Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan Penulisan Artikel Karya Ilmiah bagi Guru SD di Kec. Setu Kab. Bekasi

Sendi Ramdhani, Tian Belawati, Maximus Gorky Sembiring, Sri Dewi Nirmala, Amalia Sapriati, Tita Rosita, Astri Dwi Jayanti Suhandoko, Puryati Puryati, Isti Rokhiyah, Sutriyana Jodi, Hartingsih Hartingsih

Abstract


Guru diwajibkan untuk membuat karya ilmiah dan publikasi khususnya Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Guru-guru SD belum banyak mendapatkan pelatihan tentang pembuatan artikel karya ilmiah. Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM) ini dilaksanakan melalui tiga tahap, yaitu 1) perencanaan yang dilakukan melalui diskusi awal dengan mitra sehingga diketahui bahwa yang paling dibutuhkan  guru adalah pelatihan PTK dan Penulisan Karya ilmiah; 2) pelaksanaan yang dilakukan dalam 4 kali pertemuan yang diisi dengan penyampaian materi, diskusi, dan pendamping oleh fasilitator; 3) evaluasi dilakukan oleh LPPM dan tim PkM dengan melihat target dan hasil yang diperoleh, hasil PkM ini melampuai target. Peserta yang terdaftar di awal kegiatan PkM adalah 25 peserta dan peserta yang dapat menyelesaikan artikelnya adalah 10 peserta atau 40%. Adapun yang sudah di-submit ke jurnal dan mendapatkan LoA adalah 2 artikel atau 20%. Hasil ini melampaui target awal 6 artikel atau 167%.

Keywords


facilitator, evaluation, implementation, planning

References


Gultom, T. (2020). Penilaian Kinerja Guru Mengenai Profesionalisme Guru Di Smp Negeri 2 Pangaribuan Kabupaten Tapanuli Utara Tahun 2020. Journal Of Education And Teaching Learning (JETL), 2(3), 29-43.

Hunaepi, H., Prayogi, S., Samsuri, T., Firdaus, L., Fitriani, H., & Asyâ, M. (2016). Pelatihan penelitian tindakan kelas (PTK) dan teknik penulisan karya ilmiah bagi guru di Mts. Nw Mertaknao. Lumbung Inovasi: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 1(1), 38-40.

Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Permenpan-RB) Nomor 16 Tahun 2009

Muslimin, M. (2020). Program Penilaian Kinerja Guru dan Uji Kompetensi Guru dalam Meningkatkan Prestasi Kerja Guru. Indonesian Journal of Education Management & Administration Review, 4(1), 193-200.

Nurhikmayati, I., Wahyuni, A., Irawan, E., & Juandi, D. (2023). Pendampingan Pembuatan Modul Pembelajaran Kurikulum Merdeka Untuk Meningkatkan Profesionalisme Guru Sman 1 Ceper Klaten. Abdimas Galuh, 5(1), 94-104.

Rahayu, G. D. S., & Firmansyah, D. (2018). Pengembangan pembelajaran inovatif berbasis pendampingan bagi guru sekolah dasar. Abdimas Siliwangi, 1(1), 17-25.

Setiawan, I., Khosiah, K., Sudarwo, R., & Muhardini, S. (2021). Pendampingan Penulisan Karya Tulis Ilmiah Untuk Pengembangan Profesi Berkelanjutan Pada Guru Bidang Studi Di SMA. JCES (Journal of Character Education Society), 4(4), 1030-1042.

Susilaningsih, S., Siswandari, S., Muchsini, B., & Hamidi, N. (2023). PENDAMPINGAN IMPLEMENTASI P5BK BAGI GURU SMK N 1 KARANGANYAR. Abdimas Galuh, 5(2), 1070-1080.

Undang Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

Undang-Undang Nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/ag.v6i1.13326

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

____________________________________________________________________________________

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Universitas Galuh

Jl. Arya Janggala No. 11 Ciamis 46274

Telepon: (0265) 775295, Fax: (0265) 776787

Email: abdimasgaluh@gmail.com

 

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Atribution ShareAlike 4.0 Internasional License

____________________________________________________________________________

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat diindeks oleh: