6i2.4870

Rahmayanie, A. M., Afiffah, A. V., Anggraini, I. D., Hermawan, H. D., Mukhlasin, L., & Kurniawan, D. (2022). Efektivitas Digital Marketing Sebagai Alternatif Pengembangan Strategi Marketing di Konveksi BUMDes. Buletin KKN Pendidikan, 4(2). https://doi.org/10.23917/bkkndik.v4i2.19186

Rian, H., Estiana, R., Prayitno, E. H., Darmawan, D., & Karomah, N. G. (2021). PENGEMBANGAN KEGIATAN KEWIRAUSAHAAN PADA MATA PELAJARAN PRAKARYA DAN EKONOMI KREATIF BAGI TUTOR DI PKBM 11 MANGGARAI. JURNAL ABDIMAS PLJ, 1(2), Article 2. https://doi.org/10.34127/japlj.v1i2.521

Saragih, C. A., Irwan, M., Rosdiana, R., Zebua, R. A., & Simanjuntak, R. M. Y. (2023). Analisis Manajemen Kurikulum di Pusat Kegiatan Belajar Mengajar Masyarakat (PKBM) Hanuba Medan. SPEKTRUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS), 11(1). https://doi.org/10.24036/spektrumpls.v11i1.119263

Sugiyantoro, N. L. A., Wijaya, M., & Supriyadi, S. (2022). Benefits of WhatsApp as a Communication Media on Small Business Social Networks. The Journal of Society and Media, 6(1). https://doi.org/10.26740/jsm.v6n1.p1-16

Sumarni, T., & Vandayani, P. (2022). Utilization of E-WoM strategy and WhatsApp group texting in building trust and shopper intention to conventional business sectors during the coronavirus pandemic. Linguistics and Culture Review, 6. https://doi.org/10.21744/lingcure.v6ns1.2149

Wisnalmawati, W., Aribowo, A. S., & Herawati, Y. (2021). Easy Communication System as A Mediation of The Influence of Whatsapp Business on Consumer Purchase Intention on The Marketplace. RSF Conference Series: Business, Management and Social Sciences, 1(3), 347–357. https://doi.org/10.31098/bmss.v1i3.347

Zaelani, M., & Chaldun, E. R. (2021). Instagram Ads and Celebrity Endorsement Analysis on Purchase Intention of Eco-Friendly Fashion. Journal of Management and Energy Business, 1(1). https://doi.org/10.54595/jmeb.v1i1.9




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/ag.v6i1.13283

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

____________________________________________________________________________________

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Universitas Galuh

Jl. Arya Janggala No. 11 Ciamis 46274

Telepon: (0265) 775295, Fax: (0265) 776787

Email: abdimasgaluh@gmail.com

 

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Atribution ShareAlike 4.0 Internasional License

____________________________________________________________________________

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat diindeks oleh: