Sosialisasi Tanggung Jawab Mahasiswa dalam Meningkatkan Standar Kualitas Pendidikan Tinggi

Waska Warta, Lia Yulisma, Sukri Sukri, Rohmat Hasanah

Abstract


Pentingnya penjaminan mutu di perguruan tinggi terletak pada beragam manfaatnya. Mahasiswa, sebagai pemangku kepentingan utama dalam proses pendidikan, memiliki peran penting dalam memastikan penjaminan mutu di perguruan tinggi. Mereka memiliki wawasan unik tentang pengalaman belajar dan pengajaran serta pemahaman tentang aspek-aspek yang dapat ditingkatkan dalam proses pendidikan. Dalam hal ini, peran mahasiswa tidak hanya terbatas pada penerimaan informasi, tetapi juga pada memberikan umpan balik, partisipasi dalam proses evaluasi, dan membantu dalam perbaikan kontinu. Tujuan utama dari pengabdian ini adalah meningkatkan kesadaran mahasiswa tentang peran mereka dalam memastikan penjaminan mutu di perguruan tinggi. Manfaat Pengabdian ini membantu memahamkan mahasiswa tentang peran mereka dalam penjaminan mutu dan memberikan mereka keterampilan penilaian yang berguna dalam kehidupan profesional mereka. Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan di Universitas Galuh. Sasaran kegiatan pengabdian ini adalah mahasiswa aktif Fakultas Keguruan dan Ilmu pendidikan Universitas Galuh yang berjumlah 35 orang. Dengan melibatkan mahasiswa secara aktif dalam penjaminan mutu, diharapkan terjadi peningkatan kesadaran, partisipasi yang lebih signifikan, dan kontribusi positif mereka dalam meningkatkan kualitas pendidikan di perguruan tinggi. Ekspektasi jangka panjang termasuk terbentuknya budaya evaluasi dan perbaikan yang berkelanjutan serta peran mahasiswa yang semakin terintegrasi dalam proses penjaminan mutu.

References


Alba, Cecep. (2011). Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan Di Perguruan Tinggi. Jurnal Sosioteknologi Edisi 24 Tahun 10, h.1184-1190

Arifin, Z. (2019). "Peran Mahasiswa dalam Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi." Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, 3(2), 187-196.

Dikti. 2014. Pedoman Sistem PenjaminanMutu Pendidikan Tinggi. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Mulyani, E., & Wijaya, A. (2021). "Evaluasi Peran Mahasiswa dalam Sistem Penjaminan Mutu Perguruan Tinggi Jurnal Manajemen Pendidikan Tinggi, 8(1), 56-67.

Nurhayati, I. (2020). "Implementasi Peran Mahasiswa dalam Penjaminan Mutu di Perguruan Tinggi." Jurnal Pendidikan Tinggi dan Kependidikan, 7(1), 45-54.

Santoso, P., & Indrawan, D. (2018). "Pentingnya Peran Mahasiswa dalam Meningkatkan Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi." Jurnal Kualitas Pendidikan, 2(1), 78-87.

Suharto, E. (2017). "Partisipasi Mahasiswa dalam Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi Jurnal Penjaminan Mutu Pendidikan, 5(2), 112-124.

Utami, Sekar Gesti Amalia & Najicha, Fatma Ulfatun. (2022). Kontribusi Mahasiswa Sebagai Agent of ChangeDalam Penerapan Nilai-Nilai Pancasila pada Kehidupan Bermasyarakat. De Cive: Jurnal Penelitian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Vol 2(3).

Wicaksono Galih Wasis& Al-RizkiAndi.(2016). Peningkatan KualitasEvaluasi Mutu Akademik UniversitasMuhammadiyah Malang melalui SistemInformasi Mutu.Kinetik, Vol.1, No.1, hal.1-8.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/ag.v6i1.13339

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

____________________________________________________________________________________

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Universitas Galuh

Jl. Arya Janggala No. 11 Ciamis 46274

Telepon: (0265) 775295, Fax: (0265) 776787

Email: abdimasgaluh@gmail.com

 

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Atribution ShareAlike 4.0 Internasional License

____________________________________________________________________________

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat diindeks oleh: