Edukasi Swamedikasi Demam Terhadap Ibu-Ibu Pengajian di Desa Pabelan Kartasura

Mariska Sri Harliyanti, Nindia Fitra Fauziah, Rara Denise Pasesa, Safira Aqmarena Oktaviani, Mutiara Hikmah Nugrahini

Abstract


Kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan berupa penyuluhan pentingnya swamedikasi untuk mengobati diri sendiri dari penyakit berdasarkan dari diagnosis terhadap gejala yang dialami, salah satunya adalah demam. Penyuluhan ini menjadi sangat penting karena swamedikasi demam bukan hanya sekadar kemampuan merawat diri sendiri, tetapi juga merupakan langkah preventif yang dapat meningkatkan kesehatan masyarakat Desa Pabelan secara keseluruhan. Demam merupakan gejala umum dari berbagai jenis infeksi dan penyakit, dan penanganannya yang tepat sangat penting untuk mencegah komplikasi yang lebih serius. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pemahaman ibu-ibu Desa Pabelan tentang swamedikasi demam, termasuk pengenalan gejala demam, pemilihan obat yang tepat, dan pentingnya tindakan cepat. Kegiatan ini dilaksanakan di Desa Pabelan dengan sasaran dalam kegiatan ini adalah ibu-ibu Desa Pabelan. Metode yang digunakan dalam kegiatan adalah edukasi berupa pemaparan langsung menggunakan leaflet mengenai swamedikasi demam. Hasil analisis uji t-berpasangan yang menunjukkan perbedaan signifikan antara tingkat pengetahuan sebelum dan sesudah penyuluhan memberikan bukti bahwa kegiatan ini efektif

References


Aliyah, Zaenab Durotul, 2021, Hubungan Pengetahuan tentang Swamedikasi dengan Pola Penggunaan Obat di Apotek Kimia Farma Senen Jakarta Pusat. Jurnal Health Sains, 2(11).

Barbi, E., Marzuillo, P., Neri, E., Naviglio, S., & Krauss, B. S., 2017, Fever in Children : Pearls and Pitfalls. Children, 4(81), 1–19.

Chalik, R. & Ahmad, T., 2020. Pelatihan Penggunaan Obat Yang Tepat Pada Masyarakat di Wilayah Puskesmas Dahlia Kota Makassar. Jurnal Pengabdian Kefarmasian, 1(2), 21-26.

Kristiyaningsih, A., Sagita, Y.D., & Suryaningsih, I., 2019, Hubungan Tingkat Pengetahuan Ibu Tentang Demam dengan Penanganan Demam pada Bayi 0-12 Bulan di Desa Datarajan Wilayah Kerja Puskesmas Ngarip Kabupaten Tanggamus Tahun 2018 , Midwifery Journal, 4(1), 26-31.

Lubis, I.N.D. & Lubis, C.P., 2016, Penanganan Demam Pada Anak, Sari Pediatri, 12(6), 409.

Lukovic, J.A., Miletic, V., Pekmezovic, T., Trajkovic, G., Ratkovic, N., Aleksic, D. and Grgurevic, A., 2014, Self-Medication practices and Risk Factors for Self-Medication among Medical Students in Belgrade, Serbia, PLoS One, 9(12), 1–14.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/ag.v6i1.13581

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

____________________________________________________________________________________

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Universitas Galuh

Jl. Arya Janggala No. 11 Ciamis 46274

Telepon: (0265) 775295, Fax: (0265) 776787

Email: abdimasgaluh@gmail.com

 

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Atribution ShareAlike 4.0 Internasional License

____________________________________________________________________________

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat diindeks oleh: