Motivation-Building to Continue Studies for Junior High School Students through Training and Campus Visit Facilitating a First-Hand Experience
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aini, S., Sadikin, I. S., & Lestari, S. (2022). Pendampingan menulis esai deskriptif dan esai pribadi sebagai syarat seleksi beasiswa studi lanjut dan perguruan tinggi luar negeri. Jurnal Abdimas, 8(3), 156–161.
Dornyei, Z. (2005). The psychology of the language learner: Individual differences in second language acquisition. Lawrence Erlbaum.
Kirana, S., Kurniawati, N., Rhosalina, J., Safitri, A. E. N., Gunaningrum, G., & Dato, F. M. H. S. (2021). Kuliah Kerja Nyata Tematik untuk meningkatkan semangat belajar anak usia dini dalam pembelajaran. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 13–19. https://journal.actual-insight.com/index.php/jpkm/article/view/500
Maharani, F. T. (2021). Pelatihan dan pendampingan penulisan esai aplikasi beasiswa dan studi lanjut luar negeri secara daring. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 464–468. https://doi.org/10.31949/jb.v2i2.755
Maskar, S., & Wulantina, E. (2019). Persepsi peserta didik terhadap metode Blended Learning dengan Google Classroom. Jurnal Inovasi Matematika, 1(2), 110–121. https://doi.org/10.35438/inomatika.v1i2.156
Noorfikri, A. W., Narpati, B., Bukhari, E., & Nursal, M. F. (2021). Pelatihan komputer untuk meningkatkan ketrampilan dan motivasi belajar anak-anak yatim di Rumah Yatim Bekasi. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat UBJ, 4(2), 131–140. https://doi.org/10.31599/jabdimas.v4i2.627
Saragih, T. Y., & Subekti, A. S. (2023). Integrative motivation and speaking achievement: A study of Indonesian L2 Learners of English. LITERA, the International Journal of Linguistics, Literature, and Their Teaching, 22(3), 291–309. https://doi.org/10.21831/ltr.v22i3.65786
Social Protection. (2019). Program Indonesia Pintar, PIP (Smart Indonesia Programme). Socialprotection.Org. https://socialprotection.org/discover/programmes/program-indonesia-pintar-pip-smart-indonesia-programme
Subekti, A. S. (2018). L2 Motivational Self System and L2 achievement: A study of Indonesian EAP learners. Indonesian Journal of Applied Linguistics, 8(1), 57–67. https://doi.org/10.17509/ijal.v8i1.11465
Subekti, A. S. (2020). Training of academic writing for Senior High School English teachers: Formulating research questions. E-Dimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 11(4), 432–439. https://doi.org/10.26877/e-dimas.v11i4.3894
Subekti, A. S., Ermerawati, A. B., Endarto, I. T., Kurniawati, L. A., Wati, M., Winardi, A., Susyetina, A., & Lestariningsih, F. E. (2022). Introducing varieties of Englishes to High School students at SMA Kristen Kalam Kudus Surakarta through English Conversation Club. Abdimas Galuh, 4(2), 948–965. https://doi.org/10.25157/ag.v4i2.7758
Subekti, A. S., & Susyetina, A. (2019). Pelatihan mengajar dan menulis laporan hasil belajar dalam Bahasa Inggris untuk guru SMP/SMA Tumbuh Yogyakarta. Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI, 3(2), 89–96.
Subekti, A. S., & Susyetina, A. (2020). IELTS speaking training for High School teachers in Yogyakarta. MATAPPA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 80–86.
Subekti, A. S., & Wati, M. (2019). Facilitating English Club for high school students: “Life to the max.” Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 9(2), 108–116. https://doi.org/10.30999/jpkm.v9i2.572
Subekti, A. S., Winardi, A., Susyetina, A., & Lestariningsih, F. E. (2021). Online English Club for high school students: “Going Global.” Abdimas Umtas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 770–781. https://doi.org/https://doi.org/10.35568/abdimas.v4i2.1387
Subekti, A. S., Winardi, A., Wati, M., Ermerawati, A. B., Kurniawati, L. A., Endarto, I. T., Susyetina, A., & Lestariningsih, F. E. (2022). Pelatihan bahasa Inggris bagi guru-guru SMA Bopkri 1 Yogyakarrta: Belajar tidak mengenal batas usia. MARTABE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(5), 1949–1963.
Suherman, A., Yusuf, Y., Ismanto, B., & Umam, D. C. (2022). Upaya membangun dan memelihara semangat belajar di masa pandemi pada Yayasan Pondok Pesantren Izzatul Islam. JAMMU: Jurnal Abdi Masyarakat Multidisiplin, 1(1), 56–61. https://doi.org/10.56127/jammu.v1i1.255
Susanti, A., & Zumrudiana, A. (2022). Mentoring pendaftaran beasiswa pertukaran pelajar internasional bagi santriwati Pondok Pesantren Yahqi untuk meningkatkan daya saing global. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bestari, 1(7), 505–510. https://doi.org/10.55927/jpmb.v1i7.854
Suwarma, D. M., Munir, M., Wijayanti, D. A., Marpaung, M. P., Weraman, P., & Hita, I. P. A. D. (2023). Pendampingan belajar siswa untuk meningkatkan kemampuan calistung dan motivasi belajar. Community Development Journal, 4(2), 1234–1239.
Universitas Kristen Duta Wacana. (2017). Nilai-nilai universitas. https://www.ukdw.ac.id/profil/nilai-nilai-ukdw/
Winardi, A. . S., Subekti, A. S., & Susyetina, A. (2023). Pembelajaran bahasa Inggris dan nilai kasih untuk siswa SMA melalui kegiatan English Club. MARTABE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(2), 698–708.
DOI: http://dx.doi.org/10.25157/ag.v6i1.13344
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
____________________________________________________________________________________
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)
Universitas Galuh
Jl. Arya Janggala No. 11 Ciamis 46274
Telepon: (0265) 775295, Fax: (0265) 776787
Email: abdimasgaluh@gmail.com
Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Atribution ShareAlike 4.0 Internasional License
____________________________________________________________________________
Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat diindeks oleh: