Penyuluhan Peningkatan Cakupan Asi Eksklusif dengan Pijat Oksitosin di Puskesmas Cibeureum Hilir Kota Sukabumi

Nuur Octascriptiriani Rosdianto

Abstract


Pentingnya pemberian ASI eksklusif bagi bayi tergambar dari kandungan nutrisi, hormon, dan unsur kekebalan yang terdapat dalam ASI. Meskipun pemerintah telah mengatur pemberian ASI eksklusif selama enam bulan, data WHO menunjukkan bahwa hanya 40% bayi di dunia yang mendapatkannya. Di Indonesia, prevalensi ASI eksklusif hingga enam bulan hanya sebesar 29.5%. Pengeluaran ASI dipengaruhi oleh produksi hormon prolaktin dan pengeluaran hormon oksitosin, yang dapat ditingkatkan melalui pijatan pada tulang belakang ibu. Pijat oksitosin tidak hanya merangsang refleks let down tetapi juga memberikan kenyamanan, mengurangi bengkak, dan mempertahankan produksi ASI. Metode yang digunakan yaitu metode ceramah dan diskusi secara offline. Kelompok sasaran adalah ibu menyusui di Wilayah Kerja Puskesmas Cibeureum Hilir. Bentuk instrumen yang digunakan adalah dengan wawancara dan praktik yang berhubungan dengan hal tersebut. Kegiatan dilaksanakan pada tanggal 21 Juli 2022 yang mengikuti kegiatan ini adalah sebanyak 37 orang ibu menyusui, dan 3 orang kader, dan 1 fasilitator penyuluh. Hasil dari kegiatan penyuluhan ini adalah adanya penambahan pengetahuan manfaat pijat oksitosin bagi ibu menyusui Di 20 Wilayah Kerja Puskesmas Cibeureum Hilir dan Ibu menyusi dapat mempraktikan pijat oksitosin yang dapat menambah cakupan ASI eksklusif di Wilayah Kerja Puskesmas Cibeureum Hilir. Kesimpulan adanya penambahan pengetahuan manfaat pijat oksitosin bagi ibu menyusui dan dapat mempraktikan pijat oksitosin yang dapat menambah cakupan ASI eksklusif di Wilayah Kerja Puskesmas Cibeureum Hilir. Diharapkan bidan dan tenaga kesehatan lainnya bekerja sama dengan kader senantiasa memberikan penyuluhan tentang pijat oksitosin untuk memperlancar ASI sehingga dapat menambah cakupan ASI Eksklusif. Kata kunci: Ibu Menyusui, ASI, Pijat Oksitosin

Keywords


Pengabdian, Masyarakat

References


Anggeni, U. (2021). Pengaruh Pijat Oksitosin Terhadap Produksi Asi Pada Ibu Post Partum (Studi Literatur) Tahun 2021. Jurnal Kesehatan dan Pembangunan, 11(22), 61–71.

Asrina, A., & Idris, F. P. (2020). Pengaruh Pijat Oksitosin Pada Ibu Nifas Terhadap Pengeluaran ASI, Respon Ibu dan Keberlangsungan Pemberian ASI di Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Sinjai Tahun 2019. Jurnal Mitrasehat, 10(1), 132–145.

Datesfordate, A. H., Kundre, R., & Rottie, J. V. (2017). Hubungan pemberian makanan pendamping air susu ibu (Mp-ASI) dengan status gizi bayi pada usia 6-12 bulan di wilayah kerja Puskesmas Bahu Manado. Jurnal Keperawatan, 5(2).

Depkes, R. I. (2013). Profil Kesehatan Indonesia 2012. Jakarta: Departemen Kesehatan Republik Indonesia.

Gultom, C. E., Jasmawati, J., & Nulhakim, L. (2023). Efektivitas Pijat Oksitosin oleh Suami dan Bidan dalam Meningkatkan Kelancaran ASI pada Ibu Nifas. PubHealth Jurnal Kesehatan Masyarakat, 2(2), 79–89.

Guyton, A. C., & Hall, J. E. (2011). Buku ajar fisiologi kedokteran.

Kemenkes RI. (2019). Profil Kesehatan Indonesia 2018. Kementerian Kesehatan.

Noviyana, N., Lina, P. H., Diana, S., Dwi, U., Eni, N., Fransisca, A., Lataminarni, S., Rani, H. W., Ruth, A., & Welmi, S. (2022). Efektifitas Pijat Oksitosin dalam Pengeluaran ASI. Jurnal Ilmu Keperawatan Maternitas, 5(1), 23–33.

Paninsari, D., Ambarita, Y. N. M., Hutagalung, Y. S. W. S., Tumanggor, Y., & S, Y. J. V. (2022). Hubungan Pemberian Asi Eksklusif Dengan Tumbuh Kembang Bayi Di Desa Hiliamauzula Aramo Nias Selatan. (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Kesehatan Masyarakat). https://api.semanticscholar.org/CorpusID:256454493

Saidah, H., Mu’alimah, M., & Wardaya, A. P. (2022). Efektivitas Pijat Oksitosin Dan Akupresure Pada Titik Lu1, Cv 17 Dan Si1 Terhadap Produksi Asi Pada Ibu Menyusui. Judika (Jurnal Nusantara Medika), 6(1), 73–83.

WBW. (2011). Early Initiation of Breastfeeding Can Save More Than One Million Babies Press Release. http://www.WBW.com.

WHO. (2017). Guideline: protecting, promoting and supporting breastfeeding in facilities providing maternity and newborn services. World Health Organization.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/ag.v6i1.13714

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

____________________________________________________________________________________

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Universitas Galuh

Jl. Arya Janggala No. 11 Ciamis 46274

Telepon: (0265) 775295, Fax: (0265) 776787

Email: abdimasgaluh@gmail.com

 

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Atribution ShareAlike 4.0 Internasional License

____________________________________________________________________________

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat diindeks oleh: