Revitalisasi Sarana Kamar Mandi dan Pembangunan Area Parkir SD Muhammadiyah 5 Sukun Malang

Faris Rizal Andardi, Sandi Wahyudiono, Iyan Prasetyo Tamzi Kurniawan, Rasiful Aqli, Muhammad Rizqi Romadlon, Muhamad Hilmi Taqiyuddin, Achmad Adlan Binnawa, Amalia Nur Adibah

Abstract


SD Muhammadiyah 5 adalah salah satu satuan pendidikan dengan jenjang SD di Tanjungrejo, Kec. Sukun, Kota Malang, Jawa Timur. Data awal yang didapatkan di lapangan, diketahui bahwa SD Muhammadiyah 5 Sukun Malang ini kurang optimal untuk perawatan dan pemeliharaan bangunan. Kegiatan ini bertujuan untuk memperbaiki sarana dan prasarana yang rusak dan membangun sarana atau prasarana yang belum tersedia. Kegiatan dimulai dengan diadakannya survey di sejumlah lokasi toko bangunan dan sekolah untuk mendapatkan data data yang berguna saat eksekusi pekerjaan nantinya. Kegiatan pengabdian dimulai dengan pengecatan dinding dilakukan pada kamar mandi guru yang berjumlah 2 ruang, lalu pembuatan lahan parkir dilakukan di lahan kosong pada lingkungan sekolah, lalu pergantian keramik juga dilakukan dikarenakan kondisi keramik yang sudah pecah dan rusak, penggantian jendela juga dilakukan dikarenakan jendela sudah rusak dan tidak layak. Perbandingan siswa dan jumlah kamar mandi serta tempat wudhu yang tidak sebanding maka diperlukan perencanaan kamar mandi dan tempat wudhu. Untuk itu diperlukan perencanaan gambar 2D dan 3D kamar mandi serta tempat wudhu yang baru. Berdasarkan pengabdian masyarakat yang kami lakukan kami berhasil menyelesaikan pembuatan lahan parkir, perbaikan keramik, perbaikan kusen jendela, dan pengecatan ulang kamar mandi, serta perencanaan gambar kamar mandi dan tempat wudhu.

Keywords


Pengabdian, Renovasi, Sekolah Dasar

References


Kartika Sary, Reny, and Akhmad Hamdi Asysyauki. 2019. “Kajian Kerusakan Finishing Dinding Bata Pada Bangunan Gedung Study of The Problems of Brick Wall Finishing in The0020Building.” 54 | Arsir 3(1): 54–61.

Mufidah, Vika Nurul, and Obi Alim. 2022. “Penyediaan Toilet Umum Untuk Masyarakat Kampung Jati RT004/RW007 Kelurahan Benda.” PRAXIS: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat 1(1): 1–5.

Putri Wijayanti, Ika. 2015. “Studi Kondisi Fisik Dan Sanitasi Sekolah Dasar Negeri Di Wilayah Surabaya Utara Dan Surabaya Barat.” Swara Bhumi 2(2): 42–47. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/swara-bhumi/article/view/11434.

Rumalutur, Sonny, and Vina N Van Harling. 2020. “PEMBANGUNAN SERTA PERBAIKAN FASILITAS UMUM ( KAMAR MANDI , WATER CLOSET DAN SEPTIC TANK ) DI KELURAHAN SUPRAU DISTRIK MALADUM MES.” 1(1): 7–11.

Salenrang, Desa, and Kabupaten Maros. 2022. “Pembangunan Wc/Km Masjid Desa Salenrang Kabupaten Maros.” : 376–79.

Satria, Andy. 2024. “Optimalisasi Penggunaan Aplikasi Digital Dalam Teknik Penggambaran Struktur Bangunan.” 3(1): 80–89.

Simatupang, Devid Trinaldo. 2022. “Pelaksanaan Pembersihan Kamar Tamu Oleh Pramugraha.” 1(1): 21–27.

Suryati, Isra et al. 2022. “Improving the Quality of Sanitation and Environmental Cleanliness at SD Swasta Pembangunan, Petumbak District, Deli Serdang Regency.” ABDIMAS TALENTA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 7(2): 503–12.

Tembusai, Tariza Humaira, Annisa Tri Banoeari, and Riris Mandaoni Siahaan. 2021. “Indonesian Journal of Chemical Science and Technology State University of Medan.” Indonesian Journal of Chemical Science and Technology 4(2): 54–58.

Wulandari, Mayang, Tjhia Khie Khiong, Riki Ristanto, and Chantika Mahadini. 2023. “Pendampingan Pemberdayaan UKS Dan Kebersihan Kamar Mandi SDN 01 Ketindan Lawang Jawa Timur.” Journal of Health Innovation and Community Service 2(1): 33–37.

Z, Indra, Sila Wardono, and Wisnu Hendri Mulyadi. 2019. “Perbaikan Sarana Dan Prasarana Belajar Mengajar Dan Pelatihan Instalasi Alat-Alat Listrik Rumah Tangga Di Madrasah Ibtidaiyah Mibtahul Ulum, Desa Leuwi Karet, Kecamatan Klapa Nunggal Kabupaten Bogor.” Mitra Akademia: Jurnal Pengabdian Masyarakat 1(2): 1–7.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/ag.v6i1.13450

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

____________________________________________________________________________________

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Universitas Galuh

Jl. Arya Janggala No. 11 Ciamis 46274

Telepon: (0265) 775295, Fax: (0265) 776787

Email: abdimasgaluh@gmail.com

 

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Atribution ShareAlike 4.0 Internasional License

____________________________________________________________________________

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat diindeks oleh: