Psikoedukasi Preventif Untuk Mengurangi Ide dan Percobaan Bunuh Diri pada Remaja di Gunungkidul dengan Berpikir Positif dan Pelatihan Relaksasi

Rizkyana Nurasmi, Anatasya Yuniar Dwi Erlambang, Nur Azisah Akram, Siti Urbayatun

Abstract


Kabupaten Gunungkidulm khususnya di kecamatan Karangmojo, menjadi sorotan atas tingginya kasus bunuh diri. Fenomena ini disebabkan beberapa faktor seperti aspek psikologis, ekonomi, kesehatan, dan masalah keluarga. Menyertakan hal intervensi program tersebut dibuat dengan tujuan untuk mengurangi ide percobaan bunuh diri pada remaja sebagai kelompok rentan di Gunungkidul dengan diberikan psikoedukasi berpikir positif dan pelatihan relaksasi. Pengumpulan data pada program ini menggunakan Depression Anxiety Stress Scale (DASS) yang diberikan sebelum dan setelah program dilaksanakan. Hasil analisis data menggunakan uji statistik non parametrik dengan uji Wilcoxon dengan nilai z= -2,227 dan nilai p= 0,028 (p<0,05). Sasaran dari program ini adalah remaja yang bersekolah di kecamatan Karangmojo. Hasil program psikoedukasi berpikir positif dan pelatihan relaksasi yang diberikan kepada remaja dapat menurunkan tingkat stres, kecemasan dan depresi pada siswa SMA/SMK yang menjadi peserta. Diharapkan orang tua, sekolah dan pemerintah daerah dapat mengupayakan program-program sebagai upaya menanggulangi kasus bunuh diri pada remaja yang berkaitan dengan berpikir positif dan relaksasi. Kata kunci: Bunuh Diri, Berpikir Positif, Psikoedukasi Preventif, Relaksasi

Keywords


KESEHATAN MENTAL, MASYARAKAT

References


Choi, B. R., & Bae, S. M. (2020). Suicide ideation and suicide attempts of undergraduate students in South Korea: Based on the interpersonal psychological theory of suicide. Children and Youth Services Review, 117, 105282.

Fazia, T., Bubbico, F., Salvato, G., Berzuini, G., Bruno, S., Bottini, G., & Bernardinelli, L. (2020). Boosting psychological well-being through a social mindfulness-based intervention in the general population. International journal of environmental research and public health, 17(22), 8404. https://doi.org/10.3390/ijerph17228404

Fitri, A. (2023). Program Preventif Bunuh Diri Untuk Mengurangi Ide Dan Percobaan Bunuh Diri. IDEA: Jurnal Psikologi, 7(1), 12-22.

Klonsky, E.D., May, A.M., & Saffer, B.Y. (2016). Suicide, suicide attempts, andsuicidal ideation. Annual Review of Clinical Psychology, 12(1), 307-330.

Testoni, I., Piol, S., & De Leo, D. (2021). Suicide prevention: University students’ narratives on their reasons for living and for dying. International journal of environmental research and public health, 18(15), 8029.

Urme, S. A., Islam, M. S., Begum, H., & Chowdhury, N. R. A. (2022). Risk factors of suicide among public university students of Bangladesh: A qualitative exploration. Heliyon, 8(6).

Zandvakili, M. Jalilvand, M. Nikmanesh, Z. (2014). The Effect of Positive Thinking Training on Reduction of Depression, Stress and Anxiety of Juvenile Delinquents. International Journal of Medical Toxicology and Forensic Medicine. 4(2): 55-62.

Maya, P. (2014). Efektifitas Pelatihan Berpikir Positif untuk Menurunkan Kecemasan dalam Menghadapi Ujian Nasional (UN) Pada Siswa SMA. Persona, Jurnal Psikologi Indonesia. 3(01): 32-41

Ayu, A.M. Wahyu, E. (2018). Faktor-faktor yang melatarbelakangi fenomena bunuh diri di gunungkidul. SOSIETAS. 8(2): 510- 527

Lola, Y. Sitty, R. Zeldi, H. (2020). Peningkatan pikiran positif pada remaja melalui terapi relaksasi dengan menggunakan sensor tubuh. Psikologia (Jurnal Psikologi), 5(1): 11-20

Shofi, A. M. Ernam T. F, Faishol R. (2021). Efektivitas writing therapy dan cognitif therapy untuk menurunkan kecemasan pada remaja korban bullying. INHRJ, 01(02)

Sri K, Hepi W. (2020). Model sistem pendukung keputusan kelompok untuk penilaian gangguan depresi, kecemasan dan stress berdasarkan dass-42. Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer (JTIIK). 7(2): 219-228

A, Suparta. (2011). Merancang program dan modul. Psikoedukasi. Edisi revisi. Universitas Sanata Darma : Yogyakarta.

Syed U. H. Ahmed W. Zill H. Atif R. Syeda W Z. Nadia S. Um, B. (2022). Efectiveness of relaxation techniques ‘as an active ingredient of psychological interventions’ to reduce distress, anxiety and depression in adolescents: a systematic review and meta-analysis. International Journal of Mental Health Systems. 16:31. https://doi.org/10.1186/s13033-022-00541-y

Khadiga, S. Abdelaziz. Afaf, M. Botla. Aya, M .H. Mohamed, F. Effect of different relaxation techniques on depression in adolescent girls: a randomized clinical trial. Egypt. J. of Appl. Sci., 35(12): 151-160.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/ag.v6i1.13285

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

____________________________________________________________________________________

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Universitas Galuh

Jl. Arya Janggala No. 11 Ciamis 46274

Telepon: (0265) 775295, Fax: (0265) 776787

Email: abdimasgaluh@gmail.com

 

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Atribution ShareAlike 4.0 Internasional License

____________________________________________________________________________

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat diindeks oleh: