Memaksimalkan Pesan Promosi Melalui Sosial Media di Kalangan Organisasi Komunitas Perempuan Tangguh Nasional (Kompeten)

Rini Sudarmanti, Dwi Purbaningrum, Juni Alfiah Chusjairi

Abstract


Kiprah perempuan dalam usaha kecil rumahan memainkan peranan penting untuk menggerakkan ekonomi rakyat.  Geliat mereka perlu untuk dimaksimalkan agar semakin dapat menunjukkan peranannya.  KOMPETeN merupakan komunitas perempuan yang dibentuk untuk memaksimalkan peran dan fungsi usaha kecil yang dikelola para anggotanya Usaha kecil yang dikendalikan perempuan dari rumah dapat dioptimalkan dengan  memanfaatkan sosial media Tujuan aktivitas  pengabdian kepada masyarakat yang  dilakukan ini merupakan suatu upaya untuk mengoptimalkan pemanfaatan media sosial sebagai media promosi. Aspek kemampuan mengemas pesan menjadi fokus utama materi pelatihan yang diberikan. Metode pendekatan Appreciative Inquiry digunakan untuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini.  Pendekatan ini berusaha mengungkap kebutuhan peserta dengan terlebih dahulu melakukan diskusi dan wawancara.. Pelatihan ini dilakukan dengan materi tentang konten kreatif yang bisa membantu  meningkatkan usaha penjualan hingga detail penjadwalan kesinambungan konten pemasaran untuk meningkatkan engagement dengan konsumen.  Selain itu juga dibahas mengenai proses mengedit sosial media melalui gadget yang digunakan masing-masing peserta meskipun dengan cara sederhana.  Pengembangan wawasan bisnis dan contoh pengelolaan dan penyusunan pesan komunikasi melalui sosial media dapat menigkatkan kecakapan dan pengalaman aplikatif bagi para peserta.  mengenai kecakapan mengelola bisnis usaha kecil yang dikelola perempuan

Keywords


usaha perempuan, appreciative inquiry, media sosial, KOMPETEN

References


Andini, L. D., Hidayat, R. T., & Hotang, K. B. (2022). Diklat pembuatan laporan keuangan bagi pelaku usaha informal (pedagang kaki lima) se-kota bekasi. Jurnal Abdi Masyarakat Multidisiplin, 1(3). https://doi.org/10.56127/jammu.v1i3.322

Andriani, S., & Firdaus, D. H. (2017). Fenomena dan motivasi ibu rumah tangga berkomunitas dalam entrepreneur perspektif gender di kota malang (studi kasus pada komunitas preman super, club sosialita, dan asosiasi pengrajin Kota Malang/APKM). EGALITA, 11(1). https://doi.org/10.18860/egalita.v11i1.4555

APJII. (2023). Survei internet asosiasi penyelenggaran jasa internet indonesia: profil internet indonesia. www.survei.apjii.or.id

_____.(2022). Survei internet asosiasi penyelenggaran jasa internet indonesia: survei penggunaan internet oleh UMKM dan Korporasi. www.survei.apjii.or.id

Avery, R. J., Bryant, W. K., Mathios, A., Kang, H., & Bell, D. (2006). Electronic course evaluations: Does an online delivery system influence student evaluations? The Journal of Economic Education, 37(1), 21–37. https://doi.org/10.3200/JECE.37.1.21-37

Belch, George E., Belch, Michael A.. (2018). Advertising and promotion: an integrated marketing communications perspective (11th ed). New York, NY: McGraw-Hill Education

Boysen, G. A. (2015b). Significant interpretation of small mean differences in student evaluations of teaching despite explicit warning to avoid overinterpretation. Scholarship of Teaching and Learning in Psychology, 1(2), 150–162. https://doi.org/10.1037/stl0000017

Chaffey, Dave, Smith, P. R.. (2017). Digital marketing excellence : planning, optimizing and integrating online marketing (1st ed). London: Routledge, Taylor & Francis Group.

____________. (2011). E-business and e-commerce management, 4th Edition. New Jersey: Prentice Hall. Dave Chaffey; Dave et al. (2006). Internet marketing, strategy, implementation, and practice. Harlow: Prentice Hall.

Chandra, C. N., & Sari, W. P. (2021). Pengaruh content marketing terhadap customer engagement (studi pada akun instagram LazadaID). Prologia, 5(1). https://doi.org/10.24912/pr.v5i1.10116

Devit, M. (2023). Saluran komunikasi pilihan pengusaha perempuan dalam pencarian informasi untuk pengembangan usaha kuliner (Tesis Master). Universitas Paramadina.

Dewar, J. M. (2011). Helping stakeholders understand the limitations of SRT data: are we doing enough? Journal of Faculty Development, 25(3), 40–44.

Dewi, R. Rosiyana, Wibowo, Seto Makmur, & Nadifah, Mauliddini. (2022). Pelatihan meningkatkan pemahaman pelaku umkm menyusun laporan keuangan sederhana(umkm kompeten di bekasi) (training increasing undertaking of msme players to prepare simple financial statements (KOMPETEN SMEs Group In Bekasi) Jurnal Pemberdayaan Ekonomi (JPE) 1(1). https://doi.org/10.35912/JPE.v1i1.1008

Dommeyer, C. J., Baum, P., & Hanna, R. W. (2002). College students’ attitudes toward methods of collecting teaching evaluations: in-class versus on-line. Journal of Education for Business, 78(1), 11–15. https://doi.org/10.1080/08832320209599691

Gilovich, T., Griffin, D., & Kahneman, D. (Eds.). (2002). Heuristics and biases: The psychology of intuitive judgment. Cambridge University Press. https://doi.org/10.1017/CBO9780511808098

Harnadi, A., Wijayanti, S. H., & Hardianto, A. W. (2019). Pelatihan pencatatan keuangan dan pemasaran bagi kelompok mangrove indah di bekasi. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 1(2). https://doi.org/10.24912/jbmi.v1i2.2904

Kennedy, John dan Soemanagara, Dermawan. (2006). Marketing communication: taktik dan strategi. Jakarta: PT Buana Ilmu Populer.

Kotler, Philip, Keller, Kevin Lane. (2016). Marketing management 15th ed. (15th). Harlow.

__________ dan Amstrong, Gary. (2004). Dasar-dasar pemasaran (Alih Bahasa Alexander Sindoror Dan Benyamin Molan). Jakarta: Prehalindo

Mardjianto, L. D. (2022). Modul literasi digital. Jakarta: Aliansi Jurnalis Independen.

Mulyana, Deddy. (2005). Ilmu komunikasi: suatu pengantar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mustika, M. (2019). Penerapan teknologi digital marketing untuk meningkatkan strategi pemasaran snack tiwul. JSAI (Journal Scientific and Applied Informatics), 2(2). https://doi.org/10.36085/jsai.v2i2.352

Najihah, N., Adiwijaya, Z. A., & Mutoharoh, M. (2021). Optimalisasi ibu rumah tangga dalam peningkatan ekonomi keluarga melalui pelatihan teknik shibori. Abdimas: Jurnal Pengabdian Masyarakat Universitas Merdeka Malang, 6(3). https://doi.org/10.26905/abdimas.v6i3.5338

Prayudi, M. A. (2019). Kemampuan wanita pengusaha ”home industry” makanan di kecamatan kretek. Khasanah Ilmu - Jurnal Pariwisata Dan Budaya, 10(1). https://doi.org/10.31294/khi.v10i1.5618

Prisgunanto, Ilham. (2006). Komunikasi pemasaran, strategi, dan taktik. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Satria, B., Untari, D. T., Putri, A., Anjani, A. A., Natalia, F., & Cantika, M. (2023). Pendampingan dan pemberdayaan wanita dalam mengembangkan digital marketing produk kuliner berbasis mangrove di desa pantai mekar. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat UBJ, 6(1). https://doi.org/10.31599/jabdimas.v6i1.1679

Shimp, A Terence. (2007). Periklanan promosi (aspek tambahan komunikasi pemasaran terpadu) edisi terjemahan. Jakarta: Erlangga.

Smith, P., & Zook, Z. (2020). Marketing communications: integrating online and offline, customer engagement and digital technologies. In Kogan Page (7th Editio). Kogan Page.

Sofiati, S., & Anggraeni, I. (2021). Strategi memikat dan mempertahankan pelanggan melalui digital marketing dan aplikasi keuangan fintech warung jamu tradisional pada era pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Padma Sri Kreshna, 3(1). https://doi.org/10.37631/psk.v3i1.396

Sugiyono. (2014). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta.

Suwitho, S., Dian Palupi, D. P., Iswara, U. S., & Setyabudi, T. G. (2023). Pelatihan etika bisnis, manajemen pemasaran dan pembukuan sederhana bagi umkm di swk taman bungkul. Jurnal Kreativitas Dan Inovasi (Jurnal Kreanova), 3(1). https://doi.org/10.24034/kreanova.v3i1.5419

Ukpere, C. L., Slabbert, A. D., & Ukpere, W. I. (2014). Rising trend in social media usage by women entrepreneurs across the globe to unlock their potentials for business success. Mediterranean Journal of Social Sciences, 5(10 SPEC. ISSUE). https://doi.org/10.5901/mjss.2014.v5n10p551

Venette, S., Sellnow, D., & McIntyre, K. (2010). Charting new territory: assessing the online frontier of student ratings of instruction. Assessment & evaluation in higher education, 35(1), 101–115. https://doi.org/10.1080/02602930802618336

Watkins, J. M., Mohr, B., & Kelly, R. (2011). Appreciative inquiry: change at the speed of imagination: second edition. In appreciative inquiry: change at the speed of imagination: Second Edition. https://doi.org/10.1002/9781118256060

Webb, E. J., Campbell, D. T., Schwartz, R. D., & Sechrest, L. (1966). Unobtrusive measures: nonreactive research in the social sciences. Rand McNally.

Whitney, D., & Trosten-Bloom, A. (2014). The power of appreciative inquiry: a practical guide to positive change, 2nd Ed. Berrett-Koehler Publisher

Williams, B.K dan Sawyer, S.C. (2011). Using information technology: a practical introduction to computers & communications. McGraw-Hill. New York.: McGraw

Widyanti, A. (2021). Peran social media marketing terhadap pemasaran umkm selama masa pandemi covid-19: studi kasus pengusaha perempuan di Kota Surabaya. Jurnal Sains Dan Seni ITS.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/ag.v6i1.13465

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

____________________________________________________________________________________

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Universitas Galuh

Jl. Arya Janggala No. 11 Ciamis 46274

Telepon: (0265) 775295, Fax: (0265) 776787

Email: abdimasgaluh@gmail.com

 

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Atribution ShareAlike 4.0 Internasional License

____________________________________________________________________________

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat diindeks oleh: